Fitroh, Ika Rosalina (2013) Penerapan metode Small Group Discussion untuk meningkatkan hasil belajar kegiatan perekonomian indonesia pada siswa kelas VIII E di SMP Nahdatul Ulama’ Bululawang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
09130018.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
edukatif mewarnai interaksi yang terjadi antara guru dengan siswa. Interaksi yang bernilai edukatif dikarenakan kegiatan belajar mengajar yang dilakukan, diarahkan untuk mencapai tujuan tertentu yang telah dirumuskan sebelum pembelajaran dilakukan. Dalam penelitian ini memfokuskan bagaimana hasil belajar siswa setelah penerapan Metode Small Group Discussion pada Kegiatan Perekonomian Indonesia di kelas VIII E SMP Nahdatul Ulama’ Bululawang. Small Group Discussion dilakukan dengan membagi siswa dalam kelompok- kelompok. Jumlah anggota kelompok antara 3-5 orang. Pelaksanaannya dimulai dengan guru menyajikan permasalahan secara umum, kemudian masalah tersebut dibagi-bagi ke dalam submasalah yang harus dipecahkan oleh setiap kelompok kecil. Setelah diskusi dalam kelompok kecil, ketua atau perwakilan kelompok menyajikan hasil diskusinya.
Tujuan dilakukan penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan perencanaan metode Small Group Discussion untuk meningkatkan hasil belajar kegiatan perekonomian Indonesia pada siswa kelas VIII E di SMP Nahdatul Ulama’ Bululawang, (2) untuk mendeskripsikan penerapan metode Small Group Discussion untuk meningkatkan hasil belajar kegiatan perekonomian indonesia pada siswa kelas VIII E di SMP Nahdatul Ulama’ Bululawang, (3) untuk mendeskripsikan penilaian metode Small Group Discussion untuk meningkatkan hasil belajar kegiatan perekonomian indonesia pada siswa kelas VIII E di SMP Nahdatul Ulama’ Bululawang.
Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) adalah suatu kegiatan penelitian yang dilakukan secara rasional, sistematis reflektif terhadap berbagai tindakan yang dilakukan oleh guru yang berkolaborasi dengan peneliti. Dalam pengumpulan data, yang digunakan peneliti ini adalah hasil tes, kegiatan guru selama proses pembelajaran, dan kegiatan siswa selama mengikuti kegiatan pembelajaran.
Hasil penelitian menunjukkan dengan menggunakan menggunakan Metode Small Group Discussion dapat meningkatkan hasil belajar kegiatan perekonomian Indonesia pada siswa kelas VIII E di SMP Nahdatul Ulama’ Bululawang (1) pada perencanaan metode mengacu pada RPP yang telah dirancang; (2) pada pelaksanaan berkolaborasi dengan ibu Masluchah selaku guru IPS kelas VIII E, dapat berjalan dengan lancar; (3) Pada penilaian hasil belajar dapat dilihat pada penilaian pre test dan post test setiap akhir siklus. Sebelum tindakan nilai rata-rata kelas adalah 60,27, pada siklus I adalah 77,5, dan pada siklus II adalah 81,5. Prosentase peningkatan nilai siswa sebelum tindakan sebesar
45,45%, pada siklus I sebesar 77,27% dan pada siklus II sebesar 86,36%. Hal ini siswa sudah berhasil dalam meningkatkan hasil belajar dengan menggunakan metode ini.
ABSTRACT
Learning and teaching are activities with educative value. The educative value always colors the interaction between teachers and students. Educative interaction is important because learning-teaching activity is aimed to achieve the predetermined goal before the learning begins. The focus of research is about how the learning result of students is after the application of Small Group Discussion Method to improve the result of learning about Indonesia Economic Activity among Grade VIII E students in SMP Nahdatul Ulama Bululawang. Small Group Discussion Method is used by assigning students into groups. The member of group is 3-5 students. The operational involves teacher to present general problem. The problem is divided into sub-problems that must be solved by each student group. After discussion with small group, the chief or the representative of group presents the result of discussion.
The objectives of research are (1) to describe the planning of Small Group Discussion Method to improve the learning result of Indonesia Economic Activity among Grade VIII E students of SMP Nahdatul Ulama Bululawang, (2) to illustrate the application of Small Group Discussion Method to improve the learning result of Indonesia Economic Activity among Grade VIII E students of SMP Nahdatul Ulama Bululawang, and (3) to explain the assessment of Small Group Discussion Method to improve the learning result of Indonesia Economic Activity among Grade VIII E students of SMP Nahdatul Ulama Bululawang.
Research type is Classroom Action Research. This research is an activity which is conducted rationally, systematically, and reflectively to examine the actions of teachers who collaborate with the author during research. The data collected are the result of exam, the report of teacher activity during learning process, and the list of student activity during the activity of learning.
Result of research indicates that the use of Small Group Discussion Method is successfully improving the learning result of Indonesia Economic Activity among Grade VIII E students of SMP Nahdatul Ulama Bululawang. It is also shown that (1) the planning of this method is referring to preplanned RPP; (2) the implementation of this method collaborates with Masluchah as the social science teacher for Grade VIII; (3) the assessment of the result of exam may be seen from pre-test and post-test at the end of cycle. Before this action, class average is 60.27, and it reaches 77.5 at cycle I and 81.5 at cycle II. The percentage of the increased rate of students before action is 45.45 %, and it is 77.27 % at cycle I and 86.36 % at cycle II. It means that students are successfully improving the result of learning by using this method.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Wahidmurni, Wahidmurni | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Small Group Discussion; Hasil Belajar | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 27 Feb 2023 14:23 | ||||||
Last Modified: | 27 Feb 2023 14:23 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/47447 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |