Diniati, Bintis Ti’anatud (2013) Penerapan link word method pada mata pelajaran IPS terpadu dalam meningkatkan motivasi dan daya ingat siswa kelas IX B di MTsN Plandi Jombang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
09130015.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Saat ini studi sosial atau ilmu pengetahuan sosial disajikan secara terpadu. Keterpaduan ini dipetik dari semua ilmu sosial atau ilmu-ilmu lain yang relevan, yang terdiri dari antropologi, sosiologi, ekonomi, geografi, sejarah, politik, psikologi sosial, dan filosofi. Dahulu, pelajaran ilmu pengetahuan sosial dipelajari secara terpisah-pisah menurut disiplinnya yang bersifat kaku dan tidak sesuai dengan kenyataan yang ada dalam masyarakat, sehingga dilihat dari sudut kepentingan anak didik tidak banyak manfaatnya.
Perubahan terhadap penyajian pembelajaran ilmu pengetahuan sosial secara terpadu membawa pengaruh kepada cara penyampaian atau metode yang digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran. Hal itu juga akan mempengaruhi respon siswa dalam kegiatan belajar pada mata pelajaran IPS Terpadu. Respon siswa secara langsung dapat menpengaruhi antusias, keaktifan serta daya tangkap (pemahaman) dalam mengingat materi pada mata pelajaran IPS Terpadu.
Tidak semua sekolah mengalami permasalahan tersebut. Permasalahan tersebut dialami oleh siswa kelas IX-B MTsN Plandi Jombang. Peneliti dapat menyusun rumusan masalah yang berkaitan dengan permasalahan yang terjadi yakni bagaimana proses perencanaan, penerapan dan hasil evaluasi dengan menggunakan Link Word Method pada mata pelajaran IPS Terpadu kelas IX-B MTsN Plandi Jombang. Dengan tujuan dapat mengetahui pengaruh yang ditimbulkan dari penerapan Link Word Method.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (classroom action research). Adapun penelitian ini terbatas pada penggunaan Link Word Method. Link Word Method adalah suatu metode yang menghubungkan pengetahuan siswa sebelumnya dengan pengetahuan yang akan dipelajari menggunakan kata-kata yang aneh, unik, dan menarik. Kata-kata yang telah diumpamakan tersebut dirangkai menjadi sebuah cerita sehingga dapat menumbuhkan keantusiasan siswa dan memudahkan mengingat. Ruang lingkup yang dipelajari siswa pada penelitian ini adalah beberapa nama wilayah di kawasan Asia Tenggara.
Hasil yang telah peneliti peroleh dari Penerapan Link Word Method di Kelas IX B MTsN Plandi Jombang cukup memuaskan. Hal ini terbukti dari hasil pengamatan perilaku siswa pada siklus I terdapat cukup peningkatan. Aspek motivasi yang terdiri dari antusias siswa yang semula 5,19% menjadi 7,31%, keceriaan yang semula 5,75% menjadi 7,69%, kreativitas yang semula 6% menjadi 7,31%, keaktifan yang semula 5,38% menjadi 7,5% pada siklus II. Begitu juga dengan daya ingat siswa yakni yang semula nilai rata-rata kelas dari pre test sebesar 48,14 meningkat menjadi 94,89 atau 97,14% dan pada siklus II menjadi
99,02%. Menurut hasil yang telah peneliti peroleh, maka peneliti menyarankan untuk pelaksana pembelajaran agar dapat menerapkan Link Word Method secara kontinue. Penelitian yang lebih lanjut dapat menerapkan Link Word Method dalam pembelajaran yang lain atau ke ruang lingkup studi keilmuan yang lebih mendalam.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Zuhriyah, Indah Aminatuz | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Link Word Method; motivasi; daya ingat | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 24 Feb 2023 09:25 | ||||||
Last Modified: | 24 Feb 2023 09:25 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/47345 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |