Rochman, Angga Fathur (2014) Implementasi Media Audio Visual untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran geografi kelas X LM (Lintas Minat) di SMA Negeri 3 Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
10130019.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Dalam pemilihan metode pembelajaran, tentunya membutuhkan suatu media pembelajaran yang dapat membantu seorang guru dalam menyampaikan pesan kepada peserta didik atau siswa. Selain itu juga media pembelajaran dapat membangkitkan motivasi siswa dan minat yang baru dalam diri siswa untuk belajar. Tentunya banyak cara yang bisa ditempuh dalam membangkitkan motivasis siswa, salah satunya dengan menggunakan media pembelajaran yang baru dan efisien. Media pembelajaran yang digunakan guru pada saat ini tidak hanya media pembelajaran yang berupa papan tulis, gambar, poster, dan lain-lain. Tetapi sekarang denga berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) yang begitu pesat, terutama dalam hal berkembangnya teknologi komunikasi.
Penelitian ini mendeskripsikan tentang penggunaan media audio visual dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SMA Negeri 3 Malang. Dengan rumusan masalah bagaimana implementasi, penerapan dan hasil dalam menggunakan media audio visual dalam meningkatkan motivasi siswa, pada mata pelajaran Geografi kelas X LM di SMA Negeri 3 Malang. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif, pengumpulan data, dilakukan dengan menggunakan observasi, interview, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif, yaitu berupa data-data yang tertulis atau dari hasil interview dari pihak-pihak tertentu.
Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: implementasi media audio visual ini tidak disiarkan secara langsung dari parabola melainkan menggunakan kaset, video, rekaman dan VCD. Sedangkan kurikulum 2013 ini secara tidak langsung pembelajarannya menggunakan teknologi yang mendukung dalam pembelajaran dikelas dilihat dari pemahaman, nilai dan hasil ulangan harian siswa. Pada hasil post test awal yag termotivasi dengan media ini hanya 4 siswa, post test kedua 7 siswa, dan post test ketiga 11 siswa, yang juga diperkuat dengan hasil ulangan harian siswa yang rata-rata diatas 90.
Sebagai dari akhir penyusunan skripsi penulis memberikan kesimpulan bahwa penggunaan media audio visual dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, pemahaman dan memperjelas materi yang akan disampaikan di dalam proses belajar mengajar dikelas.
ABSTRACT
In the selection of learning methods, of course, requires a media that can assist a teacher in conveying the message to the learner or student. In addition, instructional media can increase students' motivation and new interest in students to learn. Of course, many ways that can be taken in motivating students, one of them by using new media and efficient learning. Teachers use instructional media at this time not only in the form of instructional media whiteboard, pictures, posters, and others. But now with the development of science and technology (Science and Technology) is so rapid, especially in terms of development of communication technology.
This study describes the use of audio-visual media in increasing students' motivation in SMAN 3 Malang. With the formulation of the problem of how the implementation, application and results in the use of audio-visual media in increasing student motivation, the subject of Geography in class X LM SMAN 3 Malang. This research includes descriptive qualitative research, data collection, carried out by using observation, interviews, and documentation. Analysis of data using qualitative descriptive analysis in the form of written data or the results of interviews of certain parties.
The results of this study are as follows: implementation of audio-visual media is not broadcast live from the satellite dish but using tapes, videos, records and VCD. While this 2013 curriculum indirectly using technology to support learning in the classroom learning views of understanding, value and daily test results of students. In the first post-test results were motivated by the media is only 4 students, the second post test 7 students, and the third test post 11 students, which is also reinforced by the results of the daily tests students on average above 90.
As the final preparation of the thesis, the author concludes that the use of audio-visual media can increase students' motivation, understanding and clarify the material that will be presented in the classroom learning process.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Rasmianto, Rasmianto | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Media Audio Visual; Motivasi Belajar; Geografi; Audio Visual Media; Learning Motivation; Geography | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Koko Prasetyo | ||||||
Date Deposited: | 23 Feb 2023 14:34 | ||||||
Last Modified: | 23 Feb 2023 14:34 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/47304 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |