Sari, Diajeng Ella Pawang (2014) Penerapan model pembelajaran Think Talk Write untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar Siswa Kelas VIII E pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 13 Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
10130075.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Komponen terpenting dalam dunia pendidikan adalah komponen guru. Guru harus dapat menguasai beberapa kompetensi, salah satunya adalah menggunakan variasi. Dan pada kenyataannya guru tidak banyak menggunakan variasi pada pembelajaran. Salah satu variasi yang dapat diterapkan adalah model pembelajaran think talk write khususnya pada mata pelajaran IPS.
Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mendeskripsikan proses perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Think Talk Write untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa kelas VIII E pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di SMPNegeri 13 Malang.
Untuk mencapai tujuan di atas, digunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas yang pada pelaksanaannya menggunakan tiga siklus. Instrumen kunci adalah peneliti sendiri sebagai pengajar dan guru sebagai pembimbing lapangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran think talk write dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa kelas VIII E pada mata pelajaran IPS. Hal ini dapat ditunjukan dengan hasil pengamatan motivasi dan prestasi belajar siswa tiap siklusnya. Pada siklus I hasil prosentase motivasi belajar sebesar 46,09% (cukup) sedangkan prosentase prestasi belajar sebesar 76,07& (baik). Kemudian pada siklus II mengalami peningkatan motivasi belajar sebesar 55,31% (cukup) sedangkan prosentase prestasi belajar sebesar 85,10% (sangat baik), serta pada siklus III meningkat menjadi 68,12% (baik) dan pada prestasi belajar meningkat sebesar 94,07% (sangat baik).
ABSTRACT
The most important component is the component in teacher education. Teachers should be able to master some competencies, one of which is using a variation. And in fact the teacher was not much variation in the use of learning. One variation that can be applied is a learning model think talk write especially in social studies.
The purpose of this study was to: (1) describe the process of planning, implementation, and evaluation of learning by using learning model Think Talk Write to enhance student motivation and learning achievement of class VIII E on subjects of Social Sciences in State Junior High School 13 Malang.
To achieve the above objectives, the study used a qualitative approach with classroom action research on implementation using three cycles. Key instrument is the researcher himself as a teacher and the teacher as a field supervisor. Data collection techniques used were observation, interviews, and documentation.
The results showed that the application of learning models think talk write can improve motivation and learning achievement of class VIII E in social studies. This can be shown by the observations of motivation and student achievement each cycle. In the first cycle of learning outcomes motivation percentage of 46.09% (enough) while learning achievement of 76.07 percent and (good). Then on the second cycle increased motivation to learn by 55.31% (average), while the percentage of the learning achievement of 85.10% (excellent), and the third cycle increased to 68.12% (excellent) and the learning achievement increased by 94 , 07% (very good).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Pusposari, Luthfiya Fathi | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Model Think Talk Write; Motivasi Belajar; Prestasi Belajar; Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial; Think Talk Write Model; Learning Motivation; Achievement; Social Science Subjects | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Koko Prasetyo | ||||||
Date Deposited: | 03 Mar 2023 13:39 | ||||||
Last Modified: | 03 Mar 2023 13:39 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/47756 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |