Riswanda, Rozi (2014) Implementasi media monopoli anak sosial untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IIPS terpadu di kelas VIII MTS Ma’arif Nu Sunan Ampel Mojokerto. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
10130060.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Media dan teknologi sebagai sarana pembelajaran yang efektif bagi peserta didik, banyak informasi yang dapat mereka peroleh dengan mudah dan cepat. Sehingga proses belajar mengajar dengan cepat dan mudah untuk dipahami. Oleh karena itu, maka penggunaan media pembelajaran dapat merangsang siswa untuk belajar. Monopoli Anak Sosial merupakan permainan yang menjadi media sosialiasi mata pelajaran IPS kepada siswa. Permainan ini juga sangat cocok dijadikan alternative media pengembangan IPS, hal itu sesuai dengan dimensi-dimensi pembelajaran IPS di sekolah, yaitu : ” knowledge, skills, attitudes and values, dan action”. Bentuk permainan ini berisi tentang strategi, kerja sama, permasalaham dan pengetahuan umum yang baik ketika dikembangkan.
Penelitian yang peneliti lakukan adalah penelitian jenis penelitian tindakan kelas, Penelitian ini dibagi menjadi empat tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaaan, observasi dan refleksi. Untuk memperoleh data yang diinginkan peneliti menggunakan teknik pengumpulan data berupa tes, obeservasi, wawancara dan dokumentasi.
Dari hasil analisis dapat disimpulkan sebagai berikut; (1) proses merencanakan pembelajaran dengan mengimplementasikan media Monopoli Anak Sosial untuk meningkatkan hasil belajar siswa dimulai dari perencanaan sebagai berikut; Merancang skenario pembelajaran sebanyak 2 siklus. Menentukan SK, KD dan indikator yang akan diajarkan Tentang materi pajak .Menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran tentang pokok bahasan pajak. Menyiapkan sumber, alat dan bahan yang digunakan dalam pembelajaran dengan media Monopoli Anak Sosial. Memberikan pre test untuk mengukur pemahaman siswa mengenai materi. Memberikan post test untuk mengukur pemahaman siswa mengenai materi. (2) proses pelaksanaan pembelajaran dengan mengimplementasikan media Monopoli Anak Sosial untuk meningkatkan hasil belajar dilakukan dengan menggunakan media Monopoli Anak Sosial, proses pembelajaran mengikuti langkah-langkah yang ada dalam rencana pembelajaran, peneliti mengamati semua kegiatan siswa selama mengikuti pelajaran. (3) penilaian proses dan hasil pembelajaran dengan mengimplementasikan media Monopoli Anak Sosial untuk meningkatkan hasil belajar dapat dinyatakan berhasil untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Hal tersebut dinyatakan dalam hasil data yang diperoleh yaitu pada pre tes siswa mendapat nilai rata-rata 67,21, pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 73,84 atau meningkat 9,86%, pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 80,11 atau meningkat 19,19 %.
ABSTRACT
Media and technology as an effective learning tool for students, a lot of information they can get easily and quickly. So that the learning process quick and easy to understand. Therefore, the use of instructional media can stimulate students to learn. Monopoly Child Social is a game that became a media socialization social studies to students. The game is also very suitable alternative media IPS development, it is in accordance with the dimensions of learning social studies in schools, namely: "knowledge, skills, attitudes and values, and action". The form of the game is about strategy, cooperation, issues and good general knowledge when it is developed.
the Research did was classroom action research study, this study is divided into four phases: planning, Action Reviews, observation and reflection. To obtain the desired data researchers used data collection techniques such as testing, observation, interview and documentation.
The results analysis can be summarized as follows; (1) the process of learning plan to implement Social Media Monopoly Son to improve student learning outcomes from the planning stage as follows; Designing learning scenarios as much as 2 cycles. Determining the Competency Standards, Basic Competence and indicators that will be taught on a tax matter. Develop a lesson plan on the subject of taxes. Preparing sources, tools and materials used in teaching the Social Media Monopoly Son. Provide pre-test to measure students' understanding of the material. Provide post-test to measure students' understanding of the material. (2) the implementation of the learning process by implementing Social Media Monopoly Son to improve learning outcomes is done by using Social Media Monopoly Child, learning to follow the steps in the lesson plan, researchers looked at all the activities of students during the lesson. (3) assessment of learning processes and outcomes by implementing Social Media Monopoly Son to improve learning outcomes can be expressed successfully to improve student learning outcomes. It was stated in the results of the data obtained in the pre-test students scored average values 67.21, in the first cycle is obtained mean value 73.84, up 9.86%, the second cycle of the average values obtained 80, 11, an increase of 19.19%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Mubarok, Zulfi | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Media Monopoli Anak Sosial; Hasil Belajar; Pajak; Social Media Monopoly Child; Learning Outcomes; Tax | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Koko Prasetyo | ||||||
Date Deposited: | 02 Mar 2023 09:47 | ||||||
Last Modified: | 31 Jul 2023 10:10 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/47698 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |