Setyowati, Ayin (2014) Studi Kompetensi Pedagogik mahasiswa calon guru peserta PKLI FITK Uin Maliki Malang dalam pembelajaran IPS terpadu pada MTSN di Jombang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
10130035.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Kompetensi pedagogik adalah sala satu kompetensi yang harus dimiliki oleh guru, untuk menguasai kompetensi tersebut guru harus belajar secara maksimal secara teoritis dan praktis. Oleh karenanya pembelajaran kompetensi di rancang bagi calon guru untuk menghasilkan guru yang berkompeten.
Tujuan penelitihan ini adalah untuk mengetahui kompetensi pedagogik dan kesulitannya mahasiswa peserta PKLI FITK UIN Maliki malang dalam melaksanakan pembelajaran IPS Terpadu pada MTsN di Jombang.
Untuk mencapai tujuan tersebut, digunakan pendekatan metode penelitian kualitatif deskriptif analitik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, wawancara dan observasi yang dideskripsikan. Data dianalisis dengan mengacu pada model miles and huberman yang meliputi empat tahap yaitu pengumpulan data, reduksi data, sajian data dan verifikasi data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi pedagogik yang dimiliki mahasiswa peserta PKLI sudah cukup baik mereka mampu mengaplikasikan komponen-komponen yang terdapat pada kompetensi pedagogik tetapi sebagian besar masih mengalami kesulitan dalam pengelolaan kelas, pengelolaan waktu, penyampaian materi, serta pemahaman terhadap peserta didik.
ABSTRACT
Pedagogic competence is one of the competences that must be have by teacher, the teacher's competence to govern must learn the most theoretically and practical. Therefore the learning competence was designed to produce competent teachers.
This research was aimed to know the pedagogic competence and difficulty participants PKLI FITK UIN Maliki Malang in performing Integrated IPS in learning MTsN in Jombang.
To achieve these aims, this research was used qualitative descriptive analytic. Data collection techniques was used a question form, interviews and observations are described. The data was analyzed by miles and huberman model that includes four stages of data collection, data reduction, performance data and verification of data.
The results showed that the competence of the student participants owned pedagogic PKLI were good they are capable of applying components contained in pedagogic competence but most still have difficulty in classroom management, time management, delivery of materials, as well as an understanding of learners.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Julaihah, Umi | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Kompetensi Pedagogik; Praktek Kerja Lapangan Integratif; dan pembelajaran IPS Terpadu; Pedagogic Competencies; practices of integrative field work and learning Integrated IPS | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Koko Prasetyo | ||||||
Date Deposited: | 27 Feb 2023 13:17 | ||||||
Last Modified: | 27 Feb 2023 13:17 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/47443 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |