Prasetyo, Agus Fathoni (2014) Perbandingan pemahaman etika konsumsi mahasiswa program studi Pendidikan IPS UIN Maulana Malik Ibrahim Malang yang menempuh dan yang tidak menempuh mata kuliah Ekonomi Islam. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
10130078.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK
Sistem ekonomi kapitalisme, sosialisme, maupun gabungan dari keduanya telah terbukti gagal dalam menciptakan kesejahteraan dunia. Dunia internasional sekarang ini telah menemukan sistem ekonomi lain sebagai solusinya yaitu sistem ekonomi islam. Ekonomi islam lebih menekankan etika dan moral dalam setiap aspek kehidupan, salah satunya perilaku konsumsi. Perilaku konsumsi yang dilakukan seseorang akan berpengaruh pada perilaku konsumsi masyarakat umum, banyak masyarakat tidak pandai mengatur pendapatan yang diperolehnya. serta tidak adanya perhatian terhadap etika konsumsi yang sesuai dengan ajaran Islam.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan perbedaan tingkat pemahaman tentang etika konsumsi pada mahasiswa program studi Pendidikan IPS UIN Maulana Malik Ibrahim Malang yang menempuh dan yang tidak menempuh mata kuliah Ekonomi Islam. Dari tujuan tersebut maka dibuat hipotesis pemahaman etika konsumsi mahasiswa yang menempuh mata kuliah Ekonomi Islam lebih baik dari pada pemahaman mahasiswa yang tidak menempuh mata kuliah Ekonomi Islam.
Untuk mencapai tujuan di atas, digunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian komparatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Jurusan Pendidikan IPS Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN MALIKI Malang angkatan 2010 yag berjumlah 121 mahasiswa. Dengan menggunakan teknik proportional random sampling maka didapat sampel berjumlah 50 mahasiswa.
Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat pemahaman etika konsumsi mahasiswa program studi Pendidikan IPS termasuk katagori positif dan tinggi. Berdasarkan analisis data dengan uji t (beda) Menunjukan bahwa pemahaman etika konsumsi mahasiswa program studi Pendidikan IPS yang menemempuh mata kuliah Ekonomi Islam dengan mahasiswa program studi Pendidikan IPS yang tidak menempuh mata kuliah Ekonomi Islam terdapat perbedaan yang signifikan, dibuktikan dengan diperoleh data nilai t hitung = 4,559. Sementara itu, dengan taraf signifikansi 5% diperoleh nilai t tabel = 2,093. Perbandingan antara keduanya menghasilkan :t hitung > t tabel (4,559 > 2,093) dengan tingkat signifikansi t sebesar 0,000. Artinya, pemahaman etika konsumsi mahasiswa program studi Pendidikan IPS yang menempuh matakuliah Ekonomi Islam lebih baik dari pada mahasiswa yang tidak menempuh mata kuliah Ekonomi Islam.
ABSTRACT
The economic system of capitalism, socialism, or a combination of both have been proven to fail in creating the world’s wealthy. The international community now has found another economic system as a solution that Islamic economic system. Islam emphasizes economic and moral ethics in every aspect of life, one of which consumption behavior. Consumption behavior that a person does will affect the behavior of the general public, many people are not good at regulating the revenue it collects. The lack of attention to ethical consumption in accordance with the teachings of Islam.
The purpose of this study is to explain the differences in the level of understanding of ethical consumption in social studies education student of UIN Maulana Malik Ibrahim Malang who took and who did not take the course of Islamic Economics. The goal then made the hypothesis that student understanding of ethical consumption take Islamic Economics courses better understanding of the students who did not take the course of Islamic Economics.
The above objectives to achieve, the study used a quantitative approach to the type of comparative research. The population in this study were all students of the Department of Social Science Education, Teaching and Tarbiyah Faculty UIN Maliki class of 2010 numbered 121 students. By using proportional random sampling technique the obtained sample was 50 students.
The results showed that the level of student understanding of ethical consumption IPS Education courses including positive and high categories. Based on data analysis by t test Indicates that the understanding of ethical consumption IPS Education courses students are taking courses with students of Islamic Economics, Social Science Education courses that do not take Islamic Economics course there are significant differences, evidenced by the data obtained t value = 4.559 . Meanwhile, with a significance level of 5 % was obtained value of t table = 2.093. Comparison between the two yields: t count > t table ( 4.559 > 2.093 ) with a significance level t of 0.000 . That is, understanding of ethical consumption IPS Education courses students who take a course in Islamic Economics is better than the students who did not take the course of Islamic Economics.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Wahidmurni, Wahidmurni | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Pemahaman Etika Konsumsi; Mahasiswa; Ekonomi Islam; Understanding Ethical Consumption; Students; Islamic Economics | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Koko Prasetyo | ||||||
Date Deposited: | 03 Mar 2023 13:42 | ||||||
Last Modified: | 10 Jul 2023 15:42 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/47763 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |