Nabila, Haniatin (2014) Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Spiritual (ESQ) terhadap prestasi belajar IPS kelas VII di SMP Islam Brawijaya Trowulan Mojokerto. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
10130052.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Dalam mencapai prestasi belajar yang diinginkan, tentunya terdapat beberapa kendala yang dihadapi oleh peserta didik. Kendala tersebut bisa berasal dari dalam diri seseorang maupun berasal dari lingkungan luar. Pembelajaran yang hanya berpusat pada kecerdasan intelektual tanpa menyeimbangkan sisi spiritual dan emosional akan menghasilkan generasi yang mudah putus asa, depresi, suka tawuran bahkan menggunakan obat-obat terlarang, sehingga banyak siswa yang kurang menyadari tugasnya sebagai seorang siswa yaitu tugas belajar. Kurangnya kecerdasan spiritual dan emosional dalam diri seorang siswa akan mengakibatkan siswa kurang termotivasi untuk belajar dan sulit untuk berkonsentrasi, sehingga prestasi belajar siswa akan menurun. Sementara itu, mereka yang hanya mengejar prestasi berupa nilai atau angka dan mengabaikan nilai spiritual, akan menghalalkan segala cara untuk mendapakan nilai yang bagus, mereka cenderung untuk bersikap tidak jujur.
Rumusan masalah penelitian ini adalah adakah pengaruh: (1) kecerdasan emosional (EQ) terhadap prestasi belajar IPS Terpadu Kelas VIII di SMP Islam Brawijaya Trowulan Kabupaten Mojokerto; dan (2) kecerdasan spiritual (SQ) terhadap prestasi belajar IPS Terpadu Kelas VIII di SMP Islam Brawijaya Trowulan Kabupaten Mojokerto. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis: (1) kecerdasan emosional (EQ) terhadap prestasi belajar IPS Terpadu Kelas VIII di SMP Islam Brawijaya Trowulan Kabupaten Mojokerto; dan (2) kecerdasan spiritual (SQ) terhadap prestasi belajar IPS Terpadu Kelas VIII di SMP Islam Brawijaya Trowulan Kabupaten Mojokerto.
Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah korelasional dengan dua variabel, yaitu kecerdasan emosiona dan spiritual (ESQ) (variabel bebas), dan prestasi belajar (variabel terikat). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII di SMP Islam Brawijaya Trowulan sebanyak 147 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik proporsional random sampling dengan mengambil sampel 20% tiap kelas, sehingga diperoleh jumlah sampel 40 siswa. Instrumen yang digunakan dalam memperoleh data adalah angket/kuesioner dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisa yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif, regresi linier sederhana, dan uji korelasional dengan uji Pearson Correlation.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) tidak ada pengaruh yang signifikan antara kecerdasan emosional (EQ) dengan prestasi belajar siswa kelas VII di SMP Islam Brawijaya Trowulan yang ditunjukkan dengan r = 0,040, dan (2) tidak ada pengaruh yang signifikan antara kecerdasan spiritual (SQ) dengan prestasi belajar siswa kelas VII di SMP Islam Brawijaya Trowulan yang ditunjukkan dengan r = 0,040.
ABSTRACT
In reaching learning achievement which is wanted, it is of course there are some obstacles which faced by students. The obstacles come from within someone self and also come from external environment. Learning which is only on intellectual intelligence centre without balancing the spiritual and emotional side will produce generation hopelessly, depressed, like brawl even using drugs, so that many students who are less aware of their duties as a student that is learning. Lack of spiritual and emotional intelligence within a student will result less motivate student to learn and difficult to concentrate, so that the student achievement will decline. Meanwhile, they who is only pursuing achievement number or value and disregard the spiritual value, will permit all way for getting good value, they tend to to be dishonest.
This research problem is there any influence : (1) ) emotional intelligence (EQ) on learning achievement of class VIII social science at Islamic junior high school Brawijaya Trowulan Mojokerto and (2) spiritual intelligence(SQ) on learning achievement of class VIII social science at Islamic junior high school Brawijaya Trowulan Mojokerto. The purpose of this research was to analyze: (1) emotional intelligence (EQ) on learning achievement of class VIII social science at Islamic junior high school Brawijaya Trowulan Mojokerto and (2) spiritual intelligence(SQ) on learning achievement of class VIII social science at Islamic junior high school Brawijaya Trowulan Mojokerto.
The research design which used in this research is correlational with two variables that are emosional and spiritual intelligence (ESQ) (independent variables), and learning achievement (dependent variable). The population of this research was student of class VII in Islamic Junior High School Brawijaya Trowulan counted 147 students. sampling technique using proportional random sampling by taking a sample of20% of each class, in order to obtain the sample of 40 students. The instruments which used in obtaining the data was a questionnaire and documentation. While the analysis techniques which used in this research is descriptive, simple linear regression, and correlation test with test of Pearson
Correlation.
The results of this research indicate that: (1) there is no significant influence between emotional intelligence(EQ) with learning achievement of class VII at Islamic Junior High School Brawijaya Trowulan indicated with r= 0.040, and(2) there is no significant influence between spiritual intelligence(SQ) with learning achievement of class VII at Islamic Junior High School Brawijaya Trowulan indicated with r= 0.040.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Masruri, M. Hadi | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Kecerdasan Emosional Dan Spiritual (ESQ); Prestasi Belajar; Emotional and Spiritual Intelligence (ESQ); Learning Achievement | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Koko Prasetyo | ||||||
Date Deposited: | 02 Mar 2023 09:45 | ||||||
Last Modified: | 02 Mar 2023 09:45 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/47682 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |