Sari, Anys Nofala (2014) Penerapan Teknik Make A Match dalam meningkatkan motivasi belajar geografi pada Siswa Kelas VII A di Madrasah Tsanawiyah Negeri Kediri 2. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
10130097.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Metode Pembelajaran adalah suatu cara atau pendekatan dalamproses belajar mengajar yang dipergunakan oleh guru saat menyajikan atau menyampaikan materi pelajaran. Dalam penelitian ini dikhususkan pada mata pelajaran Geografi karena mata pelajaran Geografi terdapat banyak materi serta di dalam mata pelajaran Geografi banyak mengaitkan fakta-fakta dalam kehidupan sehari-hari. Untuk mempermudah itu perlu adanya metode pembelajaran agar proses pembelajaran dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.
Adapun permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah: (1)Bagaimana proses perencanaan pembelajaran dengan penerapan teknik make a match dalam meningkatkan motivasi belajar geografi pada siswa, (2) Bagaimana proses pelaksanaan pembelajaran dengan penerapan teknik make a match dalam meningkatkan motivasi belajar geografi pada siswa, (3) Bagaimana proses dan hasil penilaian pembelajaran penerapan dengan teknik make a match dalam meningkatkan motivasi belajar geografi pada siswa.
Penelitian ini dilakukan di MTs Negeri Kediri 2.Dengan desain penelitian tindakan kelas (PTK).Penelitian yang penulis lakukan adalah termasuk penelitian deskriptif kualitatif.Sedangkan analisis data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi.Uji keabsahan data dilakukan dengan teknik perpanjangan pengamatan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi.
Hasil pada penelitian ini berupa: pertama, perencanaan diskenariokan pada III siklus dan dilakukan dengan merancang materi dan teknik make a match. Kedua, dalam proses pelaksanaannya penelitian dilakukan bersama dengan guru dan peneliti. Ketiga, terlihat peningkatan nilai akademik yang disertai dengan bertambahnya motivasi dan antusiasme belajar siswa dalam mata pelajaran tersebut dari hasil penerapan teknik make a match.
ABSTRACT
The Learning Method is a method or approach to the learning process used by teachers when presenting or delivering course material. In this study is devoted to the subjects of Geography for Geography subject matter and there are many in the Geography subject linking many facts in everyday life. The facilitate need for a method of learning that the learning process can improve student’s motivation.
The issues discussed in this study are: (1) How does the planning process of learning to make a match the application of techniques to motivate the students to learn geography, (2) How does the implementation process of learning to make a match the application of techniques to motivate the students to learn geography, (3) What is the process of learning and assessment results with the application of the technique make a match in improving the student’s motivation to learn geography.
This research was conducted at the State Islamic Junior High School 2 Kediri. With the design of classroom action research (CAR). Research conducted by the author is included descriptive qualitative research. While the data analysis is done by using the method of interview, observation and documentation. Test the validity of the data was done by using an extension of the observation, perseverance observation, and triangulation.
The results in this study are: first, the third planning cycle scripted and performed by designing materials and techniques make a match. Second, in the process of implementation of research conducted jointly by teachers and researchers. Third, a clear increase in value along with increasing academic motivation and enthusiasm of students in the subjects of the results of the application of the technique make a match.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Bashith, Abdul | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Make a Match; Motivasi; dan Geografi | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Koko Prasetyo | ||||||
Date Deposited: | 03 Mar 2023 13:45 | ||||||
Last Modified: | 03 Mar 2023 13:45 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/47783 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |