Rochmah, Ainur (2014) Penggunaan Metode Card Sort untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kelas X Ma Yayasan Tarbiyah Islam Nguling Pasuruan. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
10130036.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Latar belakang dari penelitian ini adalah kurang maksimalnya keaktifan siswa dalam proses belajar mengajar khususnya mata pelajaran sejarah. Berdasarkan observasi yang dilakukan peneliti, ada beberapa faktor yang menyebabkan rendahnya tingkat keaktifan belajar siswa X MA Yayasan Tarbiyah Islam Nguling Pasuruan ini, yaitu: kebanyakan Siswa menganggap mata pelajaran sejarah merupakan mata pelajaran yang membosankan, jam pelajaran sejarah terdapat di akhir jam, penyampaian materi hanya menggunakan metode ceramah dan mengerjakan latihan soal, kurangnya penggunaan metode dan sarana prasarana dalam menunjang kegiatan belajar mengajar. Berdasarkan uraian tersebut, maka dapat dirumuskan masalah penelitian: (1) bagaimanakah pelaksanaan penggunaan metode card sort untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kelas X MA Yayasan Tarbiyah Islam Nguling Pasuruan?; (2) bagaimanakah hasil penggunaan metode card sort untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kelas X MA Yayasan Tarbiyah Islam Nguling Pasuruan?; (3) bagaimanakah efektifitas penggunaan metode card sort untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kelas X MA Yayasan Tarbiyah Islam Nguling Pasuruan?.
Untuk mencapai tujuan penelitian, digunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak tiga siklus. Instrumen kunci adalah peneliti sendiri dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Data dianalisis dengan cara mereduksi data yang tidak relevan, memaparkan data dan menarik kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pelaksanaan penggunaan metode card sort untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kelas X MA Yayasan Tarbiyah Islam Nguling Pasuruan dilakukan secara berkolaborasi antara peneliti dan guru dan mengalami perbaikan di siklus II dan III, (2) hasil penggunaan metode card sort untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kelas X MA Yayasan Tarbiyah Islam Nguling Pasuruan, secara kualitatif mampu meningkatkan keaktifan belajar siswa dalam aspek partisipasi, kerja sama, dan keseriusan siswa, dan secara kuantitatif meningkatkan jumlah siswa yang tuntas belajar, (3) Efektifitas penggunaan metode card sort untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kelas X MA Yayasan Tarbiyah Islam Nguling Pasuruan ini sangat cocok diterapkan.
ABSTRACT
Background of this study is the lack of active students in the learning teaching process especially in the history lesson. Based on observation that is done by researcher, there are several factors cause low level of active learning’s students at X MA Yayasan Tarbiyah Islam Nguling Pasuruan, that is most of them consider that history is bored lesson, its schedule is at the last time, explanations only use lecture method and do questions, the lack of method use and tool and infrastructure in supporting learning teaching activity. Based on these problems, there are some research questions: (1) How does implementation card sort method’s use improve active learning students on history lesson at X grade of MA Yayasan Tarbiyah Islam Nguling Pasuruan?; (2) How is the result of card sort method’s use to improve active learning students on history lesson at X grade of MA Yayasan Tarbiyah Islam Nguling Pasuruan?; (3) How does the effectiveness of card sort method’s use improve active learning students on history lesson at X grade of MA Yayasan Tarbiyah Islam Nguling Pasuruan?.
To gain the goals of this study, it uses qualitative approach with the kind of class action research (PTK) that is conducted three times. The main instrument of this study is researcher itself and data collection gained from observation, interview, documentation, and test. Data analysis use data reduction by reducing irrelevant data, then describe and take conclusion.
The result of this study shows that: (1) Implementation of card sort method’s use improve active learning students on history lesson at X grade of MA Yayasan Tarbiyah Islam Nguling Pasuruan conducted in collaboration between researcher and teacher and having improvement in the second and third cycle, (2) The result of card sort method’s use improve active learning students on history lesson at X grade of MA Yayasan Tarbiyah Islam Nguling Pasuruan qualitatively can improve learning active students in aspects of participation, cooperative, and students’ seriousness and quantitatively improve the number of complete learning students, (3) The effectiveness of using card sort method to improve active learning students on history lesson at X grade of MA Yayasan Tarbiyah Islam Nguling Pasuruan is very appropriate to be implemented.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Rahmaniah, Aniek | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Metode Card Sort; Keaktifan Belajar; Mata Pelajaran Sejarah; Card Sort Method; Active Learning; History Lesson | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Koko Prasetyo | ||||||
Date Deposited: | 27 Feb 2023 13:17 | ||||||
Last Modified: | 27 Feb 2023 13:17 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/47453 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |