Jannah, Miftakhul (2014) Penerapan Metode Make A Match untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS terpadu kelas VIII di MTS Al-Fatah Kedung Pandan Jabon Sidoarjo. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
10130076.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Pendidikan memegang peranan penting dalam meningkatkan sumber daya manusia yang berkualitas, dan pendidikan juga dapat mendukung tercapainya pembangunan nasional. Untuk dapat mewujudkan pembangunan nasional melalui pendidikan perlu pemberdayaan manusia yang berkualitas.Untuk mencapainya, pendidikan harus adaptif terhadap perubahan jaman. Perwujudan masyarakat berkualitas tersebut menjadi tanggung jawab pendidikan, terutama dalam menyiapkan peserta didik menjadi subyek yang semakin berperan menampilkan keunggulan dirinya yang tangguh, kreatif, mandiri. Maka dari itu perlu adanya perbaikan dalam pembelajaran dengan menggunakan metode- metode yang tepat dan berfariasi, untuk mengatasi permasalahan yang ada didalam kelas.
Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) Untuk mengetahui penerapan metode pembelajaran make a match sehingga dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu kelas VIII A di MTs AL- FATAH Kedung Pandan Jabon Sidoarjo,(2) Untuk mengetahui hasil penilaian metode make a match dalam upaya meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu kelas VIII A di MTs -FATAH Kedung Pandan Jabon Sidoarjo.
Untuk mencapai tujuan di atas, digunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak tiga siklus penelitian. Instrument utama adalah peneliti sendiri, dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes tulis, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan cara direduksi, dipaparkan, dan ditarik kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode make a match dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa kelas VIII A MTs AL- FATAH Kedung Pandan Jabon Sidoarjo. Hal ini diperoleh dari hasil pengamatan motivasi dan prestasi belajar siswa pada tiap siklus. Hasil motivasi siklus I sebesar 57,46% sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan 74,23% dan pada siklus III meningkat menjadi 87,64%. Sedangkan pada prestasi belajar siswa meningkat pada siklus I mencapai 29%, siklus II mengalami peningkatan mencapai 80% dan siklus III meningkat mencapai 97 %. Peningkatan ini dibuktikan dengan prestasi siswa dalam memahami materi dengan menggunakan metode make a match.
ABSTRACT
The Education plays an important role in improving the quality of human resources, and education can also support the achievement of national development. In order to realize the national development through education needs quality human empowerment. To achieve this, education must be adaptive to changing times. Embodiments of the community is the responsibility of the quality of education, especially in preparing students to be the subject of an increasingly instrumental to show his superiority tough, creative, independent. Hence there is need for improvement in learning by using appropriate methods and varied, to overcome the existing problems in the classroom.
The purpose of this study was to (1) To determine the application of learning methods make a match so as to increase motivation and student achievement in social studies class VIII A Integrated MTs Fatah Kedung Pandan Jabon Sidoarjo, (2) To determine the results of the assessment methods make a match in an effort to increase student motivation and achievement in social studies class VIII Integrated A-Fatah MTs Kedung Pandan Jabon Sidoarjo.
To achieve the above objectives, the study used a qualitative approach with classroom action research conducted by three research cycles. The main instrument is the researcher's own, and data collection techniques used were observation, interviews, written tests, and documentation. Data were analyzed by means of reduced, presented, and the conclusions drawn.
The results showed that the application of the method make a match can increase student motivation and learning achievement of class VIII A Fatah MTs Kedung Pandan Jabon Sidoarjo. It is derived from observations of motivation and student achievement in each cycle. The results of the first cycle of motivation 57.46%, while in the second cycle increased 74.23% and the third cycle increased to 87.64%. While in increased student achievement in the first cycle reaches 29%, the second cycle increased to 80% and the third cycle increased to 97%. This is evidenced by an increase in student achievement in understanding the material by using a make a match.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Rahmaniah, Aniek | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Metode Make a Match, Motivasi; Prestasi Belajar; Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial; Make a Match Method; Motivation; Achievement; Social Science Subjects | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Koko Prasetyo | ||||||
Date Deposited: | 03 Mar 2023 13:41 | ||||||
Last Modified: | 03 Mar 2023 13:41 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/47759 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |