Jannah, Miftakhul (2019) Pengaruh pembelajaran di luar kelas (Outdoor Learning) terhadap efektivitas pembelajaran matematika materi bangun ruang kelas V MI Al Khoiriyah Pakis Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
15140035.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Pembelajaran di luar kelas menjadi alternatif dalam mengatasi kejenuhan belajar siswa di dalam kelas. Proses pembelajaran yang dilakukan di luar kelas dapat mengembangkan interaksi siswa dengan lingkungannya dan memberikan pengalaman langsung dalam pembelajaran siswa. Pembelajaran dengan pengalaman langsung memungkinkan materi yang disampaikan lebih bermakna. Pembelajaran bermakna dapat membuat siswa mudah mengingat materi dalam jangka waktu panjang.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: (1) menganalisis dan mendeskripsikan pembelajaran di luar kelas (outdoor learning) di MI Al Khoiriyah Pakis Malang, (2) menganalisis dan mendeskripsikan pengaruh pembelajaran di luar kelas (outdoor learning) terhadap efektivitas pembelajaran matematika materi bangun ruang kelas V MI Al Khoiriyah Pakis Malang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian eksperimen semu (quasi eksperimen). Penelitian dilakukan pada siswa kelas V MI Al Khoiriyah Pakis Malang yang terdiri atas dua kelas (VA dan VB). Kelas VA sebagai kelas eksperimen melakukan pembelajaran di luar kelas, sedangkan kelas VB sebagai kelas kontrol melakukan pembelajaran di dalam kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan diantaranya; kuasioner (angket), tes, dan observasi. Data dianalisis dan diuji hipotesis menggunakan Independent Sampel T-Test dengan bantuan program SPSS 16.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, (1) skor angket kelas eksperimen yang melakukan pembelajaran di luar kelas lebih tinggi dengan rata-rata skor 111,4 dan persentase 89,6% dibandingkan kelas kontrol dengan rata-rata skor 104,1 dan persentase 83,2%, (2) nilai tes kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol, dengan selisih nilai pre-test dan post-test 0,5 pada kelas eksperimen dan 0,2 pada kelas kontrol, (3) hasil observasi menunjukkan bahwa siswa senang dan termotivasi untuk selalu tekun dalam mengikuti pembelajaran di luar kelas, (4) dari pengujian hipotesis diperoleh nilai signifikasi 0,03 (< 0,05) dan thitung > ttabel (2,240 > 1,0048) sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Hal tersebut berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara penerapan pembelajaran di luar kelas (outdoor learning) terhadap efektivitas pembelajaran matematika materi bangun ruang kelas V MI Al Khoiriyah Pakis Malang.
ABSTRACT
Learning outside the classroom becomes an alternative in overcoming student learning saturation in the classroom. The learning process carried out outside the classroom can develop student interaction with the environment and provide direct experience in student learning. Learning with direct experience allows the material delivered to be more meaningful. Meaningful learning can make students easily remember the material over a long period of time.
The purpose of this study was to: (1) analyze and describe outdoor learning in MI Al Khoiriyah Pakis Malang, (2) analyze and describe the effect of outdoor learning to the effectiveness of mathematics learning on building material in the fifth-grade MI Al Khoiriyah Pakis Malang.
This study uses a quantitative approach, with quasi-experimental research. The study was conducted on fifth-grade students of MI Al Khoiriyah Pakis Malang consisting of two classes (VA and VB). The VA class as an experimental class conducts learning outside the classroom, while the VB class as a control class conducts learning in the classroom. Data collection techniques used include; questionnaire, test, and observation. Data were analyzed and tested hypotheses using Independent Sample T-Test with the help of program SPSS 16.
The results of this study is, (1) the scores of the experimental class questionnaires that do learning outside the classroom are higher with an average score of 111.4 and a percentage of 89.6% compared to the control class with an average score of 104.1 and percentage 83, 2%, (2) the value of the experimental class test is higher than the control class, with the difference in the value of pre-test and post-test 0.5 in the experimental class and 0.2 in the control class, (3) the observation results indicate that students are happy and motivated to always be diligent in the following learning outside the classroom, (4) from testing hypotheses obtained a significance value of 0.03 ( < 0.05) and tcount > ttable (2.240 > 1.0048) so that Ho is rejected and Ha is accepted. This means that there is a significant effect between the application of outdoor learning to the effectiveness of mathematics learning on building material in the fifth-grade MI Al Khoiriyah Pakis Malang.
ملخص البحث
الْفُصُوْلِ الدِّرَاسِيَّةِ. يُمْكِنُ لِعَمَلِيَّةِ التَّعَلُّمِ خَارِجُ الْفَصْلِ الدِّرَاسِيَّةِ تَطْوِيْرُ تَفَاعُلَاتِ الطُّلَّابِ مَعَ بِيْئَتِهِمْ وَتَوْفِيْرُالْخِبْرَةُ الْوَاقِعِيَّةِ فِي التَّعَلُّمِ. التَّعَلُّمُ مَعَ الْخِبْرَةِ الْوَاقِعِيَّةِ يَسْمَحُ بِتَقْدِيْمِ الْمَزِيْدُ مِنَ الْمَوَادِ ذَاتَ الْمَغْزَى. التَّعَلُّمُ الْمَجْدَي يُمْكِنُ اَنْ يَجْعَلَ مِنَ السَّهْلِ عَلَى الطُّلاَّبِ يَتَذَكَّرُوْنَ الْمَوَادَ فِي فِتْرَةٍ طَوِيْلَةٍ مِنَ الزَّمَنِ.
الْغَرْضُ مِنْ هَذَا الْبَحْثِ هُوَ: (١) تَحْلِيْلٌ وَوَصْفُ التَّعَلُّمِ خَارِجُ الْفَصْلِ الدِّرَاسِي(Outdoor Learning) فِي الْمَدْرَسَةِ الْإِبْتِدَائِيَّةِ الْخَيْرِيَّةِ , فَاكِيْس مَالَانْج (۲) تَحْلِيْلٌ وَوَصْفُ التَّأْثيْرِ التَّعَلُّمِ خَارِجُ الْفَصْلِ الدِّرَاسِي (Outdoor Learning) عَلَى فَعَالِيَّةِ التَّعَلُّمِ الرِّيَاضِيَّاتِ مِنْ مَوَادِ الْبِنَاءِ فِي الْفَصْلِ الْخَامِسِ مِنَ الْمَدْرَسَةِ الْإِبْتِدَائِيَّةِ الْخَيْرِيَّةِ, فَاكِيس, مَالَانْج.
وَاسْتَخْدَمَ الْبَحْثُ الْمَنْهَجَ الْكِمِي ، مَعَ نَوْعِ الْبَحْثِ شِبْهُ التَّجْرِيْبِي (Quasi Experiment). اَجْرَى الْبَحْثُ عَلَى طُلَّابِ الصَّفِّ الْخَامِسِ مِنَ الْمَدْرَسَةِ الْإِبْتِدَائِيَّةِ الْخَيْرِيَّةِ, فَاكِيس, مَالَانْج الَّذِي يَتَأَلَّفُ مِنْ فِئَتَيْنِ .(VA, VB) الْفِئَةُ VA كَفِئَةٍ تَجْرِيْبِيَّةٍ تَنْفَذُ التَّعَلُّمُ خَارِجَ الْفَصْلِ الدِّرَاسِيَّةِ ، فِي حِيْنَ اَنَّ فِئَةَ VB كَفِئَةٍ عُنْصُرِ التَّحَكُّمِ تَنْفَذُ التَّعَلُّمُ فِي الْفَصْلِ الدِّرَاسِيَّةِ. وَتَشْمَلُ تَقْنِيَاتُ جَمْعُ الْبَيَانَاتِ الْمُسْتَخْدَمَةِ ; الْاِسْتِبْيَانَات (Questioner)، وَالْاِخْتِبَارَاتُ ، وَالْمُلَاحَظَاتُ. تَحْلِيْلُ الْبَيَانَاتِ وَاخْتِبَارُ الْفَرْضِيَّاتِ بِاسْتِخْدَامِ عَيَّنَةٌ مُسْتَقِلَّةٌ (Independent Sampel T-Test) مَعَ مُسَاعَدَةِ مِنْ مَنْهَجِ SPSS 16.
وَتَشْرَحُ نَتَائِجُ هَذَا الْبَحْثُ اَنَّهُ (١) نَتِيْجَةُ الْاِسْتِبْيَانَاتِ التَّجْرِيْبِيَّةِ الَّتِي تُؤَدِّي التَّعَلُّمَ خَارِجُ الْفَصْلِ مَعَ مُتَوَسِّطِ النَّتِيْجَةِ مِنْ 111.4 وَبِالْمِئَةِ 89.6 ٪ مُقَارَنَةٌ مَعَ فِئَةِ التَّحَكُّمِ مَعَ مُتَوَسِّطِ النَّتِيْجَةِ 104.1 وَبِالْمِئَةِ 83.2 ٪، (٢) تَكُوْنُ نَتَائِجُ الْاِخْتِبَارِعِنْدَ فِئَةِ التَّجْرِيْبِيَّةِ اَعْلَى مِنْ فِئَةِ التَّحَكُّمِ ، مَعَ الْفَرْقِ فِي قِيْمَةِ الْاِخْتِبَارِ التَّمْهِيْدِي وَمَا بَعْدَ الْاِخْتِبَارِ مِنْ 0.5 عَلَى الْفِئَةِ التَّجْرِيْبِيَّةِ وَ 0.2 فِي الْفِئَةِ التَّحَكُّمِ ، (٣) تَظْهَرُ نَتَائِجُ الْمُلَاحَظَةِ اَنَّ الطُّلَّابَ سَعْدَاءً وَحَمَّاسًا لِيَكُوْنُوْا دَائِمًا مُجْتَهِدِيْنَ فِي مُشَارَكَةِ التَّعَلُّمِ خَارِجُ الْفَصْلِ, (٤) مِنَ الْاِخْتِبَارِالْفَرْضِيَّةِ يُنَالُ الْقِيْمَةَ دَلَالَةٌ مِنْ 0.03 (< 0.05) وَ Thitung Ttabel >(1,0048 > 2,240) بِحَيْثُ يَتِمُّ رُفْضَتِ Ho وَ تُقْبَلُ Ha. وَهَذَا يَعْنِي اَنَّ هُنَاكَ تَأْثِيْرًا كَبِيْرًا بَيْنَ تَنْفِيْذِ التَّعَلُّمِ خَارِجُ الْفَصْلِ الدِّرَاسِيَّةِ عَلَى فَعَّالِيَّةِ التَّعَلُّمِ الرِّيَاضِيَّاتِ مِنْ مَوَادِ الْبِنَاءِ فِي الْفَصْلِ الْخَامِسِ مِنَ الْمَدْرَسَةِ الْإِبْتِدَائِيَّةِ الْخَيْرِيَّةِ, فَاكِيس, مَالَانْج.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Bashith, Abdul | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Pembelajaran di Luar Kelas (Outdoor Learning); Efektivitas Pembelajaran; Matematika; Outdoor Learning; Learning Effectiveness; Mathematics; التَّعَلُّمِ الْخَارِجِى (Outdoor Learning); فَعَالِيَّةِ التَّعَلُّمِ الرِّيَاضِيَّاتِ | ||||||
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Adi Sucipto | ||||||
Date Deposited: | 27 Feb 2023 14:34 | ||||||
Last Modified: | 27 Feb 2023 14:34 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/47391 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |