Fiddini, Siti Muthi'a (2012) Hubungan antara konsep diri dengan penyesuaian diri siswa SMP Ibrahimy 3 Sukorejo Situbondo. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
08410100.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Penyesuaian diri merupakan hal yang yang dibutuhkan dalam menjalin interaksi dalam suatu lingkungan dan masyarakat. Individu yang mampu menyelaraskan kebutuhan dan mampu merespon tuntutan dalam dirinya dan lingkungannya dikatakan bahwa individu tersebut mampu menyesuaikan diri. Bagus tidaknya penyesuaian diri individu dipengaruhi oleh beberapa faktor salah satunya adalah individu lebih mengenal dan menerima dirinya atau yang disebut dengan konsep diri. Konsep diri adalah gambaran tentang individu itu sendiri meliputi pengetahuan tentang dirinya sendiri, harapan bagi dirinya sendiri, dan penilaian tentang dirinya sendiri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat konsep diri, tingkat penyesuaian diri, dan ada tidaknya hubungan antara konsep diri dengan penyesuaian diri pada siswa SMP Ibrahimy 3 Sukorejo Situbondo.
Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif korelasional. Variabel bebasnya adalah konsep diri dan variabel terikatnya adalah penyesuaian diri. Metode dan instrument pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan angket dengan skala psikologi sebagai instrument pengumpul data. Skala psikologi yang digunakan dalam bentuk skala Likert dengan jumlah aitem 34 berdasarkan dimensi konsep diri Calhoun dan Acocella dan 22 aitem untuk penyesuaian diri berdasarkan teori Fahmy. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 79 siswa dengan pengambilan sampel secara acak (random). Analisis data menggunakan rumus analisis korelasi product moment untuk mengetahui hubungan antara konsep diri dengan penyesuaian diri.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 74 orang siswa atau 93,67% memiliki tingkat konsep diri yang tinggi, 5 orang siswa atau 6,32% sedang, dan 0% pada tingkat rendah. Sedangkan pada tingkat penyesuaian diri 72 orang siswa atau 91,14% berada pada kategori tinggi, 7 atau 8,86%,orang siswa berada pada kategori sedang, dan 0% pada kategori rendah. Berdasarkan hasil analisis data bahwa terdapat hubungan positif antara konsep diri dengan penyesuaian diri dengan rxy=0,650 dan p = 0,000, artinya semakin tinggi tingkat konsep diri maka semakin tinggi pula tingkat penyesuaian dirinya, begitu juga sebaliknya, semakin rendah tingkat konsep dirinya maka akan semakin rendah pula tingkat penyesuaian dirinya.
ABSTRACT
The self-adaptation was involved in building up the interaction in a particular environment or society either. An self-adaptive person was the one who responds to the needs and demands of the environment. The one’s adaptive ability was influenced by several factors, one of which was the individual’s awareness and acceptability of himself, or what so-called by self-concept. The self-concept was a self-description including the knowledge, hope, will and judgement about himself. The purpose of this study was to determine the level of self-concept, self-adaptive ability, and is there any relationship between self-concept and self-adaptive ability of the students in junior high school of Ibrahimy 3 Sukorejo Situbondo.
The research method was a quantitative correlation. The independent variable was self-concept, while the dependent variable is the self-adaptation. The method of data gathering was carried through interviews, observation, and questionnaires, and psychological scale served as the data collection instrument. The psychological scale was in the form of Likert scale of 34 items, it is based on Calhoun and Acocella’s dimension of the self-concept theory and Fahmy’s theory on 22 items of self- adaptation. The number of samples are 79 students by random sampling (random). The data analysis applied the correlation analysis of product moments formula, it was to determine the relationships between self-concept and self-adjustment.
The results found that 74 students or 93.67% have a high level of self-concept ; 5 students, or 6.32% moderate and 0% at low levels. Then, the level of self-adaptive ability of 72 students or 91.14% are in high category, 7, or 8.86% is in moderate category and 0% in the low category. The results of data analysis indicated that there is a positive relationship between self-concept and adaptation to rxy = 0.650 and p = 0.000. It means that if the levels of self-concept is getting higher, then the level of the self-adaptation will be higher, or vice versa, if the self-concept level is getting lower, then the level of the self-adjustment will be lower either.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Habib, Zainal | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Konsep Diri; Penyesuaian Diri; Self-concept; Self Adaptation | ||||||
Subjects: | 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170109 Personality, Abilities and Assessment 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170113 Social and Community Psychology |
||||||
Departement: | Fakultas Psikologi > Jurusan Psikologi | ||||||
Depositing User: | Adi Sucipto | ||||||
Date Deposited: | 06 Mar 2023 09:16 | ||||||
Last Modified: | 06 Mar 2023 09:16 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/47828 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |