Zulkarnain, Muhammad Ilham (2014) Perbedaan prestasi belajar mata pelajaran IPS terpadu Siswa Kelas VII MTS Negeri Batu berdasarkan tempat tinggal. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
10130059.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Untuk mencapai tujuan pendidikan diperlukan keselarasan, keserasian, dan keseimbangan ilmu pengetahuan agama dan ilmu pengetahuan umum. Ilmu pengetahuan agama dapat membentuk manusia yang beriman dan bertaqwa kepada tuhan yang maha esa, sedangkan ilmu pengetahuan dapat meningkatkan kemampuan, keterampilan dan produktivitas manusia. Setiap manusia yang lahir didunia ini telah diberi bekal oleh Allah SWT sebagai modal yang harus dimaksimalkan untuk mencapai puncak prestasi. Modal tersebut berupa akal yang luar biasa, indera penglihatan, pendengaran bahkan seluruh organ tubuh manusia merupakan modal yang sangat besar untuk meraih kesuksesan dan prestasi. Penelitian ini yang bertujuan untuk, menjelaskan perbedaan prestasi belajar IPS Terpadu pada siswa MTs Negeri Kota Batu yang tinggal bersama orang tua dengan siswa yang tinggal di pondok pesantren.
Untuk mencapai tujuan tersebut, digunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian komparatif. Penelitian komparatif adalah penelitian yang diarahkan untuk mengetahui apakah antara dua atau lebih dari dua kelompok ada perbedaan dalam aspek atau variabel yang diteliti.
Hasli penelitian setelah dihitung melalui pengujian hipotesis diketahui nilai thitung sebesar 2,022 dengan signifikasi 0,048. Karena thitung lebih besar dari ttabel yaitu 1,876 pada konstanta 5% dan signifikasi yang menyertainya 0,05 maka hipotesisnya diterima. Dengan demikian, menunjukkan bahwa H0 di tolak dan Ha di terima. Hal ini menunjukkan bahwa prestasi belajar mata pelajaran IPS Terpadu siswa kelas VII MTs Negeri Batu yang tinggal bersama orang tua lebih baik dari pada siswa yang tinggal dipondok pesantren, walaupun dari segi prestasi belajar baik siswa yang tinggal bersama orang tua maupun siswa yang tinggal dipondok pesantren sama-sama memiliki nilai yang melebihi nilai KKM yang telah ditentukan.
ABSTRACT
To achieve the goal of education is needed harmony, harmony, and balance the religious sciences and general science. Science can shape human religious faithful and devoted to God almighty one, while science can enhance the capabilities, skills and human productivity. Every human being born in this world has been given by God as the provision of capital that must be maximized to achieve peak performance. Capital in the form of an incredible mind, the senses of sight, hearing and even whole organs of the human body is a very large capital for success and achievement. This study aimed to, explain the differences in learning achievement Integrated Social Science at the State Islamic Junior High School Batu Residence students who live with a parent with a student who lived in boarding school
The study used a quantitative approach type of comparative research to achieve these objectives. The study is a comparative study aimed to determine whether between two or more than two groups there are differences in the aspects or variables studied.
The results of the study as calculated by testing the hypothesis known tcount of 2.022 with 0.048 significance. Because tcount greater than t-table is 1.876 at a constant 5% and 0.05 significance attached to them then the hypothesis is accepted. Thus, indicating that H0 is rejected and Ha accepted. This shows that learning achievement Integrated social studies class VII State Islamic Junior High School Batu Residence who live with their parents better than the students who live in boarding school, although in terms of learning achievement of students who lived with both parents and students who stay in cottage boarding schools have the same value exceeds a predetermined value KKM.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Masruri, M. Hadi | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Prestasi; Tempat Tinggal; Achievement; Residence | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Koko Prasetyo | ||||||
Date Deposited: | 02 Mar 2023 09:46 | ||||||
Last Modified: | 02 Mar 2023 09:46 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/47693 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |