Hidayatullah, Syarif (2012) Hubungan citra merek dengan loyalitas pelanggan IM3 di kalangan Mahasiswa Psikologi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
06410081.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Citra merek merupakan pemahaman konsumen mengenai merek secara keseluruhan, kepercayaan konsumen terhadap suatu merek tertentu, dan bagaimana konsumen memandang suatu merek. Baik tidaknya citra merek suatu produk tersebut juga menjadi faktor yang mempengaruhi loyal atau tidaknya seorang pelanggan dan hal tesebut dapat diindikasikan pada adanya pembelian ulang secara teratur, melakukan pembelian diluar lini produk/jasa, merekomendasikan produk kepada orang lain , dan menunjukan adanya kekebalan terhadap produk sejenis yang ditawarkan pesaing. Hal inilah yang menunjukan pentingnya peran suatu citra merek bagi sebuah produk untuk selalu digunakan atau akan ditinggalkan oleh pelanggannya.
Penelitian ini dilakukan di Fakultas Psikologi Semester III (Angkatan 2011), dengan tujuan untuk mengetahui ada-tidaknya hubungan citra merek dengan loyalitas pelanggan IM3 di kalangan mahasiswa psikologi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Subyek penelitian ini sebanyak 98 mahasiswa dan pengambilan data menggunakan metode angket berupa skala citra merek dan skala loyalitas pelanggan. Sedangkan untuk pengolahan data dianalisis dengan product moment correlation dari pearson dan untuk menguji reliabilitas dan daya beda peneliti memakai rumus Alpha Cronbach dengan bantuan program SPSS 15.0.
Hasil dari penelitian yang dilakukan pada skala citra merek menunjukkan
bahwa dari 98 responden, prosentasenya berada pada tingkat rata-rata/sedang yakni 53%, dan pada tingkat loyalitas pelanggan IM3 di kalangan mahasiswa Psikologi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang berada pada tingkat rata- rata/sedang pula namun prosentasenya lebih tinggi yakni 77%. Diketahui pula bahwa nilai korelasi antara citra merek dengan loyalitas pelanggan memiliki nilai sebesar 0.769 dengan nilai probabilitas 0.000 dan jumlah subyek pada penelitian sebanyak 98 mahasiswa. Menurut kriteria, hipotesis penelitian (Ha) diterima jika r hitung > r tabel, dan probabilitas (p) < r. Kriteria r tabel untuk subyek (N) = 98 orang adalah 0.202. Sedangkan tingkat signifikan yang digunakan dalam penelitian ini adalah α = 0.05. Dari hasil pengujian tersebut dapat diketahui nilai r hitung (0.769) > r table (0.202), sedangkan p (0.000) < r (0.05).
ABSTRACT
Brand image is the consumer understanding of the brand as a whole, consumer confidence to a particular brand, and how consumers view a brand. Whether or not the brand image of a product is also a factor that affects whether or not a customer loyal and proficiency level can be indicated on the purchase on a regular basis, make purchases outside the line of products/services, recommend the product to others, and show an immunity to similar products offered by competitors. It is this which shows the importance of a brand image for a product to always used or will be left by customers.
The research was conducted at the Faculty of Psychology Semester III (class of 2011 ), in order to determine the presence or absence of brand image relationship with customer loyalty among psychology students IM3 UIN Maulana Malik Ibrahim Malang and uses a quantitative approach. The subject of this study were 98 students and retrieval of data using questionnaires such as the scale of the brand image and customer loyalty scales. As for the processing of the data were analyzed with Pearson product moment correlation of and to test the reliability and power of different researchers using Alpha Cronbach formula with SPSS 15.0.
The results of the research done on the scale indicates that the brand image of the 98 respondents, the percentage stood at an average/moderate at
53%, and the level of customer loyalty among students IM3 Psychology UIN Maulana Malik Ibrahim Malang is located at an average / medium also but the percentage is higher at 77%. It is well known that the correlation between brand image with customer loyalty has a value of 0.769 with a probability value and the number of subjects in the 0.000 study as many as 98 students. According to the criteria, the research hypothesis (Ha) is accepted if the count r> r table, and the probability (p) <r. The criteria for the subject table r (N) = 98 people is 0.202. While significant levels used in this study was α = 0.05. From the test results it can be seen the value of r count (0.769)> r table (0.202), while p (0.000) <r (0.05).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Irawan, Andik Rony | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Citra Merek; Loyalitas Pelanggan; Brand Image; Customer Loyalty | ||||||
Departement: | Fakultas Psikologi > Jurusan Psikologi | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 03 Mar 2023 11:04 | ||||||
Last Modified: | 03 Mar 2023 11:04 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/47764 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |