Sa’ada, Kamila (2013) Implementasi Kegiatan Live in Sosial dalam Pembentukan Karakter Siswa Kelas XI di SMA Kolose de Britto Yogyakarta. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
09130105.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (7MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Semakin canggihnya teknologi di Indonesia, tidak membuat bangsa kita menjadi bangsa yang berintelek, namun menjadikan bangsa kita semakin konsumtif dan bebas. Pendidikan karakter di Indonesia adalah salah satu konsep untuk menanamkan moral dan karakter bangsa. Munculnya teknologi yang semakin canggih mengakibatkan mudahnya keluar masuk pengaruh dari dunia barat, masyarakat kita tidak begitu memenfaatkan teknologi dengan sewajarnya, namun lebih pada hal-hal yang kurang bermanfaat. Hal ini mengakibatkan memudarnya karakter bangsa akibat masyarakat kurang memfilter budaya yang masuk dari barat baik itu melalui jejaring internet maupun televisi.
Kajian dan pembahasan skripsi ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui latar belakang diadakannya kegiatan live in sosial di SMA Kolese De Britto Yogyakarta (2) Mendeskripsikan implementasi kegiatan live in sosial yang diterapkan pada siswa kelas XI di SMA Kolese De Britto Yogyakarta (3) Mengetahui hasil dari penerapan kegiatan live in sosial dalam pembentukan karakter pada siswa kelas XI di SMA Kolese De Britto Yogyakarta (4) Mengetahui perubahan apa saja yang akan terjadi jika kegiatan live in sosial diterapkan pada siswa kelas XI di SMA Kolese De Britto Yogyakarta.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, dengan teknik analisis deskriptif kualitatif pula, yaitu berupa pemaparan dan penggambaran secara menyeluruh tentang keadaan yang sebenarnya mengenai data-data terkait, baik yang tertulis maupun lisan dari objek penelitian yang ada di lembaga tersebut. Dalam proses pengumpulan data, penulis menggunakan beberapa metode, yaitu metode observasi, interview/wawancara dan dokumentasi. Untuk mendukung pemaparan data, penulis juga menyertakan berbagai lampiran yang terkait dengan penelitian ini.
Hasil penelitian yang dilakukan penulis dapat disampaikan disini bahwa implementasi kegiatan live in sosial dalam pembentukan karakter kelas XI di SMA Kolese De Britto pada tahun ajaran 2012/2013 terdapat beberapa nilai-nilai karakter yang diterapkan dalam kegiatan tersebut antara lain: Pertama, membentuk siswa menjadi pemimpin yang humanis, melayani, berani berjuang bagi sesama, dan berwawasan kebangsaan, serta menghayati nilai-nilai luhur bangsa Indonesia. Kedua, siswa menjadi pribadi yang berkembang serta utuh, optimal dan seimbang. Ketiga, siswa menjadi pribadi yang jujur, disiplin, mandiri, kreatif dan mau bekerja keras. Kegiatan ini secara umum telah berhasil membentuk karakter siswa kelas XI sesuai dengan visi dan misi sekolah, hal ini bisa dilihat dari perubahan sikap dan catatan refleksi yang dibuat oleh peserta.
ABSTRACT
The technological advance in Indonesia does not seem enough to produce the intellectual person but it brings the nation to become a consumptive and free community. Character building for Indonesian is a concept to internalize moral and character of the nation. More advancing technology has facilitated the penetration of western world into Indonesia. The worse is that Indonesian is not using this technology appropriately, but only concerning with less benefiting matters. It forces the national character into the fade area because people fail to filter the western culture which is incoming from internet network or television.
The review and the discussion within this paper are aimed: (1) to understand the background of Live-in-Social Activity at SMA Kolese De Britto Yogyakarta, (2) to describe the implementation of Live-in-Social Activity to Grade XI Students at SMA Kolese De Britto Yogyakarta, (3) to figure out the result of the Live-in-Social Activity for character building for Grade XI Students at SMA Kolese De Britto Yogyakarta, and (4) to recognize the change if Live-in-Social Activity is applied to Grade XI Students at SMA Kolese De Britto Yogyakarta.
Qualitative descriptive approach is used. The analysis technique is also qualitative descriptive which involves a comprehensive exposition and description about the actual condition of data, either in the written or oral forms, of the object in the organization. For data collection process, the author uses several methods, such as observation, interview and documentation. To support the data exposition, some enclosures related to this research are given.
Result of research indicates that the implementation of Live-in-Social Activity for character building for Grade XI Students at SMA Kolese De Britto Yogyakarta in education year of 2012/2013 has produced character values in this activity. First, the students are prepared to become a humanist, servitude, and courageous leader who will struggle for other interest with nationalism and respect to Indonesia national noble values. Second, the students are managed into a developed, cohesive, optimum and balanced person. Third, the students are internalized with characters of honesty, discipline, self-support, creative and hard-work. This activity has been successfully establishing the character of Grade XI students based on vision and mission of school. It may be seen from the change of attitude and reflection of students.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Ali, Nur | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Kegiatan Live in sosial dan Pembentukan Karakter. Live-in-Social Activity and Character Building | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 02 Mar 2023 10:52 | ||||||
Last Modified: | 02 Mar 2023 10:52 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/47700 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |