Arita, Putri Ayu (2013) Pengaruh Pola Komunikasi dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru SMA Negeri 1 Kepanjen. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
09130017.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Kinerja seorang guru dikatakan baik jika guru telah melakukan unsur- unsur yang terdiri dari kesetiaan dan komitmen yang tinggi pada tugas mengajar, menguasai dan mengembangkan bahan pelajaran, kedisiplinan dalam mengajar dan tugas lainnya, kreativitas dalam pelaksanaan pengajaran, kerjasama dengan semua warga sekolah, kepemimpinan yang menjadi panutan siswa, kepribadian yang baik, jujur, dan objektif dalam membimbing siswa, serta tanggung jawab terhadap tugasnya.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) bagaimana pengaruh pola komunikasi terhadap kinerja guru SMAN 1 kepanjen, 2) bagaimana pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja guru SMAN 1 kepanjen, 3) bagaimana pengaruh pola komunikasi dan motivasi kerja terhadap kinerja guru SMAN 1 kepanjen. Sedangkan secara khusus tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui pengaruh pola komunikasi terhadap kinerja guru SMAN 1 Kepanjen, 2) untuk mengetahui pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja guru SMAN 1 kepanjen, 3) untuk mengetahui pengaruh pola komunikasi dan motivasi kerja terhadap kinerja guru SMAN 1 Kepanjen.
Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian deskripsi dengan pendekatan kuantitatif. Data yang diperlukan dalam penelitian ini adalah pola komunikasi, motivasi kerja guru, dan kinerja guru SMAN 1 Kepanjen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Analisa data menggunakan regresi berganda.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) pola komunikasi berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru secara parsial sebesar 0,001< 0,005 (2) motivasi kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru secara parsial sebesar 0,000 < 0,005 (3) hasil uji secara simultan antara variabel bebas terhadap variabel terikat menggunakan uji F mengasilkan nilai F 12,623 > 4,03 (F tabel) dengan taraf Sig F 0,000 < 0,005. Adapun nilai R Square 0,349 (34,9%), dan sisanya (65,1%) dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak disebutkan dalam penelitian ini. Hal ini menunjukkan adanya pengaruh kuat antara variabel bebas terhadap variabel terikat. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan agar seluruh guru SMAN 1 Kepanjen untuk meningkatkan lagi komunikasi dan motivasi kerja sehingga dapat meningkatkan kinerja yang lebih baik dan berprestasi.
ABSTRACT
Performance is a good teacher when the teacher had done the elements consisting of loyalty and commitment to the task of teaching, mastering and developing teaching materials, discipline in teaching and the other assignments, creativity in teaching implementation, cooperate with everyone in the school, student leadership become a role models, good personality, be honest, and objective for guiding the students, and responsibility in their job.
The problem formulation in this study is 1) how to communication influence for the performance teachers at SMAN 1 Kepanjen, 2) how the influence of work motivation for about their performance at SMAN 1 Kepanjen, 3) how to influence communication patterns and work motivation of the teacher performance at SMAN 1 Kepanjen. As Specifically the objectives this study is 1) to determine the influence communication patterns on the performance teachers at SMAN 1
Kepanjen, 2) to determine the influence work motivation on the performance teachers at SMAN 1 Kepanjen, 3) to determine the influence communication patterns and work motivation on the teacher performance at SMAN 1 Kepanjen.
The type of research is a quantitative description of the approach. Data required in this study is about communication pattern, work motivation , and teacher performance at SMAN 1 Kepanjen. Technique of data collection used were questionnaires and documentation. Data using with the multiple regression analysis.
Result of this research showed that: (1) the communication patterns have a significant effect on teacher performance partially at 0.001 < 0.05, (2) work motivation have a significant effect on teacher performance is partially of 0.000 < 0.05 (3) simultaneous test results between the independent variables on the dependent variable using the F test result values F 12.623 > 4.03 (Table F) with standard Sig F 0,000 <0.05. The value of R Square is 0.349 (34.9%), and the rest (65.1%) are influenced by other variables which are not mentioned in this research. This result is describe what a powerful influence of the independent variable between dependent variable. Based on the results of the study suggest that all teachers of SMAN 1 Kepanjen to improve their communication and work motivation more so as to increase better performance and achievements.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Pusposari, Luthfiya Fathi | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Pola komunikasi; Motivasi Kerja; Kinerja Guru | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 27 Feb 2023 14:23 | ||||||
Last Modified: | 27 Feb 2023 14:23 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/47442 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |