Jamilah, Mikrotul (2009) Penerapan pendekatan CTL melalui metode Inquiry dan tanya jawab untuk meningkatkan pemahaman konsep energi bunyi pada Siswa Kelas IV MI Al Fatah Banjarejo Pakis Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
07140055.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Metode inquiry merupakan bagian inti dari kegiatan pembelajaran berbasis CTL, yang mana siswa dituntut untuk menemukan pemecahan masalah dari pengetahuan yang mereka miliki, dan hal itu dilakukan sebagai upaya untuk mengaktifkan siswa ketika proses belajar mengajar berlangsung. Sedangkan metode tanya jawab merupakan penyajian pelajaran dalam bentuk pertanyaan yang harus dijawab, terutama dari guru kepada siswa, dari siswa kepada guru dapat juga dari siswa kepada siswa yang lain sehingga terbentuk hubungan multi arah. Penulis menggunakan pendekatan CTL melalui metode inquiry dan tanya jawab dalam penelitian ini karena materi-materi ilmu pengetahuan alam membahas tentang hubungan manusia dengan alam dan segala keanekaragamannya sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari, sehingga pendekatan CTL ini dirasa dapat membantu proses pembelajaran menjadi lebih efektif.
Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah: (1) Mendiskripsikan proses merencanakan pembelajaran menggunakan pendekatan CTL melalui metode inquiry dan tanya jawab untuk meningkatkan pemahama energi bunyi pada siswa kelas IV MI Al-Fatah Banjarejo Pakis di Malang. (2) Mendiskripsikan proses melaksanakan pembelajaran menggunakan pendekatan CTL melalui metode inquiry dan tanya jawab untuk meningkatkan pemahaman IPA pokok bahasan energi bunyi pada siswa kelas IV MI Al-Fatah Banjarejo Pakis di Malang. (3) Mendiskripsikan proses mengevaluasi pembelajaran menggunakan pendekatan CTL melalui metode inquiry dan tanya jawab untuk meningkatkan pemahaman energi bunyi pada siswa kelas IV MI Al-Fatah Banjarejo Pakis di Malang.
Penelitian yang penulis lakukan ini adalah termasuk dalam penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif. Dalam mengumpulkan data, penulis menggunakan beberapa metode yaitu: metode observasi, metode dokumentasi dan metode wawancara, adapun yang menjadi responden adalah guru mata pelajaran IPA kelas IV MI Al Fatah dan semua siswa kelas IV MI Al Fatah. Sedangkan untuk menganalisisnya penulis menggunakan analisis deskriptif kualitatif yaitu berupa data–data yang tertulis atau lisan dari orang dan perilaku yang diamati sehingga dalam hal ini penulis berupaya mengadakan penelitian yang bersifat menggambarkan secara menyeluruh tentang keadaan yang sebenarnya. Selain itu, untuk mendukung uraian dari keadaan yang sebenarnya di lapangan, disini penulis sertakan tabel sebagai pelengkap data.
Proses perencaaan pembelajaran dalam penelitian ini dilakukan dengan menganalisis komponen dan isi butir, menetapkan materi pembelajaran, menelaah buku paket IPA kelas IV, Mengembangkan silabus, menyusun rencana pelaksaan pembelajaran, membuat lembar kegiatan siswa, menyusun instrumen pengumpulan data yang meliputi instrumen observasi untuk mengamati guru dalam pelaksaan pembelajaraan, instrumen lembar observasi untuk mengamati kegiatan siswa dalam melakukan percobaan dan mempresentasikan hasil percobaannya, angket untuk mengetahui respon siswa terhadap kegiatan pembelajaran, serta instrumen soal ulangan harian.
Proses pelaksanaan pembelajaran dalam penelitian ini dilakukan sesuai dengan rencana yang telah disusun, pada siklus I, pertemuan pertama guru bidang studi dan peneliti memfasilitasi siswa mempelajari sumber energi bunyi, pertemuan kedua mengkaji dan melakukan pembuktian melalui percobaan tentang sumber energi bunyi dan perambatan bunyi melalui benda padat, dilanjutkan mempresentasikan hasil pekerjaan dan diskusi kelompok. Pada siklus II, pertemuan pertama guru dan peneliti memfasilitasi siswa untuk melakukan pembuktian melalui percobaan tentang perambatan bunyi melalui benda cair dan gas.
Proses Pelaksanaan evaluasi dilakukan dengan cara melakukan pengamatan untuk memberikan penilaian dari aktivitas siswa dalam proses pembelajaran, kerjasama masing-masing siswa dalam kelompok selama proses pembelajaran, evaluasi dalam penelitian ini dilakukan pada tiap pertemuan setelah proses pembelajaran berlangsung untuk menentukan sudah sejauh mana pengembangan metode yang sedang dikembangkan telah berhasil sesuai dengan yang direncanakan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Wahidmurni, Wahidmurni | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | CTL; Inquiry; Tanya Jawab | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Meirisa Anggraeni | ||||||
Date Deposited: | 27 Feb 2023 13:37 | ||||||
Last Modified: | 27 Feb 2023 13:37 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/47357 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |