Nafidzah, Aini (2014) Improvisasi gaya mengajar guru dalam meningkatkan minat baca siswa pada mata pelajaran sejarah di MAN Malang I. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
10130022.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Mata pelajaran sejarah merupakan pelajaran yang membutuhkan ketelitian dan pemahaman di dalamnya.Pemahaman tersebut dapat diperoleh salah satunya melalui membaca. Untuk mencapai tujuan agar minat membaca siswa dapat meningkat, maka diperlukan upaya yang lebih baik dari guru dalam memilih gaya mengajar yang meliputi pemanfaatn model, media, dan metode pembelajaran yang sesuai dengan kompetensi dasar.
Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mendiskripsikan kegiatan pembelajaran mata pelajaran sejarah di MAN Malang I, (2) mendiskripsikan minat baca siswa pada mata pelajaran sejarah di MAN Malang I, (3) mendiskripsikan improvisasi gaya mengajar guru dalam meningkatkan minat baca siswa pada mata pelajaran sejarah di MAN Malang I.
Untuk mencapai tujuan diatas, digunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis kualitatif deskriptif.Instrument kunci adalah peneliti sendiri, dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, teknik wawancara, dan teknik dokumentasi. Data dianalisis dengan cara mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) pembelajaran sejarah di kelas X MAN Malang I bisa dikategorikan pembelajaran yang melibatkan siswa sehingga siswa dapat memerankan perannya dengan baik. Pembelajaran sejarah berlangsung secara menyenangkan dimana guru tidak memberikan materi secara terus menerus dengan model ceramah saja, tetapi juga menggunakan model-model belajar; (a)presentasi per kelompok tertentu, (b) membuat mind map, (c) menggunakan metode Tanya jawab, (d) memanfaatkan media yang ada seperti OHP (2) Dapat diketahui bahwa rata-rata minat membaca siswa kelas X MAN Malang I pada mata pelajaran sejarah masih rendah sehingga perlu adanya perbaikan baik dari segi mengajar maupun pemanfaatan media pembelajaran yang telah disediakn oleh sekolah, (3) improvisasi gaya mengajar guru dalam meningkatkan minat baca siswa pada mata pelajaran sejarah dilakukan dengan menggunakan model sosial (hubungan masyarakat), memberikan penugasan berupa pembuatan mind map (peta konsep), melalui model penugasan dengan mind map guru mengambangkan lagi menjadi model penugasan dengan check list, guru mengajak peserta didik untuk belajar di perpustakaan sebulan sekali.
ABSTRACT
A history subject was a lesson that requires precision and understanding.The understanding of it can be gotten through reading as one of it. To achieve the purpose mentioned, so the students readinginterest can be increased, it would be required more effort from teachers in choosing a teachingstyles which includes the utilization of models, media, and learning methods in accordance with the basic competencies.
The purposes of this research : ( 1 ) describing the learning activity of history subject in MAN Malang I , ( 2 ) describing the students reading interest toward history subject in MAN Malang I , ( 3 ) describing the improvisational of teachers teaching styles to improve students interest toward history subjects in MAN Malang I.
To achieve the purposes above, the research was used a qualitative approach with a qualitative descriptive as the types. The key instrument is the researcher, and data collection techniques used observation, interview techniques, and documentation techniques. Data were analyzed by reducing the data, presenting the data, and drawing the conclusions.
The results of the research showed that, ( 1 ) The learning of history in class X MAN Malang I could be categorized with learning that engages students that they can play the role well .The Learning of history takes place in a fun ways where the teacher didn’t provide material continuously with model of lectures only, but also used models of learning ; ( a) used presentation by specific groups , ( b ) used creating a mind map , ( c ) used the quiz method( d ) utilizing the existing media such as OHP ( 2 ). It is known that the average of reading interest of class X MAN Malang I toward history subjectwas still low, so, it needed for improvement in all aspects, both teaching and learning media utilization which has been provided by the school , ( 3 ) an improvised of teacher teaching styles in improving the students interest toward history subject was done by using a model of social ( society relations ) , giving assignment of making a mind map ( concept map ) , through assignment models with mind map, the teacher developed to become a assignment model with a check list again , the teacher invited the students to study in the library once a month .
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Sulalah, Sulalah | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | improvisasi; gaya mengajar; minat baca; Improvisation; teaching style; reading interest | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Koko Prasetyo | ||||||
Date Deposited: | 24 Feb 2023 10:27 | ||||||
Last Modified: | 24 Feb 2023 10:27 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/47319 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |