Fauziah, Lutfi Hidayati (2012) Pengaruh Emotional Intelligence (EI) dan Adversity Quotient (AQ) terhadap prestasi belajar siswa SMP Negeri Satu Atap Merjosari Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
08410121.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (725kB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Sekolah merupakan lembaga pendidikan formal yang menjadi tempat peserta didik menimba ilmu, siswa dituntut untuk memiliki prestasi agar menjadi bekal untuk kehidupan di masa datang, banyak lembaga pendidikan menilai keberhasilan peserta didik hanya melihat nilai akademik saja, belum tentu selepas ia keluar dari lembaga pendidikan akan bisa mempertahankan prestasi belajarnya,belajar merupakan proses yang dilakukan untuk memperoleh perubahan, banyak bekal yang harus diberikan untuk mencapai kesuksesasn dan melewati semua tantangan kehidupan. Dengan berbekal Emotional Intelligence dan Adversity Quotient mampu membuat siswa menjadi sukses dalam kehidupannya tidak hanya mengandalkan IQ saja. Dengan EI maka siswa mampu mengenali emosi dirinya dan oranglain, dan AQ akan membantu mengatasi kesulitan yang siswa alami agar mencapai prestasi yang lebih baik. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri Satu Atap Merjosari Malang, dengan tujuan (1) mengetahui tingkat EI siswa (2) mengetahui tingkat AQ siswa (3) mengetahui tingkat Prestasi Belajar siswa (4) mengetahui pengaruh EI terhadap prestasi belajar siswa (5) mengetahui pengaruh AQ terhadap prestasi belajar siswa (6) mengetahui pengaruh EI dan AQ terhadap prestasi belajar siswa.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Subyek penelitian berjumlah 107 responden yang dipilih menggunakan stratified proportional random sampling, pengambilan data menggunakan dua skala likert, juga dilengkapi dengan wawancara, observasi, dokumentasi. Analisis data penelitian menggunakan teknik analisis regresi berganda, untuk menguji tingkat validitas menggunakan product moment , untuk menguji reliabilitas menggunakan Cronbach’s Alpha dengan bantuan SPSS versi 16.
Hasil penelitian diketahui bahwa Tingkat EI siswa dengan kategori rata – rata sedang 50,5 % (54 siswa), dan Tingkat AQ siswa memiliki rata-rata sedang atau cukup sebesar 50,5 % (54 siswa). Tingkat prestasi belajar siswa memiliki rata-rata memiliki prestasi belajar sedang sebesar 49,2 % (50 siswa). Dengan demikian tingkat keseluruhan tingkat EI,AQ, Prestasi Belajar siswa cukup.Hasil analisis data yang dilakukan dengan menggunakan teknik regresi linier berganda di peroleh F = 11,203 dan Sig (p) = 0,000. Dimana p <0,005 sehingga H0 = ditolak dan Ha = diterima, maka terdapat pengaruh yang signifikan dari EI dan AQ terhadap prestasi belajar siswa SMP Negeri Satu Atap. Nilai koefisien korelasi regresi EI sebesar 0,007 dengan p= 0,883 > 0,05 menandakan ada pengaruh negative antara EI terhadap prestasi belajar,dengan itu hipotesis ditolak, sedangkan Nilai koefisien korelasi regresi AQ 0,150 dan nilai p = 0,004 < 0,05 menandakan bahwa terjadi pengaruh antara AQ dengan prestasi belajar siswa SMP Negeri Satu Atap,hipotesis diterima.
ABSTRACT
good achievement as preparation for the future. Many schools judge the students’ success is from academic achievement, in fact, when they graduated, there is no guarantee that they keep obtaining good achievement. Studying is a process conducted to get change. Many things must be done to success and to challenge a life. By acknowledging Emotional Intelligence and Adversity Quotient, the students can still be success without relying on IQ. They can understand their emotion and other’s and AQ helps them to solve problems to achieve excellent achievement. This research is applied in State Junior High School of Satu Atap Merjosari Malang, the objectives of the study are (1) to understand students’ EI level (2) to understand students’ AQ level (3) to know students’ achievement (4) to know the impact of EI to students’ achievement (5) to know the impact of AQ to students’ achievement (6) to understand the impact of EI and AQ to students’ achievement.
This research uses quantitative method. Subject of this research is 107 respondents chosen by using stratified proportional random sampling, collecting data by using two scales likert, interview, observation, and documentation. In analyzing the data, the researcher uses analysis technique of double regression, to test the validity by using product moment, to test the reliability by using Cronbach’s Alpha and SPSS version 16.
In the result, the students’ EI level in average is 50,4 % (54 students) and AQ level in average or larger is 50,5 % (54 students). The students’ achievement who are in average have achievement 49, 2 % (50 students). Therefore, level of EI, AQ and achievement is sufficient. The result of analysis in double linier regression shows F = 11,203 and Sig (p) = 0,000. P <0,005 so H0 = rejected and Ha = accepted, there is significant impact of EI and AQ on students’ achievement. Score of regression correlation coefficient is 0,007, p= 0,883 > 0,005 it shows there is negative impact of EI on students’ achievement. Thus, hypothesis is rejected while Score of regression correlation coefficient AQ is 0,150 and p = 0,004 < 0,005 shows that there is impact of AQ on students’ achievement, hypothesis is accepted.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Habib, Zainal | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Emotional Intelligence; Adversity Quotient; Prestasi Belajar; Emotional Intelligence; Adversity Quotient; Achievement | ||||||
Subjects: | 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170109 Personality, Abilities and Assessment 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170113 Social and Community Psychology |
||||||
Departement: | Fakultas Psikologi > Jurusan Psikologi | ||||||
Depositing User: | Adi Sucipto | ||||||
Date Deposited: | 06 Mar 2023 09:16 | ||||||
Last Modified: | 06 Mar 2023 09:16 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/47844 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |