Kurnia, Septiana Elita (2013) Strategi Pembelajaran Ekonomi Pada Kelas X Di MAN Lamongan. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
09130103.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Pembelajaran merupakan suatu proses dimana lingkungan seseorang secara sengaja dikelola untuk memungkinkan ia turut dalam tingkah laku tertentu dalam kondisi-kondisi khusus atau menghasilkan respons terhadap situasi tertentu, pembelajaran merupakan suatu upaya memberikan stimulus, bimbingan, pengarahan, dan dorongan kepada siswa agar terjadi proses belajar.
Fokus kegiatan pembelajaran di sekolah adalah interaksi pendidik dan
peserta didik dalam mempelajari suatu materi pelajaran yang telah tersusun dalam suatu kurikulum. Dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran para pendidik disamping menguasai bahan atau materi ajar, harus pula melakukan tahap-tahap dalam pembelajaran yaitu tahap perencanaan pembelajaran, tahap pelaksanaan pembelajaran dan tahap penilaian pembelajaran tentu perlu pula mengetahui bagaimana cara materi ajar itu disampaikan dan bagaimana pula karakteristik peserta didik yang menerima materi pelajaran tersebut. Kegagalan pendidik dalam menyampaikan materi ajar selalu bukan karena ia kurang menguasai bahan, tetapi karena ia tidak tahu bagaimana cara menyampaikan materi pelajaran tersebut dengan baik dan tepat sehingga peserta didik dapat belajar dengan suasana yang menyenangkan dan juga mengasyikkan.
Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui proses pelaksanaan pembelajaran ekonomi pada kelas X di MAN Lamongan, (2) Untuk mengetahui strategi yang digunakan guru dalam pelaksanaan pembelajaran ekonomi pada kelas X di MAN Lamongan, (3) Untuk mengetahui kendala yang dihadapi oleh guru dalam pelaksanaan pembelajaran ekonomi pada kelas X di MAN Lamongan.
Penelitian ini dilaksanakan di MAN Lamongan, dengan objek penelitian siswa kelas X. Pendekatan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun untuk menganalisis data digunakan metode deskriptif kualitatif, yakni uraiannya didasarkan pada gejala-gejala yang tampak.
Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa, proses pelaksanaan pembelajaran ekonomi pada kelas X di MAN Lamongan dilengakapi dengan pembeuaran perangkat pembelajaran berupa RPP, silabus dan pembeuatan bahan ajar. Strategi yang digunakan dalam pembelajaran bermacam-macam yaitu antara lain strategi pembelajaran inkuiri dan strategi pembelajaran kontekstual, meskipun dalam pelaksanaannya terdapat berbagai kendala seperti kuranya fasilitas belajar siswa seperti laboratorium khusus untuk jurusan IPS, dan kurangnya minat belajar dari beberapa siswa.
ABSTRACT
Learning is where people’s environment which are managed in certain attitude in special conditions or produce respond on a certain condition, learning is a way to give stimulus, guidance, explanation and support to students in creating study process.
Learning activity in school focuses on interaction between teacher and student in learning subject matter that is managed in curriculum. In learning activity, teachers either master the subject matter or do the steps of learning is the step of lesson plan. The step of doing learning and certain result of learning need to know how subject matter which is delivered and how student’s characteristic which receive the subject matter. The teacher’s fault in delivering subject matter. It does not caused by master the subject matter but does not know how the way the subject matter deliver well and correct. Therefore, the student can study joyful and well.
The aim of this research is (1) to know the process of economic subject learning in X grade in MAN Lamongan, (2) to know the strategy that is used by the teacher in doing economic subject learning in X grade in MAN Lamongan, (3) to know the problem which is faced in learning economic subject in X grade in MAN Lamongan.
This research is implemented in MAN Lamongan used the object of research is the student in X grade. The approach of this research is qualitative used the technique of collecting the data through observation, interview and document. Meanwhile, to analyze the data used descriptive qualitative, is based on the tendency.
The result of this research is to show how process in doing economic learning in X grade in MAN Lamongan completed in learning object RPP, Syllabus and making lesson plan. The strategy used in various learning such as, strategy of inquiry learning and contextual. Even, there are many problems such as, student’s learning facility in laboratory for social science education department, and the lack of student’s interest in studying.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Ali, Nur | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Belajar; Pembelajaran Ekonomi; Strategi Pembelajaran Study; Economic Subject Learning; Learning strategy. | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 23 Feb 2023 14:35 | ||||||
Last Modified: | 23 Feb 2023 14:35 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/47306 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |