Upaya pembinaan akhlakul karimah siswa di SMK Widya Dharma Turen Malang

Marngali, Marngali (2008) Upaya pembinaan akhlakul karimah siswa di SMK Widya Dharma Turen Malang. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Islam Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
04110120.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (802kB) | Preview

Abstract

Pembinaan dalam artian secara praktis adalah suatu usaha dan upaya yang dilakukan secara sadar terhadap nilai-nilai yang dilaksanakan oleh orang tua, pendidik atau tokoh masyarakat dengan metode tertentu baik secara personal (perorangan) maupun secara lembaga yang merasa punya tanggung jawab terhadap perkembangan peserta didik atau generasi penerus bangsa dalam rangka menanamkan nilai-nilai dasar kepribadian dan pengetahuan yang bersumber pada ajaran agama Islam untuk dapat diarahkan pada sasaran dan tujuan yang ingin dicapai.

Materi akhlak adalah salah satu materi yang paling mendominasi dalam pembentukan kepribadiaan siswa. Apabila pemberian materi ini secara maksimal telah diupayakan oleh guru agama, seharuskanya bisa dipastikan akhlak peserta didik akan menjadi lebih baik. Namun ternyata terdapat kesenjangan antara harapan dan kenyataan. Hampir setiap hari kita mendengar di media elektronik dan cetak, kita bisa mendapatkan bukti-bukti yang mengarah pada terjadinya degadrasi moral, khususnya para remaja yang merupakan usia produktif bagi peserta didik. Dalam hal ini guru pendidikan agama Islam memegang peranan yang pertama dan utama dalam proses pembinaan akhlak peserta didiknya. Untuk keberhasilan proses pembinaan akhlak tersebut, maka seorang guru pendidikan agama Islam harus mampu menggunakan beberapa upaya atau metode dalam penyampaian materinya, khususnya materi akhlak. Berangkat dari latar belakang itulah, penulis ingin membahasnya dalam skripsi dan mengambil judul “Upaya Pembinaan Akhlakul Karimah Siswa Di SMK Widya Dharma Turen Malang”

Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat penyimpangan akhlak siswa, untuk mengetahui upaya dalam pembinaan akhlak siswa, baik ditinjau dari kendala-kendala yang di hadapi dalam pembinaan akhlakul karimah siswa. Penelitian yang penulis lakukan ini adalah termasuk dalam penelitian kualitatif deskriptif, serta dalam perjalanan pengumpulan data, penulis menggunakan metode observasi, dokumentasi, dan wawancara. Sedangkan untuk analisisnya, penulis menggunakan tekhnik analisis deskriptif kualitatif, yaitu: berupa data-data yang tertulis atau lisan dari orang dan perilaku yang diamati sehingga dalam hal ini penulis berupaya mengadakan penelitian yang bersifat menggambarkan secara menyeluruh tentang keadaan yang sebenarnya.

Dari hasil penelitian yang penulis lakukan, maka upaya pembinaan akhlakul karimah siswa, melalui proses pendidikan dapat dilakukan melalui kegiatan intern yaitu kegiatan belajar mengajar melalui kurikulum yang ada. sedangkan ekstern pembinaannya melalui kegiatan-kegiatan keagamaan seperti, badan dakwah Islamiyah, peringatan hari besar Islam. Dan usaha yang dilakukan oleh para guru pendidikan agama Islam adalah merupakan salah satu cara untuk membina ahklak siswa yang sudah merosot tersebut. Kalaupun masih ada altrnatif lain yang mungkin lebih baik dari apa yang telah disampaikan atau ditulis dalam skripsi ini, maka hal itu dapat dijadikan sebagai masukan atau tambahan agar skripsi ini terus berkembang dan tidak berhenti sampai disini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Yasin, Ahmad Fatah
Keywords: Upaya Pembinaan; Akhlakul Karimah Siswa
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Heni Kurnia Ningsih
Date Deposited: 08 Sep 2016 09:00
Last Modified: 08 Sep 2016 09:00
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/4770

Actions (login required)

View Item View Item