Futya, Nuril (2014) Penerapan metode pembelajaran Tgt (Team Games Turnament) dalam upaya meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPS pada siswa kelas VII MTS Manbail Futuh Tuban. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
10130024.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Hasil belajar adalah perubahan perilaku secara keseluruhan bukan hanya salah satu aspek potensi kemanusiaan saja dan dapat diukur melalui tes tentang bidang yang dipelajari. Salah satu cara untuk meningkatkan hasil belajar siswa yaitu yang paling utama adalah didukung oleh tenaga pendidik yang professional, dan menguasai metode pembelajaran yang sesuai dengan kondisi peserta didik. Pembelajaran kooperatif tipe (Team Games Turnament) adalah salah satu metode pembelajran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Metode pembelajaran TGT menggunakan turnamen akademik, dan menggunakan kuis-kuis dan sistem skor kemajuan individu, di mana para siswa berlomba sebagai wakil tim mereka dengan anggota tim lain yang kinerja akademik sebelumnya setara seperti mereka. Penerapan metode Team Games Turnament ini bisa memotivsi siswa untuk bisa mencapai hasil belajar yang tinggi.
Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mendeskripsikan perencanaan metode pembelajaran teams games tournament (TGT) dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII di MTs Manbail Futuh Tuban. (2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan metode pembelajaran teams games tournament (TGT) dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII di MTs Manbail Futuh Tuban. (3) Untuk mendeskripsikan hasil/evaluasi metode pembelajaran teams games tournament (TGT) dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII di MTs Manbail Futuh Tuban.
Untuk mencapai tujuan di atas, digunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas. Instrumen dan teknik penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kolaboratif parsipatoris dengan membuat lembar observasi, soal tes, dan pedoman wawancara.
Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan penerapan metode Team Games Turnament peneliti melakukan pre tes dan pos tes disetiap siklus pada kelasVII MTs Manbail Futuh Tuban. Penelitian ini menggunakan tiga siklus, dan hasilnya membuktikan bahwa penerapan metode Team Games Turnament a dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran TGT (Team Games Turnament) dapat meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran IPS Terpadu kelas VII MTs Manbail Futuh Tuban. Hal ini terlihat dari peningkatan hasil belajar dalam setiap siklusnya. Pada siklus I yaitu 15%, siklus II 26%, dan siklus III 35%. Langkah-langkah dalam meningkatkan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran (Team Games Turnament) sebagaimana yag telah peneliti lakukan adalah: sesuai dengan tiga tahapan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan dan penilaian. Dan tak lupa dengan pemberian dukungan dan motivasi yang membangun, agar siswa menjadi lebih maju dan dapat meningkatkan hasil belajarnya.
ABSTRACT
The result oflearningis achange inthe overall behaviorand not only one of the aspects of human potential, and can only be measured through tests on the field being studied. one of the learning method that can to improve student learning are supported by professional educators, and mastered the learning method in accordance with the conditions of the learners. Cooperative learning (Team Games Tournament) is one of the learning method that can improve student learning outcomes. TGT learning method using academic tournament, and uses quizzes and progress of individual scoring system, in which students competeas representatives of their team with other team members as their equivalent academic performance. Application of this method Tournament Team Games can motivate students to achieve high learning outcomes.
The purposeof this studyare : (1) To describe about the planning method of learning teams games tournament (TGT) to improve student learning in the junior class VII Manbail Futuh Tuban. (2) To describe about the implementation of learning methods Teams Games Tournament (TGT) to improve student learning in the junior class VII Manbail Futuh Tuban. (3) To describe about the result sand evaluation methods of learning teams games tournament (TGT) to improve student learning in the junior class VII Manbail Futuh Tuban.
The purpose of this research is used aqualitative approach to the type of classroom action research. Instrument sand research techniques used in this research is to create a collaborative participatory observation sheet, test questions, and interview guides
To determine theimprovement of student learning with Team Games Tournament method, researchers conducted apre-test andpost test every cycle in the junior class VII Manbail Futuh Tuban. This study uses three cycles, and the results prove that the application of methods Tournament Team Games can improve the graders VII of MTs Manbail FutuhTuban.
From the results, it can be concluded that the implementation of TGT (team games tournament) improves the IPS student’s scores of VII graders of MTs Manbail Futuh Tuban. It can be seen through the improvement of the student’s scores in every cycle. The first cycle is 15%, the second cycle is 26%, and the third cycle is 35%. The stages that the researcher uses in improving the student’s scores through the TGT (Team Games Tournament) are : planning, acting, and observing, and the last but not least, the motivation given by the researcher so that the students are able to improve their scores.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Ali, Nur | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Pembelajaran kooperatif tipe (Team Games Turnament); Hasil Belajar; Team Games Tournament as a cooperative learning; students scores | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Koko Prasetyo | ||||||
Date Deposited: | 24 Feb 2023 10:28 | ||||||
Last Modified: | 24 Feb 2023 10:28 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/47332 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |