Hubungan antara penerapan pendidikan akhlak dengan prestasi belajar siswa di SMP Al-Azhar Brongkal Kecamatan Pagelaran Kabupaten Malang

Atikatur, Rohmah (2008) Hubungan antara penerapan pendidikan akhlak dengan prestasi belajar siswa di SMP Al-Azhar Brongkal Kecamatan Pagelaran Kabupaten Malang. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Islam Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
04110108.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pendidikan agama sebagai salah satu aspek sasaran pembangunan bangsa menempati bagian dasar dalam usaha pendidikan, sebab tujuan pendidikan adalah pembentukan pribadi yang luhur dan utuh. Dalam pendidikan agama Islam lebih menitikberatkan pada pembentukan pribadi anak bukan semata-mata masalah intelektual saja bahkan dalam pendidikan agama tersebut diharapkan mencapai 3 hal kemampuan yaitu kognitif, afektif dan psikomotorik. Dengan penanaman nilai ajaran agama melalui pendidikan akhlak diharapkan dapat mengurangi krisis iman dan krisis moral di kalangan peserta didik.

Penerapan pendidikan akhlak dengan Prestasi belajar sangat erat hubungannya, dengan demikian, diharapkan terbentuklah pribadi seutuhnya yang tercermin pada perilaku berupa ucapan, perbuatan, sikap, pikiran, perasaan, kerja dan hasil karya berdasarkan nilai-nilai agama serta norma dan moral luhur bangsa. Rumusan permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan pendidikan akhlak pada siswa Sekolah Menengah Pertama AlAzhar Pagelaran Malang? Bagaimana prestasi belajar siswa Sekolah Menengah Pertama Al-Azhar Pagelaran Malang? Apa ada hubungan antara penerapan pendidikan akhlaq dengan prestasi belajar siswa di SMP Al-Azhar Pagelaran Malang?

Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif. Dalam strategi penelitian menggunakan populasi dan sampel secara Random Sampling. Dalam metode pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, dan angket. Dan metode analisis data yang digunakan adalah analisis statistik

Berdasarkan hasil penelitian diambil kesimpulan bahwa: Penerapan pendidikan akhlak pada siswa SMP Al-Azhar bervariasi yaitu yang mempunyai nilai 83,3% memiliki kategori tinggi (50 siswa), dan 16,7% memiliki kategori sedang (10 siswa), dan 0% memiliki kategori rendah (0 siswa). Prestasi belajar siswa SMP Al-Azhar menunjukkan angka yang menggembirakan yaitu 11 siswa (18,3%) memperoleh prestasi baik dengan indeks prestasi (9 -10). dan 43 siswa (71,7%) berprestasi cukup dengan indeks prestasi (7- 8) dan 6 siswa (10%) berprestasi kurang baik dengan indeks prestasi (5 - 6). Hubungan antara penerapan pendidikan akhlak dengan prestasi belajar siswa SMP Al-Azhar dengan hasil perhitungan rumus KK (Koefisien Kontingensi) diatas diperoleh nilai 0,407 nilai ini apabila dimasukkan dalam standar nilai dengan kriteria nilai terletak pada 0,400 < KK < 0,700 yang berarti dalam kategori yang cukup berarti atau sedang.

Diharapkan orang tua, Kepala sekolah dan Guru sebagai contoh tauladan dalam kehidupan sehari-hari sebaiknya betul-betul memperbaiki dalam segala hal tingkah laku, ucapan maupun perbuatan sehari-hari di sekolah maupun di mana saja berada agar betul-betul menjadi cerminan bagi murid.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Ghony, M. Djunaidi
Keywords: Penerapan pendidikan akhlak; Prestasi belajar siswa
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Heni Kurnia Ningsih
Date Deposited: 02 Sep 2016 15:04
Last Modified: 02 Sep 2016 15:04
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/4734

Actions (login required)

View Item View Item