Fahrudin, Ria Nuzul (2014) Pengaruh pembelajaran IPS Terpadu berbasis pendidikan karakter terhadap kecerdasan emosi siswa di MTSN Panekan Magetan. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
10130048.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Seiring dengan perkembangan zaman mata pelajaran IPS Terpadu dikembangkan melalui pembelajaran secara terpadu. Melalui Pembelajaran terpadu peserta didik dapat memperoleh pengalaman langsung, sehingga dapat menambahkan kekuatan untuk menerima, menyimpan dan memproduksi kesan- kesan tantang hal-hal yang dipelajarinya. Selain itu sesuai dengan tujuan pendidikan nasional adalah mengembangkan potensi peserta didik untuk memiliki kecerdasan, kepribadian dan akhlak mulia sehingga nantinya akan lahir generasi bangsa yang tumbuh berkembang dengan karakter yang bernafas nilai-nilai luhur bangsa serta agama. Untuk mendukung terwujudnya hal tersebut kecerdasan emosi cukup berperan penting sebagai salah satu ranah efaktif dalam dunia pendidikan. Oleh karena itu pembelajaran yang dikembangkan secara terpadu dan mengandung nilai-nilai karakter tentu akan berpengaruh terhadap kecerdasan emsoi.
Tujuan penelitian ini adalah untuk (1)menjelaskan bagaimana penerapan pembelajaran IPS Terpadu berbasis pendidikan karakter di MTsN Panekan Magetan. (2)Tingkat kecerdasan emosi siswa (3)serta pengaruh pembelajaran IPS terpadu berbasis pendidikan karakter terhadap kecerdasan emosi siswa
Untuk mencapai tujuan di atas, penelitian ini menggunakan jenis eksplanatori dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VIII siswa MTsN Panekan tahun ajaran 2013/2014. Dengan menggunakan teknik random sampling maka di dapat sampel berjumlah 80 siswa.
Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat penerapan pembelajaran IPS Terpadu berbasis pendidikan karakter sudah bagus. Variabel pembelajaran IPS Terpadu berbasis pendidikan karakter berbengaruh secara signifikan terhadap kecerdasan emosi siswa. Hal tersebut dapat diperoleh persamaan Y= 1,849 + 0,584X dengan t.hitung (4,672) ≥ t.tabel (1,989) dan nilai signifikansinya 0,000 < 0,05. Jadi, Ho (ditolak) secara parsial X ( Pembelajaran IPS Terpadu Berbasis Pendidikan Karakter) berpengaruh signifikan terhadap Y (Kecerdasan Emosi) serta diperoleh F.hitung (40,423) > F.tabel (1,76) dan nilai signifikansinya 0,000 < 0,05. Jadi, Ho (ditolak) secara simultan X (Pembelajaran IPS Terpadu Berbasis Pendidikan Karakter) berpengaruh signifikan terhadap Y (Kecerdasan Emosi). Maka kesimpulanya secara parsial dan simultan pembelajaran IPS Terpadu berbasis pendidikan karakter berpengaruh signifikan terhadap kecerdasan emosi siswa kelas VIII di MTsN Panekan Magetan.
ABSTRACT
Along with the times Integrated social studies developed through learning in an integrated manner. Through an integrated learning students can gain hands-on experience, so it can add strength to accept, store and produce impressions challenged learned things. In addition, according to the national education goal is to develop the potential of learners to have intelligence, personality and noble character that will be born generation of people who grew up with the characters that breathe the noble values of the nation and religion. To support it enough emotional intelligence plays an important role as one of the effective sphere in the world of education. Therefore developed an integrated learning and contains character values will certainly affect the emotional intelligence.
The purpose of this study was to (1) explain how the application of learning- based IPS Integrated character education in MTsN Panekan Magetan. (2) The level of emotional intelligence of students (3) as well as the influence of the learning-based IPS integrated character education to students' emotional intelligence
To achieve the above objectives, this study used an explanatory type with a quantitative approach. The population in this study was a class VIII student of the school year 2013/2014 MTsN Panekan. By using the technique of random sampling in the sample can amount to 80 students.
The results showed that the rate of application of learning-based IPS Integrated character education is good. Variable learning-based IPS Integrated character education significantly affect students' emotional intelligence. This can be obtained by the equation Y = 1.849 + 0.584 X with t (4.672) ≥ t table (1.989) and the significance value 0.000 <0.05. So, Ho (rejected) by partial X (Integrated Social Learning-Based Character Education) significantly affects Y (Emotional Intelligence) and obtained F count (40,423)> F table (1.76) and the significance value 0.000 <0.05. So, Ho (rejected) simultaneous X (Integrated Social Learning- Based Character Education) significantly affects Y (Emotional Intelligence). Then the conclusion partially and simultaneously learning-based IPS Integrated character education significantly influence emotional intelligence eighth grade students in MTsN Panekan Magetan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Zainuddin, M | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Pembelajaran IPS Terpadu; Pendidikan Karakter; Kecerdasan Emosi; Integrated Social Learning; Character Education; Emotional Intelligence | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Koko Prasetyo | ||||||
Date Deposited: | 28 Feb 2023 10:01 | ||||||
Last Modified: | 19 Jun 2023 13:33 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/47509 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |