Rostiani, Dwi (2014) Pengaruh kondisi sosial ekonomi orang tua dan lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi pada Siswa Kelas XI Ips Sma Negeri 1 Adipala Kabupaten Cilacap. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
10130018.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Keberhasilan pendidikan merupakan tanggung jawab bersama antara keluarga (orang tua), anggota masyarakat dan pemerintah. Pemerintah dan masyarakat menyediakan tempat untuk belajar yaitu sekolah. Sekolah menampung siswa-siswinya dari berbagai macam latar belakang atau kondisi sosial ekonomi yang berbeda. Prestasi belajar tidak dapat dipisahkan dari masalah belajar, hal ini disebabkan prestasi belajar merupakan bukti keberhasilan dalam kegiatan belajar mengajar yang berlangsung. Tinggi rendahnya prestasi belajar siswa pada dasarnya dipengaruhi oleh dua faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui :(1) pengaruh yang signifikan antara kondisi sosial ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Adipala. (2) pengaruh yang signifikan antaralingkungan sekolah terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Adipala. (3) pengaruh yang signifikan antara kondisi sosial ekonomi orang tua dan lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Adipala.
Jenis penelitian yang digunakan dalam peneliti ini adalahpenelitian Kuantitatif.Penelitian ini berlokasi di SMA Negeri 1 Adipala Kabupaten Cilacap.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Adipala. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner/angket yang digunakan untuk mengetahui kondisi sosial ekonnomi orang tua dan lingkungan sekolah, dan dokumentasi untuk mengetahui prestasi belajar siswa. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi berganda.
Hasil penelitian yang didapat yaitu ada pengaruh yang positif dan signifikan dari variabel kondisi sosial ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar ditunjukkan dengan nilai sebesar 0,080 dan probabilitas 0,047.Selanjutnyaada pengaruh yang positif dan signifikan darivariabel lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar ditunjukkan dengan nilai sebesar 0,065 dan probabilitas 0,044. Secara simulat,variavel kondisi sosial ekonomi orang tua dan lingkungan sekolah memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap prestasi belajar.Hal tersebut dibuktikan dari hasil perhitungan analisis regresi berganda diperoleh nilai R Squaresebesar 0,114 sehingga dapat disimpulkan bahwa 11,4% prestasi dipengaruhi oleh kondisi sosial ekonomi orang tua dan lingkungan sekolah.
ABSTRACT
Success Education is a shared responsibility between the family (parents), community members and government. Government and provides a place for people to learn that school. School holds its students from many different backgrounds or different socio-economic conditions. Achievement learning do not be separated from learning problems, this is due to the learning achievement is a testament to the success of the teaching and learning activities that take place. High and low achievement student are basically influenced by two factors: internal factors and external factors.
The purpose of this study was to determine: (1) significant relationship between parental socio-economic conditions on the learning achievement of economic subjects in class XI Social Sciences State Senior High Schools 1 Adipala. (2) significant influence of the school environment on the learning achievement of economic subjects in class XI Social Sciences State Senior High Schools 1 Adipala. (3) relations significant between socio-economic conditions of parents and school environment on the learning achievement of economic subjects in class XI Social Sciences State High Schools 1 Adipala.
This research type used in this research is quantitative research. This study is located at State High Schools 1 Adipala. The populations in this study were all students of class XI of the Social Sciences State High Schools 1 Adipala. The instrument used in this study is a questionnaire / questionnaire used to determine the socio-economic condition of the parents and the school environment, and documentation to determine student achievement. The analysis used in this study is multiple regression analysis.
The Research results obtained that there is a positive and significant effect of the variable socio-economic conditions of parents of learning achievement indicated by the value of β of 0.080 and 0.047 probability. Furthermore, there is a positive and significant influence of the school environment variables on learning achievement indicated by the value of β of 0.065 and 0.044 probability. Simultaneously, the variable socio-economic parents conditions and school environment has a positive and significant effect on learning achievement. This is evidenced from the calculation of multiple regression analysis obtained value of R Square of 0.114 so it can be concluded that 11.4 % of achievement is affected by socio-economic conditions of the parents and the school environment.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Kusumadyahdewi, Kusumadyahdewi | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Kondisi Sosial Ekonomi Orang Tua; Lingkungan Sekolah; Prestasi Belajar; Socio-Economic Parent Conditions; Environment School; Learning Achievement | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Koko Prasetyo | ||||||
Date Deposited: | 23 Feb 2023 14:34 | ||||||
Last Modified: | 06 Apr 2023 12:53 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/47302 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |