Haris, Mahdi (2014) Penerapan konstruktivistik dengan metode Inkuiri untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sosiologi kelas X MAN Malang II Batu. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
10130043.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Metode pembelajaran merupakan suatu cara mengajar yang sangat penting dipergunakan oleh seorang guru atau pendidik. Strategi yang diterapkan dikelas harus tepat dan menarik, agar pelajaran itu dapat diserap, mudah dipahami, dan dilaksanakan oleh siswa dengan baik. Sehingga semakin baik metode mengajar maka semakin mudah dan efektif untuk pencapaian tujuan yang diinginkan. Namun dalam kenyataannya, metode atau strategi mengajar yang digunakan dalam menyampaikan materi pembelajaran tidak tepat dan berbeda dengan cara yang ditempuh untuk mempermudah siswa dalam menguasai pengetahuan, keterampilan dan sikap (kognitif, psikomotorik, dan afektif). Sehingga diperlukan upaya dari guru dalam memilih dan menerapkan suatu metode yang lebih baik.
Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mendeskripsikan proses pelaksanaan pembelajaran yang menerapkan konstruktivistik dengan metode Inkuiri untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran sosiologi pada siswa kelas X 2 MAN Malang II Batu, (2) mendeskripsikan peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran sosiologi dengan menerapkan konstruktivistik dengan metode Inkuiri pada siswa kelas X 2 MAN Malang II Batu.
Untuk mencapai tujuan di atas, digunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus penelitian. Instrumen kunci adalah peneliti sendiri, dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes tulis. Data dianalisis dengan cara mereduksi data yang tidak relevan, memaparkan data, dan menarik kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) proses pelaksanaan pembelajaran yang menerapkan konstruktivistik dengan metode Inkuiri pada siswa kelas X 2 MAN Malang II Batu, berjalan dengan baik dan siswa lebih semangat dalam mengikuti pembeajaran, (2) proses pembelajaran yang menerapkan konstruktivistik dengan metode Inkuiri pada siswa kelas X 2 MAN Malang II Batu, secara kualitatif mampu meningkatkan antusias dan motivasi siswa dalam belajar, dan secara kuantitatif meningkatkan jumlah siswa yang tuntas belajar yang diketahui dari niai tes uji kompetensi siswa.
ABSTRACT
The learning method is an important way of teaching used by a teacher or educator. The strategy used in class must be precise and interesting, so that lessons can be absorbed, easily understood and implemented by students with both. So the better method of teaching, the more easily and effectively to the achievement of the desired goal. But in reality, teaching methods or strategies used in presenting the learning materials are not precise and different from the way in which to facilitate students in mastering the knowledge, skills and attitudes (cognitive, psychomotor, and affective). So that the necessary efforts of teachers in selecting and applying a better method.
The purpose of this study was to: (1) describe the process of implementation of constructivist learning apply to the inquiry method to improve learning outcomes in sociology subjects in class X 2rd State Islamic Senior High School II Batu Malang, (2) describe the learning outcome in subjects sociology by applying constructivist inquiry method in class X 2rd State Islamic Senior High School II Batu Malang.
To achieve the above objectives, the study used a qualitative approach with classroom action research conducted as many as two-cycle research. Key instrument is the researcher's own, and data collection techniques used were interviews, observation, documentation, and written tests. Data were analyzed by reducing irrelevant data, describing the data, and draw conclusions.
The results showed that, (1) the process of implementation of constructivist learning apply to the inquiry method in class X 2rd State Islamic Senior High School II Batu Malang, went well and the students more enthusiastic in participating in learning, (2) the process of applying constructivist learning with a method of inquiry in class X 2rd State Islamic Senior High School II Batu Malang, qualitatively able to increase the enthusiasm and motivation of students in learning, and quantitatively increase the number of students who pass the study were known from the competency test students' test scores.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Mujtahid, Mujtahid | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Konstruktivistik; Metode Inkuiri; Prestasi Belajar; Constructivistic; Methods of Inquiry; Learning Achievement | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Koko Prasetyo | ||||||
Date Deposited: | 28 Feb 2023 10:00 | ||||||
Last Modified: | 28 Feb 2023 10:00 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/47499 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |