Problematika pelaksanaan Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Widya Dharma Turen Malang

Ardiansah, Roni (2008) Problematika pelaksanaan Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Widya Dharma Turen Malang. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Islam Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
04110111.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (924kB) | Preview

Abstract

Dalam proses pelaksanaan Pendidikan Agama Islam, tidak selalu berjalan dengan lancar, terkadang dijumpai berbagai rintangan yang meliputi baik internal maupun eksternal. Pendidikan Islam sebagaimana pendidikan lainnya senantiasa diwarnai dengan berbagai permasalahan yang tiada habisnya. Hal ini selain disebabkan karena adanya perubahan orientasi dan tuntutan kehidupan umat manusia yang harus direspon oleh pendidikan Islam, juga karena adanya perkembangan di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang menuntut kerja dunia pendidikan yang harus meningkat dari hari ke hari.

Berpijak dari latar belakang itulah penulis melakukan penelitian di Sekolah SMK Widya Dharma Turen dengan judul Problematika Pelaksanaan Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Widya Dharma Turen Malang. Adapun rumusan penelitian ini adalah 1). Apakah problematika pelaksanaan pendidikan agama Islam di Sekolahan SMK Widya Dharma Turen Malang, 2). Bagaimanakah upaya yang dilakukan untuk mengatasi problematika pelaksanaan pendidikan agama Islam di Sekolahan SMK Widya Dharma Turen Malang. Adapun tujuan penelitian ini adalah: 1). Untuk mendeskripsikan problematika pelaksanaan pendidikan agama Islam di Sekolahan SMK Widya Dharma Turen Malang.2). Untuk mendiskripsikan upaya yang dilakukan dalam mengatasi problematika pelaksanaan pendidikan agama Islam di Sekolahan SMK Widya Dharma Turen Malang.

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Adapun dalam pengumpulan data yang dibutuhkan dalam penelitian ini, penulis menggunakan beberapa metode, diantaranya metode observasi, metode interview dan metode dokumentasi. Dan data yang tekumpul penulis analisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif. Dari hasil analisis data yang di pakai di lapangan, penulis dapat mengambil kesimpulan sebagai berikut: Problematika pelaksanaan pendidikan agama Islam di Sekolah SMK Widya Dharma Turen Malang meliputi: Kurangnya minat siswa terhadap mempelajari pendidikan agama Islam, karena mempunyai anggapan bahwa kurang pentingnya materi pendidikan agama Islam, tidak menghiraukan ketika proses pelaksanaan pendidikan agama Islam dan asal lulusan yang berbeda. Sedangkan upaya mengatasi problematika pelaksanaan pendidikan agama Islam di Sekolah SMK Widya Dharma Turen Malang meliputi: Pada peserta didik meliputi pihak sekolah terus berupaya mengadakan program baru yaitu pengembangan diri dalam hal ini keagamaan, yaitu BDI dan pendidik sudah membentuk kerja kelompok belajar untuk peserta didik. Dari beberapa hasil penelitian ini maka peneliti harapkan ada penelitian selanjutnya yang berhubungan dengan permasalahan ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Bashori, Bashori
Keywords: Problematika; Pendidikan Agama Islam
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Heni Kurnia Ningsih
Date Deposited: 08 Sep 2016 09:02
Last Modified: 08 Sep 2016 09:02
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/4736

Actions (login required)

View Item View Item