Karlina, Riza (2014) Penerapan metode pembelajaran Two Stay Two Stray (Ts-Ts) untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Ips terpadu kelas VIII A di SMP Islam NU 01 Pujon. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
10130083.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Salah satu masalah yang dihadapi dunia pendidikan kita adalah lemahnya proses pembelajaran. Dalam proses pembelajaran, anak kurang dorongan untuk mengembangkan kemampuan berfikir. Oleh karena itu keterampilan dasar mengajar guru diperlukan agar guru dapat melaksanakan perannya dalam mengelola proses pembelajaran, sehingga pembelajaran dapat berjalan secara efektif dan efisien. Untuk mencapai lingkungan belajar yang efektif diperlukannya adanya motivasi, dengan adanya motivasi pembelajaran menjadi aktif. Ketika peserta didik belajar dengan aktif , berarti mereka yang mendominasi aktifitas bembelajaran. Dengan ini mereka secara aktif menggunakan otak, baik menemukan ide, memecahkan masalah dan mengaplikasikan apa yang baru mereka pelajarai ke dalam kehidupan nyata.
Tujuan penelitian ini adalah untuk; (1) mendeskripsikan proses perencanaan pembelajaran dengan menggunakan metode TS-TS Two Stay Two Stray untuk meningkatkan motivasi belajara siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu kelas VIII A di SMP ISLAM NU 01 Pujon, (2) mendeskripasikan proses pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan metode TS-TS Two Stay Two Stray untuk meningkatkan motivasi belajara siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu kelas VIII A di SMP ISLAM NU 01 Pujon, (3) mendeskripsikan hasil, penilaian pembelajaran pembelajaran dengan menggunakan metode TS-TS Two Stay Two Stray untuk meningkatkan motivasi belajara siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu kelas VIII A di SMP ISLAM NU 01 Pujon.
Untuk mencapai tujuan diatas, digunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak tiga siklus penelitian. Instrument kunci adalah penelitian sendiri, dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran dengan menggunakan metode TS-TS Two Stay Two Stray terbukti dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VIII A pada mata pelajaran IPS Terpadu. Hasil motivasi belajar tersebut terlihat dari bertambahnya semangat dan antusias siswa dalam mengikuti proses pembelajaran, tambah kompak dan selalu berusaha menyelesaikan tugas tepat waktu. Dan digambarkan pada rata-rata prosentase motivasi siswa meningkat pada siklus I 47,99% Siklus II 53,03% dan Siklus III 58,08%
ABSTRACT
One of the problems facing our education is the lack of a learning process. In the learning process, the child is less impetus to develop the ability to think. Therefore teachers to teach the basic skills required for teachers to be able to carry out its role in managing the process of learning, so that learning can be run effectively and efficiently. To achieve an effective learning environment needed motivation, the motivation to be active learning. When learners learn by active, meaningful learning activities that dominate them. With this they are actively using the brain, good ideas, solve problems and apply what you've learned into their real life.
The purpose of this study is to; (1) describe the planning process of learning by using two stay two stray TS-TS to enhance the students' motivation to learn some vital lessons on Integrated social studies in junior class VIII A ISLAMIC NU 01 Pujon, (2) describe the implementation process of learning by using Two Stay Two Stray TS-TS to enhance the students 'motivation to learn some vital lessons on Integrated social studies in junior class VIII A ISLAMIC NU 01 Pujon, (3) describing the results, assessment of learning learning by using two stay two stray TS-TS to enhance the students' motivation to learn some vital lessons on eye Integrated social studies in the junior class VIII A ISLAMIC NU 01 Pujon.
To achieve the above objectives, the study used a qualitative approach with classroom action research conducted by three research cycles. Key instrument is his own research, and data collection techniques used were observation, interviews, and documentation.
The results showed that the application of learning by using two stay two stray TS-TS proven to increase students' motivation in class VIII A Integrated Social Science subjects. Motivation to learn the results seen from the increased vigor and enthusiasm of students in participating in the learning process, added a compact and always trying to finish the task on time. And depicted on the average percentage increase student motivation in the first cycle Cycle II 47.99% 53.03% 58.08% and Cycle III
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Sulalah, Sulalah | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | metode (TS-TS)Two Stay Two Stray; meningkatkan motivasi belajar; Method two stay two stray (TS-TS); improving learning motivation | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Koko Prasetyo | ||||||
Date Deposited: | 03 Mar 2023 13:44 | ||||||
Last Modified: | 03 Mar 2023 13:44 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/47771 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |