Implementasi contextual teaching and learning (CTL) dalam meningkatkan motivasi belajar siswa mata pelajaran aqidah akhlak di MTs Miftahul Huda Turen

Basaroh, Gifnil (2008) Implementasi contextual teaching and learning (CTL) dalam meningkatkan motivasi belajar siswa mata pelajaran aqidah akhlak di MTs Miftahul Huda Turen. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Islam Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
04110129.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Contextual Teaching and Learning (CTL) adalah merupakan konsep pembelajaran yang mengaitkan antara materi pembelajaran dengan situasi dunia nyata yang berkembang dan terjadi di lingkungan sekitar peserta didik sehingga dia mampu menghubungkan dan menerapkan kompetensi hasil belajar dengan kehidupan sehari-hari mereka. Dalam pembelajaran CTL tugas guru adalah menciptakan lingkungan belajar yang alamiah, menyenangkan, tidak membosankan dan memberikan kemudahan bagi siswa dalam belajar. Sehingga dalam proses pembelajaran kontekstual / CTL lebih banyak berhubungan dengan strategi atau metode pembelajaran. Strategi belajar ini tidak mengharuskan siswa menghafal fakta-fakta tetapi merupakan sebuah strategi yang dapat mendorong siswa mengkontruksikan pengetahuan dibenak mereka sendiri. Melalui stategi CTL, siswa diharapkan belajar melalui mengalami bukan menghafal.

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana implementasi contextual teaching and learning (CTL) dalam meningkatkan motivasi belajar siswa Mata Pelajaran Aqidah Akhlak di MTs Miftahul Huda Turen, (2) Faktor Pendukung dan Penghambat implementasi contextual and teaching learning (CTL) dalam meningkatkan motivasi belajar siswa Mata Pelajaran Aqidah Akhlak di MTs Miftahul Huda Turen. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui implementasi contextual teaching and learning (CTL) dalam meningkatkan motivasi belajar siswa mata pelajaran Aqidah Akhlak di MTs Miftahul Huda Turen, (2) untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat implementasi contextual teaching and learning (CTL) dalam meningkatan motivasi belajar siswa mata pelajaran Aqidah Akhlak di MTs Mifathul Huda Turen.

Dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif (studi kasus) dan proses pengumpulan data penulis menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisis datanya menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu data yang digambarkan dengan kata-kata atau kalimat. Dari hasil penelitian dan analisis data dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Belum secara keseluruhan para guru di MTs Miftahul Huda Turen mengimplentasikan CTL dalam pembelajaran akan tetapi, implementasi contextual teaching and learning di MTs Miftahul Huda Turen dalam proses pembelajaran Aqidah Akhlak sudah dapat dikatakan baik hal tersebut dapat dilihat dari keaktifan siswa dalam proses pembelajaran, dari nilai-nilai ulangan dan tugas-tugas yang diberikan oleh guru kepada siswa. Karena dengan adanya implementasi CTL dapat membantu siswa untuk lebih aktif di kelas dalam bertanya dan berkreasi sehingga dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. (2) Faktor-faktor yang mendukung terhadap implementasi contextual teaching and learning diantaranya adalah kemampuan guru dalam memahami dan mengimplementasikan CTL dan siswa. Sedangkan penghambatnya adalah belum secara keseluruhan guru memahami dan mengimplentasikan CTL di dalam proses pembelajaran, sarana dan prasarana yang belum memadai, waktu yang terbatas.

Diharapkan semua guru dapat menggunakan pembelajaran aktif, untuk mengembangkan proses pembelajaran salah satunya dengan menggunakan pendekatan CTL, karena implementasi CTL dapat mengaktifkan siswa dalam proses belajar dan meningkatkan motivasi belajar siswa. Karena masih adanya faktor penghambat dalam implementasi CTL diharapkan sering mengikuti seminar maupun workshop dan sering-sering membaca buku-buku yang berhubungan dengan pembelajaran CTL untuk lebih menguasai dan memperdalam bagaimana penerapan CTL yang baik dan benar. Sehingga dapat meningkatkan kualitas pendidikan secara berkesinambungan dan menjalin interaksi yang lebih baik untuk dapat mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Sulalah, Sulalah
Keywords: Implementasi Contextual Teaching and Learning (CTL); Motivasi Belajar Siswa
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Heni Kurnia Ningsih
Date Deposited: 08 Sep 2016 09:07
Last Modified: 08 Sep 2016 09:07
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/4781

Actions (login required)

View Item View Item