Mucksin, Mucksin (2014) Pemberian reward untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi materi sistem dan slat pembayaran kelas X-MIA (Matematika dan Ilmu Alam) 1 SMA Negeri 3 Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
10130067.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Dalam melakukan penilaian, kebanyakan guru-guru di sekolah hanya memberikan nilai pada akhir pembelajaran. Begitu juga dalam proses pembelajaran guru masih belum terbiasa memberikan reward (penghargaan) terhadap tingkah laku peserta didik yang baik. Sebaliknya, guru sering memberikan komentar negatif atau perlakuan yang kurang baik terhadap tingkah laku peserta didik yang salah. Tentunya hal ini akan berdampak negatif bagi perkembangan kepribadian peserta didik itu sendiri. Reward (Penghargaan) adalah alat pendidikan yang menyenangkan, reward (penghargaan) tidak hanya berupa benda, melainkan dapat berupa kata-kata, kalimat, isyarat dan poin plus. Dengan berbagai macam reward tersebut peserta didik akan merasa senang, bangga, dan semangat dalam belajar. Pendidikan karakter dalam Kurikulum 2013 bertujuan untuk meningkatan mutu proses dan hasil pendidikan, yang mengarah pada pembentukan budi pekerti dan akhlak mulia peserta didik secara utuh, terpadu dan seimbang, sesuai dengan kompetensi lulusan pada setiap satuan pendidikan.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses perencanaan, pelaksanaan, dan hasil Pemberian Reward dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Ekonomi Materi Sistem dan Alat Pembayaran Kelas X- MIA 1 SMAN 3 Malang.
Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data antara lain: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun tahapan penelitian ini berupa siklus yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi, dan dilaksanakan dalam tiga siklus. Tiap siklus terdapat dua kali pertemuan. Data dianalisis dengan cara mereduksi data, memaparkan data dan menarik kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi teknik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pemberian Reward dapat Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi kelas X- MIA 1 SMAN 3 Malang. Hasil observasi dan wawancara menunjukkan bahwa pada siklus I siswa sangat tertarik dengan adanya nilai plus, dengan prosentase motivasi sebesar 47,14%. Kemudian siklus II dengan adanya reward yang bervariasi siswa sangat semangat dan antusias dalam mengikuti pelajaran, dengan prosentase motivasi sebesar 66,64% begitu juga pada siklus III mereka terpicu dengan adanya reward sehingga berlomba-lomba untuk menjadi yang terbaik. Mereka merasa bangga, senang, dan termotivasi. Dengan prosentase motivasi sebesar 82,62%. Peningkatan ini berdampak positif pada hasil belajar mereka.
ABSTRACT
Most of the teachers at the school only gives value to the end of the lesson In conducting the assessment. So also in the process of learning the teacher is still not accustomed to give a reward (award) on the behavior of learners is good. In contrast, teachers often give negative comments or unfavorable treatment on behavior of learners is wrong. Obviously this will negatively affect the personality development of the students themselves. Reward (Award) is a fun educational tool, reward (award) not only objects, but can form words, sentences, and cue points plus. With such a wide variety of rewards learners will feel happy, proud, and in the spirit of learning. Character education in the curriculum in 2013 aims to improve the quality of educational processes and outcomes, which leads to the formation of good character and noble character of students as a whole, integrated and balanced, according to the competence of graduates at any educational institution.
The purpose of this study is to describe the process of planning, implementation, and results of Giving Reward in Increasing Student Motivation Subject Matter of Economics and Payment Systems X-MIA Class 1 SMAN 3 Malang.
The researcher used a qualitative approach with classroom action research (CAR). Techniques used in data collection include: observation, interviews, and documentation. The stages of this research is a cycle that includes planning, implementation, observation, and reflection, and implemented in three cycles. Each cycle there are two meetings. Data were analyzed by means of data reduction, presented data and draw conclusions. Checking the validity of the data using triangulation techniques.
The results showed that the granting of Reward Motivation to Improve Student Learning in Economics Subjects MIA class X-1 SMAN 3 Malang. Observations and interviews show that in the first cycle students are very interested in the presence of a plus, with a percentage of 47.14% motivation. Then the second cycle with varying reward students very spirit and enthusiasm in following subjects, with the percentage of 66.64% motivation as well as on their third cycle is triggered by the presence of rewards that are competing to be the best. They feel proud, happy, and motivated. With motivation percentage of 82.62%. This increase had a positive impact on their learning outcomes.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Bashith, Abdul | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Reward; Motivasi belajar; Reward; motivation to learn | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Koko Prasetyo | ||||||
Date Deposited: | 03 Mar 2023 13:35 | ||||||
Last Modified: | 03 Mar 2023 13:35 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/47724 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |