Suryawan, Bagus (2013) Hubungan hafalan Al-Qur’an dengan prestasi belajar mahasiswa Hai‟ah Tahfizh Al-Qur‟an (HTQ) UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
09110011.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Menghafal al-Qur’an yang dilakukan siswa merupakan usaha dengan sadar dan sungguh-sungguh yang dilakukan untuk mengingat-ingat dan meresapkan bacaan kitab suci al-Qur’an yang mengandung mukjizat kedalam fikiran agar selalu ingat, dengan menggunakan metode dan strategi tertentu. Prestasi belajar adalah penguasaan pengetahuan atau ketrampilan yang dikembangkan oleh mata pelajaran, lazimnya ditunjukkan oleh nilai atau angka yang diberikan oleh guru. Menghafal al-Qur’an sangat menunjang prestasi belajar para siswa. Selain tentunya menghafal al-Qur’an itu sendiri membantu meningkatkan kesehatan mental anak dan merupakan hal yang positif.
Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa Hai‟ah Tahfizh Al-Qur‟an (HTQ) UIN Maulana Malik Ibrahim Malang bertujuan untuk mengetahui kualitas hafalan al Qur’an mahasiswa HTQ UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, tingkat prestasi belajar mahasiswa HTQ UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, dan ada tidaknya hubungan antara hafalan al-Qur’an dengan prestasi belajar dan arah hubungan tersebut pada mahasiswa HTQ UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian survey. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah random sampling yang diambil secara acak dari mahasiswa yang terdaftar sebagai anggota HTQ dan tergolong aktif. Adapun sampel yang diambil sebanyak 64 mahasiswa dari populasi sejumlah 250 mahasiswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket (kuesioner) dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisi dengan pendekatan Korelasi Product Moment Pearson dan Regresi Linier Sederhana.
Berdasarkan analisis data diketahui bahwa kualitas hafalan al-Qur’an
mahasiswa HTQ adalah sangat baik, 1 siswa (1%) memiliki hafalan al-Qur’an yang kurang, 13 mahasiswa (20%) memiliki hafalan al-Qur’an yang sedang, 17 mahasiswa (27%) memiliki hafalan al-Qur’an yang baik, dan 33 mahasiswa (52%) memiliki hafalan al-Qur’an yang sangat baik. Sedangkan untuk tingkat prestasi belajarnya adalah baik dengan kategori cukup sebanyak 14 mahasiswa (22%), dan kategori baik sebanyak 50 mahasiswa (78%). Hasil analisis korelasi diperoleh nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0,042 dengan sig (p) = 0,372 dengan sampel 64 mahasiswa menunjukkan tidak terdapat korelasi berarah positif dan signifikan di antara dua variabel. Berdasarkan analisis regresi diperoleh nilai
koefisien determinasi (r2) sebesar 0,02 atau sama dengan 0,2% (r2 x 100%). Hal
ini menunjukkan bahwa besarnya pengaruh hafalan al-Qur’an mahasiswa terhadap prestasi belajar mahasiswa HTQ UIN Maulana Malik Ibrahim Malang adalah sebesar 0,2%. Sedangkan sisanya 99,8% (100% - 0,2%) dipengaruhi oleh faktor atau variabel lain.
ABSTRACT
Memorizing the Qur’an by students is an attempt to consciously and earnestly made to recall and absorb reading the Qur’an holy book which contain miracles, into mind to always remember, by using certain methods and strategies. Learning achievement is the acquisition of knowledge or skills that are developed by subject matter, typically indicated by a mark or grade given by the teacher. Memorizing the Qur’an is very supportive of the student’s learning achievement. In addition of course memorizing the Qur’an itself helps improve the mental health of children and is a positive thing.
The research was carried out on the the students Hai’ah Tahfizh Qur’an (HTQ) UIN Maulana Malik Ibrahim Malang aims to determine the quality of student’s memorizing Qur’an HTQ UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, student’s learning achievement levels HTQ UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, and the relationship between memorizing of the Qur’an and the learning achievement and direction of this relationship on the student HTQ UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.
This research was used a quantitative approach to the type of survey
research. The sampling technique used is random sampling taken at random from the students enrolled as members HTQ and classified active. Sample taken as many as 64 students from a population of 250 students. Data collection method used was a questionnaire and documentation. The data obtained were analyzed with the approach of Pearson Product Moment Correlation and Simple Linear Regression.
Based on the data analysis, the information appear is the quality of the student’s memorizing Qur’an HTQ UIN Maulana Malik Ibrahim Malang can be categorized as very good. The data are 33 students by percentage of 52%, while to poor is only 1 student by 1%. Thus, for the level of the student’s learning achievement can be categorized as good with the data has appeared in 50 students by the percentage 78%, while in intermediate level has been recorded for 14 students with 22% as the percentage. The questionnaire results of the correlation of analysis obtained the correlation coefficient (r) of 0.042 with a sig (p) = 0,372 with a sample of 64 students showed there is no correlation between the two variables. This has been confirmed by on a simple linear regression analysis is
known the coefficient of determination (r2) are shown in the value of R Square of
0.002 or equal to 0.2% (r2 x 100%). This indicates that the influence of student’s
memorization Qur’an in student’s learning achievement HTQ UIN Maulana Malik Ibrahim Malang is 0.2%, while the remaining is 99.8% (100% - 0.2%) or influenced by other variables.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Mujtahid, Mujtahid | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Hafalan; Al-Qur’an; Prestasi; Belajar; Memorizing; Qur’an; Learning; Achievement | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 03 Mar 2023 11:04 | ||||||
Last Modified: | 03 Mar 2023 11:04 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/47811 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |