Sulistiyawan, Fauzan (2008) Pengaruh retailing mix terhadap keputusan pembelian pada Alfamart di Jl. Gajayana. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
03220062.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Retailing Mix merupakan sebuah langkah pemasaran bagi keberhasilan perusahaan, baik yang bergerak dalam bidang produksi barang maupun jasa. Alfamart Gajayana merupakan salah satu swalayan eceran yang bergerak dalam jual beli barang yang perlu memperhatikan perilaku konsumen untuk mengambil keputusan. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh Retailing Mix yang terdiri dari produk, harga, lokasi, personalia, promosi, presentasi terhadap keputusan pembelian pada Alfamart di Jl. Gajayana.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan survei yang berusaha untuk mengetahui bagaimana pengaruh retailing mix terhadap keputusan pembelian pada Alfamart gajayana. Teknik pengumpulan data yaitu dengan metode kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Untuk pengujian instrumen menggunakan uji Validitas, Reliabilitas, dan Uji Asumsi klasik. Sedangkan untuk teknik analisis data menggunakan metode regresi linier berganda karena variabel yang digunakan lebih dari dua variabel, dengan uji F dan uji t.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel produk (X1), harga (X2),lokasi (X3), persoalia (X4), promosi (X5), dan presentasi (X6), secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada Alfamart gajayana (Y). Dari perhitungan uji F diperoleh F hitung 25,944 > F Tabel 1,980 dengan nilai p sebesar 0,000 ≤ 0,05. Selain itu nilai Adjusted R Square yang sebesar 0,612 yang berarti besarnya pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat adalah 61,2%. Dan uji t diketahui bahwa secara parsial harga, lokasi, personalia, dan presentasi mempunyai pengaruh terhadap variabel terikat sedangkan praduk dan promosi tidak berpengaruh secara signifikan dengan perhitungan t hitung variabel Produk (X1) sebesar 0,455 < t tabel 1,980, Harga (X2) memiliki t hitung 3,503 > t tabel 1,980, Lokasi (X3) memiliki t hitung 2,181 > t tabel 1,980, Personalia(X4)memiliki t hitung -2,141 > t tabel 1,980, Promosi (X5) memiliki t hitung 1,782 < t tabel 1,980 dan Presentasi (X6) memiliki t hitung 7,075 > t tabel 1,980. variabel yang paling dominan pengaruhnya adalah variabel presentasi (X6), sebesar 44,08%, kemudian Variabel lokasi (X3) sebesar 30,91%, Variabel harga (X2) sebesar 29,37%, Variabel lokasi (X5) sebesar 20,97%, Variabel produk (X1) sebesar 14,74% dan Variabel personalia (X4) sebesar 9,98%.
ENGLISH:
Retailing Mix is one step of marketing for a successful company, both in the field production of good or service. Alfamart Gajayana is one self-service in good sales which required to pay attention to consumer’s behavior in taking decision. Therefore the objective of this research to know how the influence of Retailing Mix which consist of product, cost, location, personnel, promotion, presentation to buyer’s decision on Alfamart at Jl. Gajayana.
This research is quantitative research with survey approach which tried to know how the influences of retailing mix to buyer’s decision on Alfamart Gajayana. The technique of gathered data there are questionnaire, interview and documentation. To test instrument used validities test, reliabilities test, and classical assumption test. While the technique of data analysis used double linier regency because variable which is used is more than two variable with F test and t test.
The result of this research shows that product variable (X1), cost(X2), location (X3) personnel (X4), promotion (X5) and presentation (X6), stimultally have significant influence to buyer’s decision on Alfamart Gajayana (Y). From calculation F test is gathered F count 25,944 > F table 1,980 with p value is 0,000 ≤ 0,05. Beside that Adjusted R Square value is 0,612 it means significant level of free variable to bound variable is 61,2%.And t test is known that partially cost, location and presentation have effect to bound variable while product, personnel and promotion do not influence significantly with calculation of t count product variable (X1) is 0,455 < t table 1,980, cost (X2) has t count 3,503 > t table 1,980, location (X3) has t count 2,181 > t table 1,980, Personnel (X4) has t count -2,141 > t table 1,980, Promotion (X5) has t count 1,782 < t table 1,980 and presentation (X6) has t count 7,075 > t table 1,980. The most dominant variable which has influence is presentation variable (X6), is 44,08%, then the location variable (X3) is 30,91%, cost variable (X2) is 29,37%, location variable (X5) is 20,97%, product variable (X1) is 14,74% and personnel variable (X4) is 9,98%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Hasan, Irmayanti | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Retailing Mix; Keputusan Pembelian; Buyer’s Decision | ||||||
Departement: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen | ||||||
Depositing User: | Ihda Latif El'Arifah | ||||||
Date Deposited: | 08 Sep 2016 16:13 | ||||||
Last Modified: | 08 Sep 2016 16:13 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/4787 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |