Rachmad, Basuki (2013) Penggunaan metode Information Search untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas XI IPS pada mata pelajaran Geografi di Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Probolinggo. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
09130012.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Pada hakikatnya proses belajar mengajar adalah proses komunikasi. Kegiatan belajar mengajar di kelas merupakan suatu dunia komunikasi tersendiri di mana guru dan siswa bertukar pikiran untuk mengembangkan ide dan pengertian. Dalam komunikasi sering timbul dan terjadi ketidak fahaman sehingga komunikasi tersebut dirasa tidak efektif dan efisien, antara lain disebabkan ketidak siapan siswa, kurangnya minat dan kegairahan, dan sebagainya.
Salah satu cara untuk mengatasi keadaan tersebut adalah dengan penggunaan metode, dari sekian banyak metode yang ada, metode information search dirasa efektif untuk mengaktifkan siswa sehingga prestasi belajar siswa bisa meningkat. Penggunaan metode information search dalam proses belajar mengajar mempunyai nilai-nilai praktis dalam rangka meningkatkan pemahaman serta prestasi belajar siswa.
Berdasarkan latar belakang diatas, adapun rumusan dan tujuan peneliti ini untuk mengetahui Bagaimanakah penggunaan metode information search dalam mengevaluasi hasil belajar untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas XI IPS pada mata pelajaran Geografi di Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Probolinggo.
Penelitian ini dilaksanakan di Kelas XI IPS 1 MAN 2 Kota Probolinggo. Dengan menggunakan desain penelitian tindakan kelas dan metode penelitian dengan menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Adapun tahapan penelitian dalam 3 siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara interview, observasi dan dokumentasi.
Hasil penelitian yang dilaksanan menunjukkan bahwa penggunaan metode information search dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas XI IPS 1 pada Mata Pelajaran Geografi di Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Probolinggo. Hasil nilai evaluasi juga dapat dilihat peningkatan prestasi belajar mulai dari pre tes sampai siklus 3 dengan rincian rata-rata kelas nilai pre tes 69,79%, meningkat 8,9% pada siklus I menjadi 77,88%, meningkat 6,97% pada siklus II menjadi 84,85% dan meningkat 9,85% pada siklus III menjadi 94,70%. Dan peningkatan prestasi belajar juga dapat dilihat dari hasil lembar observasi dengan rincian siklus I 52,8%, siklus II 86,11%, dan pada siklus III 94,44%.
ABSTRACT
In essence, the learning process is a process of communication. Teaching and learning activities in a class of its own in the world of communication where the teacher and students brainstorm to develop ideas and understanding. In communication often arise and occur non fahaman so communication is deemed to be ineffective and inefficient, partly due to the unpreparedness of students, lack of interest and excitement, and so on.
One way to overcome this situation is to use the method, of the many existing methods, information search is considered an effective method to enable the student so that student achievement can be improved. Use of information search methods in teaching and learning has a practical value in order to increase the understanding as well as student achievement.
Based on the above, as for the formulation and researchers aim to find out How does the use of information search methods in evaluating learning outcomes to improve student achievement XI social science on the subjects of Geography at Madrasah Aliyah Negeri 2 Probolinggo.
The research was conducted in Class IX social science 1 MAN 2 Probolinggo. By using action research design and research methods by using descriptive qualitative research. The third stage in the research cycle of planning, implementation, observation and reflection. Data was collected by interview, observation and documentation.
Results of research carried out shows that the use of information search methods can improve student achievement IX social science 1 Geography Lesson at Madrasah Aliyah Negeri 2 Probolinggo. results of the evaluation value can also be an increase in student achievement from pre-test to the cycle 3 with details of the class average pre-test value 69.79%, an increase of 8.9% in the first cycle to 77.88%, up 6.97% on second cycle increased to 84.85% and 9.85% in the third cycle to 94.70%. And increase student achievement can also be seen from the results of the observation sheet with details of the first cycle of 52.8%, the second cycle 86.11%, and 94.44% in the third cycle.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Padil, Moh | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Metode Information Seacrh; Peningkatan Prestasi Belajar Siswa | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 24 Feb 2023 09:08 | ||||||
Last Modified: | 28 Mar 2023 11:31 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/47307 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |