Responsive Banner

Pengaruh lingkungan keluarga dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi kelas X dan XI IPS di SMP Syarif Hidayatullah Grati - Pasuruan

Maknunah, Lu’lu’il (2014) Pengaruh lingkungan keluarga dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi kelas X dan XI IPS di SMP Syarif Hidayatullah Grati - Pasuruan. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img] Text (Fulltext)
10130080.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK

Prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh berbagai faktor, baik faktor individual maupun sosial. Salah satu faktor sosial yang memberikan konstribusi yang sangat besar terhadap pencapaian prestasi belajar siswa adalah lingkungan keluarga. Dan salah satu faktor individual yang sangat berperan dalam menentukan prestasi belajar siswa adalah fasilitas belajar disekolah.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: (1) mengetahui ada tidaknya pengaruh lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi kelas X dan XI IPS SMA Syarif Hidayatullah Grati, (2) mengetahui ada tidaknya pengaruh fasilitas belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi kelas X dan XI IPS SMA Syarif Hidayatullah Grati, (3) mengetahui ada tidaknya pengaruh lingkungan keluarga dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi kelas X dan XI IPS SMA Syarif Hidayatullah Grati.

Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Sedangkan analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas, uji reliabilitas, analisa regresi linier berganda dengan uji t untuk mengetahui pengaruh secara parsial dan uji F untuk mengetahui pengaruh secara simultan. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X dan XI IPS semester II SMA Syarif Hidayatullah Grati yang berjumlah 68 siswa. Sedangkan variabel yang harus dikaji dalam penelitian ini ada tiga variabel diantaranya variabel lingkungan keluarga, variabel fasilitas belajar dan variabel prestasi belajar. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini menggunakan angket.

Hasil regresi linier berganda menunjukan bahwa terdapat pengaruh dari variabel lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar yang ditunjukkan dengan ݐ௛௜௧௨௡௚ = 2,284 > ݐ௧௔௕௘௟ = 1,996 dan nilai signifikansinya 0,026 < 0,05.

Dengan koefisien regresi variabel lingkungan keluarga sebesar 0,551 menyatakan bahwa setiap penambahan (karena tanda +) satu nilai pada variabel lingkungan keluarga akan memberikan kenaikan skor sebesar 0,551. Terdapat pengaruh dari variabel fasilitas belajar terhadap prestasi belajar yang ditunjukkan dengan ݐ௛௜௧௨௡௚ = 3,356 > ݐ௧௔௕௘௟ =1,996 dan nilai signifikansinya 0,001 < 0,05.

Dengan koefisien regresi variabel fasilitas belajar sebesar 1,258 menyatakan bahwa setiap penambahan (karena tanda +) satu nilai pada variabel fasilitas belajar akan memberikan kenaikan skor sebesar 1,258. Terdapat pengaruh positif variabel lingkungan keluarga dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar yang ditunjukkan dengan ܨ௛௜௧௨௡௚ = 5,738 > ܨ௧௔௕௘௟ = 3,133. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh dari lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar siswa, ada pengaruh dari fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa, ada pengaruh positif signifikan dari lingkungan keluarga dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi kelas X dan XI IPS SMA Syarif Hidayatullah Grati. Dari hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi siswa, guru, kepala sekolah dan orang tua. Orang tua perlu memberikan perhatian kepada anak dan memperbaiki cara mendidik anak, begitupun untuk fasilitas yang ada disekolah harus lengkap agar membantu meningkatkan prestasi belajar siswa.

ABSTRACT

Student learning achievement is influenced by various factors, both individual and social factors. One of the social factors which give a very large contribution to the achievement of student learning achievement is a family environment. And one individual factor was instrumental in determining the learning achievements of students learning in all schools facilities.

The purpose of this study is to: (1) find out there is whether or not the influence of family environment on the learning achievement of economic subjects of class X and XI IPS SMA Syarif Hidayatullah Grati, (2) whether or not the influence of perceived learning facilities to the achievement of economic subjects learning class X and XI IPS SMA Syarif Hidayatullah Grati, (3) whether or not the influence of perceived family environment and learning facilities to the achievement of economic subjects learning class X and XI IPS SMA Syarif Hidayatullah Grati.

The research used in this research is quantitative research with this type of research korelasional. While analysis used in this study is to test the validity of the test, linear regression analysis, reliability of multiple t-test to determine the effect of partially and F test to find out the effect of simultaneously. The population of this research is to grade X and XI SMA semester II IPS Syarif Hidayatullah Grati totalling 68 students. While the variables which must be examined in this research there are three variables such as family environment variables, variables and variable performance learning facilities study. The Data collected in this study use the question form.

Multiple linear regression results indicate that there is the influence of the family environment variables of learning achievements are represented by ݐ௛௜௧௨௡௚ = 2,284 > ݐ௧௔௕௘௟ = 1,996 their significance and value 0,026 < 0,05. The regression coefficient of the family environment variables for each stated that the addition of 0,551 (because mark +) one value on the family environment variables will give rise in the score of 0,551. There is the influence of variable learning achievement against learning facilities, indicated by ݐ௛௜௧௨௡௚ = 3,356 > ݐ௧௔௕௘௟ =1,996 their significance and value 0,001 < 0,05. with learning facilities of 1,258 variables declared that any additions (because mark +) one value on a variable learning facilities will provide the increment score of 1,258. There is a positive influence of family environment variable and learning achievement against learning facilities, indicated by ܨ௛௜௧௨௡௚ = 5,738 > ܨ௧௔௕௘௟ = 3,133. So it

can be inferred that there is an influence of the family environment of student learning achievement, there is the influence of learning facilities to the achievement of student learning, there is a significant positive influence of family environment and learning facilities to the achievement of economic subjects learning class X and XI IPS SMA Syarif Hidayatullah Grati. From the results of this research are expected to be of benefit to students, teachers, principals and parents. Parents need to give attention to children and improve the way of educating children, as well as to existing facilities in all schools must complete in order to help improve the learning achievements of students.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Pusposari, Luthfiya Fathi
Contributors:
ContributionNameEmail
UNSPECIFIEDPusposari, Luthfiya FathiUNSPECIFIED
Keywords: Lingkungan Keluarga; Fasilitas Belajar; Prestasi Belajar; Family Environment; Learning Facilities; Learning Achievements
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Koko Prasetyo
Date Deposited: 03 Mar 2023 13:42
Last Modified: 03 Mar 2023 13:42
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/47767

Downloads

Downloads per month over past year

Actions (login required)

View Item View Item