Fitriyah, Fakhriyatul (2014) Pengaruh disiplin belajar dan lingkungan sekolah terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran Sosiologi kelas X IPS SMA Negeri 9 Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
10130031.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Hasil belajar merupakan suatu puncak proses belajar, suatu perubahan tingkah laku bahwa ia telah menyelesaikan tugas-tugas belajar dengan baik dan mampu melakukan kegiatan dengan baik sehingga dapat memberikan intervensi positive untuk dapat meningkatkan hasil belajar. Tingkat keberhasilan siswa dapat dilihat dari nilai raport akhir semester. Akan tetapi pada kenyataannya sering tidak sesuai dengan apa yang diharapkan, dimana hasil belajar siswa belum tentu dapat dicapai dengan baik walaupun adanya keteraturan dan sarana dan prasarana yang memadai. Hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor, baik faktor dari dalam diri manusia (internal) sesuai dengan variabel kebiasaan belajar atau disiplin belajar dan faktor yang dipengaruhi dari luar diri manusia (eksternal) yang sesuai dengan variabel lingkungan sekolah.
Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui adakah pengaruh Disiplin Belajar dan hasil belajar Siswa pada mata pelajaran sosiologi kelas X IPS SMA Negeri 9 Malang. (2) Untuk mengetahui adakah pengaruh lingkungan sekolah dan hasil belajar Siswa pada mata pelajaran sosiologi kelas X IPS SMA Negeri 9 Malang. (3) Untuk mengetahui adakah pengaruh disiplin belajar dan lingkungan sekolah dan hasil belajar Siswa pada mata pelajaran sosiologi kelas X IPS SMA Negeri 9 Malang.
Untuk mencapai tujuan di atas, digunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPS mata pelajaran sosiologi angkatan 2013/2014 yang berjumlah 77 siswa. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner/angket yang dipersepsikan pada siswa. instrument yang juga digunakan adalah dokumentasi dan wawancara, yaitu untuk mengetahui hasil belajar siswa dan memperkuat hasil temuan di lapangan. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda.
Hasil linier berganda menunjukan besarnya pengaruh sebagai berikut : (1) pengaruh variabel disiplin belajar terhadap hasil belajar menunjukan tidak ada pengaruh yang signifikan tetapi terdapat pengaruh positif yang ditunjukan oleh besarnya nilai t hitung < t tabel (0.979) < (1.990). (2) pengaruh variabel lingkungan sekolah terhadap hasil belajar menunjukan tidak ada pengaruh yang signifikan tetapi terdapat pengaruh yang positif ditunjukan oleh besarnya nilai thitung < t tabel (0.194) < (1.990). (3) variabel disiplin belajar dan lingkungan sekolah terhadap hasil belajar menunjukkan tidak ada pengaruh yang signifikan tetapi pengaruh positif terhadap hasil belajar ditunjukan oleh besarnya nilai Fhitung > Ftabel (0.514)<(1.99).
ABSTRACT
Learning outcomes is a culmination of learning process ,change in behavior that he has completed the learning tasks well and is able to perform activities properly so as to provide positive interventions to improve learning outcomes . The success rate of students can be seen from the end of the semester report . But in reality often doesn’t match what is expected , which is not necessarily the student learning outcomes can be achieved with good regularity and despite the existence of adequate infrastructure . It is influenced by several factors , both factors of the human self ( internal ) variable according to the study habits or learning discipline and external factors that influenced the human self ( external) in accordance with the school environment variables .
The purpose of this study is (1) To know is there any influence Discipline Learning and student learning outcomes in subjects sociology class X IPS SMA Negeri 9 Malang. (2) To determine the influence of the school environment and is there any student learning outcomes in subjects sociology class X IPS SMA Negeri 9 Malang.(3) To know is there any influence Discipline Learning and the school environment and student learning outcomes in subjects sociology class X IPS SMAN 9 Malang
To achieve the objectives above, the study used a quantitative approach to the type of correlational research. The population in this study were all students of class X social studies in subjects sociology class of 2013/2014 with a total of 77 students. Instrument used in this study is a questionnaire that is perceived to students. instrument is also used documentation and interviews, is to determine student learning outcomes and strengthen the findings in the field. The analysis used in this study is a multiple linear regression analysis.
The results show the influence of multiple linear as follows : ( 1 ) the effect of Learning discipline variable on learning outcomes showed no significant effect , but there is a positive effect shown by the t value < t table ( 0.979 ) < ( 1.990 ). ( 2 ) the influence of the school environment variables on learning outcomes showed no significant effect , but there is a positive influence indicated by the value of t < t table ( 0.194 ) < ( 1.990 ) . ( 3 ) Learning discipline variable and school environment on learning outcomes showed no significant effect but a positive effect on learning outcomes indicated by the value of F > F ( 0514 ) < (1.99 ) .
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Padil, Moh | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Disiplin Belajar; Lingkungan Sekolah dan Hasil Belajar; Learning Discipline; Environment school and Learning Outcomes | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Koko Prasetyo | ||||||
Date Deposited: | 27 Feb 2023 13:16 | ||||||
Last Modified: | 28 Mar 2023 11:27 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/47424 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |