AG, Asqini Maghfiroh (2013) Penggunaan Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Siswa Kelas VII pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Di SMP Negeri 1 Probolinggo. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
09130101.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Masyarakat sekarang semakin sadar akan pentingnya pendidikan bagi perkembangan hidupnya, sehingga terus dilakukan pembaharuan pendidikan untuk meningkatkan mutu pendidikan. Berbagai upaya dilakukan untuk meningkatkan mutu pendidikan, dan salah satunya adalah dengan meningkatkan kualitas pembelajaran yaitu pembelajaran dengan menggunakan media. Dalam usaha meningkatkan kualitas pembelajaran yang dapat dilihat dari proses belajar mengajar dan hasil belajar siswa, guru tidak hanya pandai merancang media dalam RPP saja, tetapi juga harus lihai menggunakan media tersebut sehingga dapat sesuai dengan tujuan yang diharapkan. Sedangkan perkembangan anak kelas VII SMP kebanyakan masih membawa sifat SD, sehingga guru harus bisa menyampaikan materi pelajaran IPS pada siswa secara kongkrit dengan menghadirkan media pembelajaran. Perkembangan Iptek memunculkan berbagai macam media yang bisa digunakan dalam proses pembelajaran, guru IPS dituntut untuk menggunakan media yang sesuai dengan karakter siswa dan pelajaran IPS sendiri.
Berdasarkan permasalahan di atas, maka permasalahan tersebut dijadikan rumusan masalah penelitian, yaitu: (1) Media apa saja yang digunakan dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas VII di SMP Negeri 1 Probolinggo? (2) Bagaimana penggunaan media pembelajaran dalam meningkatkan kualitas pembelajaran siswa kelas VII pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di SMP Negeri 1 Probolinggo? Dan (3) Bagaimana hasil pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas VII di SMP Negeri 1 Probolinggo?
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dan teknik yang digunakan untuk memeriksa keabsahan data yaitu dengan Persistent observation, triangulasi dan peerderieng.
Dari hasil penelitian yang sudah dilakukan oleh peneliti dapat disimpulkan bahwa media yang digunakan dalam pembelajaran IPS kelas VII di SMP Negeri 1
Probolinggo antara lain adalah media visual meliputi whiteboard, gambar, matrik, bagan, globe, peta, atlas, buku paket dan LKS. Media audio menggunakan sound system. Media audio visual berupa slide dan video. Dan media proyektor yaitu LCD dan komputer. Namun untuk materi yang membutuhkan praktek, guru juga menggunakan lingkungan sekitar sebagai media pembelajaran. Dan internet sebagai media penunjang.
Penggunaan media pembelajaran dalam meningkatkan kualitas pembelajaran siswa kelas VII pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 1
Probolinggo adalah meliputi tahapan persiapan, guru menyusun RPP dan menyiapkan media pembelajaran. Tahap pelaksanaan proses pembelajaran, guru menjelaskan langkah-langkah dan tujuan pembelajaran, barulah pembelajaran dapat dimulai, disini guru juga menilai proses pembelajaran yang sedang berlangsung dengan melihat tingkat pemahaman siswa, partisipasi siswa, dan bahkan kesiapan siswa sebelum pembelajaran dimulai. Dan berbagai media pembelajaran yang digunakan telah sesuai dengan karakteristik materi, karakter siswa kelas VII, dan tujuan pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial.
Dan untuk hasil pembelajaran IPS kelas VII yang mengacu pada hasil/prestasi belajar siswa yang telah memenuhi aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Berdasarkan nilai raport, 85% dari siswa kelas VII memperoleh nilai diatas KKM yang telah ditentukan oleh sekolah. Hal ini juga menunjukan tingkat keberhasilan belajar siswa dan tingkat keberhasilan mengajar guru tergolong baik sekali atau optimal.
ABSTRACT
Today, the society more aware to importance of education for life development, education is a basic requirement for every individual, therefore continuing to improve the quality of education. There are many efforts to improve the quality of education, and one of them is improving the quality of instruction by using media. In an effort to improve the quality of instruction from the teaching and learning process and student outcomes, teachers are not only good for designing media in lesson plan, but also cleaver for using the media so appropriate with the goals. Meanwhile, for VII grade at SMP who started their adaptation of the learning environment, and they still bring SD nature, therefore the teacher should be able to deliver the social science material to student concretely by presenting a variety of media. The development of science and technology led to various kinds of media that can be used in instruction process, social science teachers are required to use the media in accordance with the character of students and social science subject.
Based on the above problems, then the problems become focus of the study, namely: (1) What kinds of media are to be used in Social Science instruction VII grade at SMPN 1 Probolinggo? (2) How does to use of instructional media in improving the quality of student learning VII grade in Social Science subject at SMPN 1 Probolinggo? (3) How the learning outcomes of Social Sciences subject VII grade at SMP1 Probolinggo?
This research uses descriptive qualitative method by using the technique of collecting data through observation, interviews, and documentation. Techniques used to check the validity of the data that is to persistent observation, triangulation and peerderieng.
Base on the research that has been conducted by the researchers can concluded that the media used in the instruction of Social Sciences VII grade at SMPN 1 Probolinggo, such as the visual media, include whiteboard, image, matrices, chart, globe, maps, atlas, textbook and worksheet. Audio media is a sound system. Audio-visual media is power point and videos. And projector media is LCD and computer. However, for materials that require practice,teachers also use the environment as instructional media and internet as a media of support.
Using the instructional media in improving the quality of student learning in the VII grade in Social Science subjects at SMPN 1 Probolinggo is include the beginning stages of the preparation, teacher is planning the lesson plan and preparing instructional media. Implementation phase of the learning process, the teacher explains the steps and learning goals, then learning can begin, teachers assess ongoing learning process by looking at the level of students understanding, student participation, and student readiness even before learning begin. Variety of instructional media used in accordance with the characteristic of material, the character of VII grade, and the objectives of Social Science instruction.
The learning outcomes of Social Sciences VII grade that draws on the work/ learning achievement of students who have fulfill the cognitive, affective, and psychomotor. Based on the report, 85% of VII grade students scored above the KKM which has been determined by the school. It shows the level of success of student learning and teacher teaching is optimal.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Rasmianto, Rasmianto | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Media Pembelajaran; Kualitas Pembelajaran; Ilmu Pengetahuan Sosial Instructional Media; Instruction Quality; Social Science | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 24 Feb 2023 09:08 | ||||||
Last Modified: | 24 Feb 2023 09:08 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/47320 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |