Khabib, Moch (2014) Implementasi Media Surfer untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada materi Peta, Atlas dan Globe di kelas VII-C MTS Hidayatul Mubtadi’in Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
10130061.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Pendidikan adalah usaha sadar untuk menumbuh kembangkan potensi sumber daya manusia (SDM) melalui kegiatan pembelajaran. Dalam proses pembelajaran, terdapat beberapa komponen penting yang harus terpenuhi yang bertujuan meningkatkan kualitas belajar mengajar, salah satunya yaitu media pembelajaran. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi semakin mendorong upaya-upaya pembaharuan dalam pemanfaatan hasil-hasil teknologi dalam proses belajar termasuk penggunaan media-media pembelajaran yang baru. Media pembelajaran selain untuk membantu proses penyampaian materi terhadap siswa, juga berfungsi untuk menarik perhatian serta minat belajar siswa. Dewasa ini zaman semakin berkembang, dimana anak-anak lebih tertarik dan cepat faham dengan hal-hal yang berhubungan dengan teknologi. Surfer adalah salah satu media pembelajaran baru yang berbasis teknologi, yaitu sebuah aplikasi yang digunakan dalam membuat peta kontur yang cocok diterapkan pada meteri peta, atlas dan globe yang ada dalam mata pelajaran IPS SMP kelas VII semester genap.
Proses pengumpulan data dalam penelitian ini menggunkana metode observasi, wawancara, dan dokumentasi yang langsung dilakukan di lapangan. hasil Penelitian menujukan bahwa, (1) proses perencanaan implementasi media surfer untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada materi peta, atlas dan globe di kelas VII-C MTs Hidayatul Mubtadi’in Malang dibuat setelah peneliti mengetahui karakteristik siswa kelas VII-C di MTs Hidayatul Mubtadi’in Malang yang disesuaikan dengan tujuan pembelajaran.(2) proses implementasi media surfer untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada materi peta, atlas dan globe di kelas VII-C MTs Hidayatul Mubtadi’in Malang berjalan dengan baik dan memberikan pengalaman baru kepada siswa sehingga siswa bersemangat mengikuti proses pembelajaran. dalam prose pimplementasi media surfer(3) proses dan hasil penilaian implementasi media surfer untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada materi peta, atlas dan globe di kelas VII-C MTs Hidayatul Mubtadi’in Malang dilakukan stiap kali proses pembelajaran berlangsung, yaitu melalui lembar observasi motivasi, post test dan juga penilaian hasil produk. Peningkatan dapat diamati ari hasil lembar observasi motivasi yang menunjukan peningkatan motivasi belajar siswa pada tiap siklusnya, yaitu pada pre test sebesar 1,8, pada siklus I sebesar 2,3, pada siklus II sebesar 3 dan pada siklus III sebesar 3,6.
ABSTRACT
The Education is a conscious effort to develop the potential of human resources (HR) through learning activities. The learning process, there are several important components that must be fulfilled which aims to improve the quality of teaching and learning, one of which is a medium of learning. Developments in science and technology will encourage reform efforts in the utilization of technology in the learning process, including the use of media - new media learning. Instructional media in addition to assist the process of delivering the material to the students, it also serves to attract the attention and interest of student learning. Today the growing age, where children are more interested in a quick and familiar with matters related to technology. Surfer is one of the new media - based learning technologies , namely an application that is used in making a suitable contour map is applied to the material maps, atlases and globes is in junior high school social studies class VII semester.
The process of data collection in this study using the method of observation, interviews, and documentation is performed directly in the field. Research results addressing that, (1) the implementation of media planning surfer to increase student's motivation on the material maps, atlases and globes in class VII - C MTs Hidayatul Mubtadi'in Malang made after researchers investigate the characteristics of class VII - C MTs Hidayatul Mubtadi'in Malang tailored to the learning objectives. (2) the implementation process surfers media to increase student's motivation in material maps, atlases and globes in class VII - C MTs Hidayatul Mubtadi'in Malang run well and provide new experiences that the students excited following the learning process . in the implementation process media surfer ( 3 ) process and outcomes assessment implementation surfers media to increase student motivation on the material maps , atlases and globes in class VII-C MTs Hidayatul Mubtadi'in Malang performed whenever the learning process takes place, ie through observation sheet motivation, post-test and assessment results of the product. Improved results can be observed from motivation observation sheet which shows an increase in student motivation in each cycle, namely the pre-test of 1.8, the first cycle of 2, 3, in the second cycle of 3 and the third cycle of 3.6
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Rasmianto, Rasmianto | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Media Surfer; Motivasi Belajar; Pata; Atlas dan Globe; Media Surfer; Motivation; Map; Atlas and Globe | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Koko Prasetyo | ||||||
Date Deposited: | 03 Mar 2023 13:39 | ||||||
Last Modified: | 03 Mar 2023 13:39 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/47706 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |