Fitriyah, Lailatul (2014) Implementasi Model Cooperative Learning melalui teknik Student Teams Achievement Division untuk meningkatkan motivasi belajar pada mata pelajaran sosiologi kelas X-3 SMA Islam Almaarif Singosari Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
10130077.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Pembelajaran dengan menggunakan model Cooperative Learning akan memudahkan siswa dalam mengikuti proses belajar, karena dalam pembelajaran ini siswa belajar secara berkelompok dan saling membantu antara siswa yang satu dengan siswa yang lain dengan tujuan agar siswa yang belum bisa menjadi bisa. Karena dalam pembelajaran sosiologi ini, guru harus bisa mengaitkan antara materi pelajaran dengan realita yang ada dimasyarakat, supaya siswa lebih faham dan mudah dimengerti.
Tujuan umum dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui proses Implementasi Model Cooperative Learning Melalui Teknik Student Teams Achievement Division Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Pada Mata Pelajaran Sosiologi Kelas X-3 SMA Islam Al-maarif Singosari Malang. Sedangkan tujuan secara khusu yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah: 1) Mendiskripsikan perencanaan melalui Cooperative Learning dengan menggunakan tehnik Student Teams Achievement Division untuk meningkatkan motivasi belajar pada mata pelajaran Sosiologi kelas X-3 SMA Islam Almaarif Singosari. 2) Mendiskripsikan pelaksanaan melalui Cooperative Learning dengan menggunakan tehnik Student Teams Achievement Division untuk meningkatkan motivasi belajar pada mata pelajaran Sosiologi kelas X-3 SMA Islam Almaarif Singosari. 3) Mendiskripsikan penilaian melalui Cooperative Learning dengan menggunakan tehnik Student Teams Achievement Division untuk meningkatkan motivasi belajar pada mata pelajaran Sosiologi kelas X-3 SMA Islam Almaarif Singosari. Adapun penelitia ini dilaksanakan di Kota Malang, tepatnya di SMA Islam Al-maarif Singosari Malang.
Desain penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) dengan pendekatan kualitatif. Yang dilaksanakan sebanyak tiga siklus penelitian, yang berawal dari kegiatan perencanaan, pelaksanakan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik-teknik pengumpulan data yang digunakan adalah: wawancara, dokumentasi, observasi. Sedangkan data yang kuantitaif dianalisis secara kualitatif, sedangkan data yang kuantitaif dianalisis menggunakan analisis deskriptif kuantitatif.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa data empirik dari hasil observasi, Implementasi Model Cooperative Learning Melalui Teknik Student Teams Achievement Division Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Pada Mata Pelajaran Sosiologi Kelas X-3 SMA Islam Al-maarif Singosari Malang. Melalui
instrumen observasi menunjukkan bahwa peningkatan motivasi belajar siswa dari pre test nilai rata-rata 1,46 pada siklus I meningkat menjadi 1,72 atau sekitar 17%, sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 2,37 atau sekitar 62%, lalu pada siklus III meningkat menjadi 2,82 atau sekitar 93%.
Berdasarkan hasil penelitian ini maka peneliti memberikan beberapa saran, bahwa model Cooperative Learning melalui teknik Student Teams Achievement Division perlu diterapkan dalam proses pembelajaran dan perlu dilakukan penelitian lebih lanjut lagi untuk membuktikan tentang pengaruh model Cooperative Learning melalui teknik Student Teams Achievement Division terhadap motivasi belajar Sosiologi dengan desain yang berbeda dan lebih valid. Kemudian guru harus bisa menentukan atau memilih materi yang benar-benar bisa diterapkan dengan teknik Student Teams Achievement Division dalam proses belajar-mengajar dapat diperoleh hasil yang optimal.
ABSTRACT
Learning by using model Cooperative Learning allows students in the learning process to follow, because in this learning students learn together and help each other between students who are one with the other students with the goal of keeping students who have not been able to get. Because in learning sociology is, teachers should be able to relate between the subject matter with the reality in society, so that more students understand and easy to be understood.
The general objective of this study was to determine the Implementation Model of Cooperative Learning through Student Teams Achievement Division Technique to Increase Motivation at Subjects Sociology Class X-3 SMA Islam Al-Maarif Singosari Malang. While the specific objectives to be achieved in this study are: 1) Describe the planning through cooperative learning by using techniques Student Teams Achievement Division to improve motivation in learning on subjects Sociology class X-3 SMA Islam Almaarif Singosari.2) Describe the implementation of cooperative learning through the use techniques Student Teams Achievement Division to increase the motivation in learning of the subject Sociology class X-3 SMA Islam Al Maarif Singosari. 3) Describe the assessment through cooperative learning techniques using Student Teams Achievement Division to increase the motivation to learn the subject Sociology class X-3 SMA Islam Al maarif Singosari. For this research is implemented in Malang, precisely at SMA Islam Al-Maarif Singosari Malang.
The design of this study is action research (Classroom Action Research) with a qualitative approach. It‟s Conducted three cycles of research, which begins with the planning, implementing action, observation and reflection. Data collection techniques used was interviews, documentation, and observation. While the quantitative data were analyzed qualitatively, the quantitative data were analyzed using quantitative descriptive analysis.
Based on the results of the research show that the empirical data from the results of observation, implementation of Cooperative Learning Model Through Engineering Student Teams Achievement Division to increase the motivation of Learning in the Subjects of Sociology X-grade 3 SMA Al-maarif Singosari Malang. Through the instrument of observation indicated that the improvement of student learning motivation of pre test average value of 1,46 on cycle I increased to 1.72, or about 17%, while on cycle II increased to 2.37 or about 62%, then in cycle III increased to 2,82 or about 93%.
Based on these results the researchers give some suggestions, that model of cooperative learning through Student Teams Achievement Division techniques need to be applied in the learning process and further research needs to be done again to prove the influence of cooperative learning models through techniques Division into Student Teams Achievement motivation to study Sociology with design different and more valid. Then the teacher should be able to determine or choose the material that could actually be applied to the engineering Student Teams Achievement Division in learning process can obtain optimal results.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Zuhroh, Ni’matuz | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Cooperative Learning; Motivasi Belajar; Sosiologi; Cooperative Learning; Learning Motivation; Sociology | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Koko Prasetyo | ||||||
Date Deposited: | 03 Mar 2023 13:41 | ||||||
Last Modified: | 03 Mar 2023 13:41 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/47761 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |