Ayu, Puput Aditya (2014) Peningkatan kemampuan berpikir kritis melalui model pembelajaran Pbl (Problem Based Learning) pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas X-B di SMA Ar-Rohmah Putri “Boarding School” Dau Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
10130072.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Era pengetahuan yang sedang kita alami dan hadapi ini, memiliki karakter terobosan-terobosan baru dalam bidang pengetahuan dan teknologi. Para pemelajar kita membutuhkan lebih dari sesuatu yang kita bisa berikan dengan pendekatan yang berpusat pada peserta didik. Yakni, pendekatan yang dapat memberikan bekal kompetensi, pengetahuan dan serangkaian kecakapan yang mereka butuhkan dari waktu ke waktu. Dan salah satu metode yang banyak diadopsi untuk menunjang pendekatan pembelajaran yang memberdayakan pemelajar adalah metode Problem Based Learning.
Tujuan penelitian ini adalah untuk Mendeskripsikan bagaimana proses perencanaan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X B SMA Ar-Rohmah Putri “Boarding School” Dau Malang, Mendeskripsikan bagaimana proses pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X B SMA Ar-Rohmah Putri “Boarding School” Dau Malang, Mendeskripsikan bagaimana hasil penilaian pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X B SMA Ar-Rohmah Putri “Boarding School” Dau Malang
Untuk mencapai tujuan di atas, digunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus penelitian. Instrumen utama adalah peneliti sendiri dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara serta dokumentasi. Data dianalisis, direduksi, dipaparkan kemudian ditarik kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model belajar Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas X B pada mata pelajaran Ekonomi di SMA Ar Rohmah Putri “Boarding School” Dau Malang. Hal ini diperoleh dari hasil pengamatan berpikir kritis siswa pada tiap siklus. Pada siklus I hasil prosentase berpikir kritis siswa sebesar 72,8% (cukup), kemudian pada siklus II meningkat menjadi 83,6% (baik) atau mengalami peningkatan sebesar 10,8%.
ABSTRACT
The knowledge era that we are experiencing and facing this, has the character of new breakthroughs in the field of science and technology. The learners we need more than anything that we can provide with an approach centered on the learner. Namely, the approach can provide supplies of competence, knowledge and skill set they need from time to time. And one of the many methods adopted to support learning approach that empowers learners is Problem Based Learning method.
The purpose of this study is to describe how the planning process of learning by using learning model PBL (Problem Based Learning) to improve students' critical thinking skills on economic subjects High School class XB Ar- Rahmah Princess "Boarding School" Dau Malang, describe how the implementation process learning by using learning model PBL (Problem Based Learning) to improve students' critical thinking skills on economic subjects High School class XB Ar-Rahmah Princess "Boarding School" Dau Malang, describe how the results of assessment of learning using learning model PBL (Problem Based Learning) to improve students' critical thinking skills on economic subjects High School class XB Ar-Rahmah Princess "Boarding School" Dau Malang
To achieve the above objectives, the study used a qualitative approach with classroom action research conducted as many as two-cycle research. The main instrument is the researcher's own, and data collection techniques used were observation, interview and documentation. Data were analyzed, reduced, and then drawn conclusions presented.
The results showed that the application of the learning problem based learning can enhance students' critical thinking skills class XB on Economic subjects in high school Ar-Rahmah Princess "Boarding School" Dau Malang. It is derived from the observation of students' critical thinking in each cycle. In the first cycle, the percentage of students' critical thinking results of 72.8% (enough), then the second cycle increased to 83.6% (good) or an increase of 10.8%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Mustikawan, Alfin | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Model Pembelajaran Problem Based Learning; Berpikir Kritis; Mata Pelajaran Ekonomi; Models of Learning Problem Based Learning; Critical Thinking; Economics Subjects | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Koko Prasetyo | ||||||
Date Deposited: | 03 Mar 2023 13:40 | ||||||
Last Modified: | 03 Mar 2023 13:40 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/47733 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |