Maksum, Moh. Ali (2011) Pengaruh Kecerdasan Spiritual dan Motivasi Belajar terhadap prestasi belajar santri Pondok Pesantren Salafiyah Al-Huda Ngadirejo Kota Kediri. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
07410067.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (814kB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Kecerdasan spiritual dan motivasi belajar merupakan hal yang sangat penting dalam proses belajar mengajar, apabila peserta didik dibekali dengan kecerdasan spiritual dan motivasi belajar yang tinggi maka akan sangat membantu. Diantaranya dapat meningkatkan semangat dalam mencapai prestasi, sehingga hambatan hambatan dalam belajar bisa diatasi. Dengan cara belajar yang sungauh- sungguh, berusaha belajar dengan sebaik mungkin, sehingga tercipta insan akademisi yang penuh semangat dan gigih untuk mencapai keberhasilan.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh kecerdasan spiritual dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar santri diniyah ponpes salafiyah Al-Huda Ngadirejo kota Kediri. Selain itu, penelitian ini juga untuk mengatahui tingkat kecerdasan spiritual, motivasi belajar, dan prestasi belajar pada santri diniyah ponpes salafiyah Al-Huda Ngadirejo kota Kediri. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif korelasional, dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan adalah metode skala psikologi (kuesioner), wawancara dan metode dokumentasi. Jumlah populasi yang dipakai dalam penelitian ini sebanyak 110 santri diambil dari jenjang pendidikan Madrasah Diniyah, pengambilan sampel dengan menggunakan sampel populasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda.
Hasil penelitian yang telah dilakukan, yaitu (1) Tingkat Kecerdasan Spiritual pada santri diniyah ponpes salafiyah Al-Huda Ngadirejo kota Kediri, dengan kategori baik, pada kategori sedang sebanyak 47,30% kemudian dengan kategori tinggi 52,70%. (2) Tingkat Motivasi Belajar pada santri diniyah ponpes salafiyah Al- Huda Ngadirejo kota Kediri, dengan kategori cukup baik, dengan kategori sedang sebanyak 37,30% kemudian dengan kategori tinggi 62,70%. (3) Tingkat Prestasi Belajar pada santri diniyah ponpes salafiyah Al-Huda Ngadirejo kota Kediri, dengan kategori sangat baik, dengan kategori tinggi 100%. (4) Koefisien regresi kecerdasan spiritual sebesar −0,009 dengan p = 0,810 (p > 0,05) menandakan bahwa kecerdasan spiritual tidak mempunyai pengaruh terhadap prestasi belajar. (5) Koefisien regresi motivasi belajar sebesar0,014 dengan p = 0,664 (p > 0,05) menandakan bahwa motivasi belajar tidak mempunyai pengaruh terhadap prestasi belajar. (6) Tidak terdapat pengaruh antara kecerdasan spiritual dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar pada santri diniyah ponpes salafiyah Al-Huda Ngadirejo kota Kediri, karena menunjukkan hasil sebagai berikut : r = 0,002 dengan nilai p = 0,903 (p > 0,05).
ABSTRACT
Intelligence and motivation to learn is very important in teaching and learning, where learners equipped with spiritual intelligence and high motivation to learn that it will be very helpful. Among them can improve morale in the achievement, so that barriers can be overcome obstacles in learning. By way of learning sungauh really, trying to learn as well as possible, so as to create a passionate human being academics and persevere to achieve success.
The purpose of this study was to determine how the influence of spiritual intelligence and motivation of students learning achievement diniyah ponpes salafiyah Al-Huda Ngadirejo Kediri town. In addition, this study also to know the level of spiritual intelligence, motivation to learn, and learning achievement in students diniyah ponpes salafiyah Al-Huda Ngadirejo Kadiri town.
This study is a descriptive correlational study, using a quantitative approach. The method used is a method of psychological scale (questionnaire), interview and documentation methods. The population used in this study of 110 students drawn from Diniyah scool education, sampling by using a sample of the population. Analysis of the data used in this study using multiple regression analysis.
The research has been done, namely (1) Level Spiritual Intelligence at students diniyah ponpes salafiyah Al-Huda Ngadirejo Kadiri town, with both categories, the category of being as much as 47.30% and 52.70% with the high category. (2) Level Learning Motivation in students diniyah ponpes salafiyah Ngadirejo Huda Al-Kadiri town, with pretty good category, the category of being as much as 37.30% and 62.70% with the high category. (3) Learning Achievement Levels on students diniyah ponpes salafiyah Ngadirejo Huda Al-Kadiri town, with very good category, with a height of 100% category. (4) the regression coefficient of -0.009 spiritual intelligence with p = 0.810 (p> 0.05) indicates that spiritual intelligence has no effect on learning achievement. (5) motivation to learn the regression coefficient of 0.014 with p = 0.664 (p> 0.05) indicates that the motivation to learn does not have an influence on learning achievement. (6) There is no influence of spiritual intelligence and motivation of students learning achievement at diniyah ponpes salafiyah Al-Huda Ngadirejo Kediri town, because it shows the following results: r = 0.002 with p value = 0.903 (p> 0.05).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Nuqul, Fathul Lubabin | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Kecerdasan Spiritual; Motivasi Belajar; Prestasi Belajar; Santri; Spiritual Intelligence; Learning Motivation; Learning Achievement; Students. | ||||||
Subjects: | 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology | ||||||
Departement: | Fakultas Psikologi > Jurusan Psikologi | ||||||
Depositing User: | Adi Sucipto | ||||||
Date Deposited: | 03 Mar 2023 13:47 | ||||||
Last Modified: | 03 Mar 2023 13:47 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/47758 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |