Restianingsih, Paring (2013) Penerapan Cooperative Learning Metode Crossword Puzzle dalam meningkatkan hasil belajar IPS Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Ampelgading Satu Atap Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
09130010.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Dengan mengetahui hasil belajar, siswa terdorong untuk belajar lebih giat. Apalagi bila hasil belajar itu mengalami kemajuan, siswa berusaha untuk mempertahankannya atau bahkan meningkatkan intensitas belajarnya guna mendapatkan prestasi belajar yang lebih baik dikemudian hari atau pada semester berikutnya. Dalam penelitian ini memfokuskan bagaimana hasil belajar siswa setelah penerapan Cooperative Learning metode Crossword Puzzle pada mata pelajaran IPS di kelas VII SMP Negeri Satu Atap Malang, Cooperative Learning metode Crossword Puzzle dilakukan dengan membagi siswa dalam kelompok- kelompok. Jumlah kelompok antara 5-6 orang. Pelaksanaan dimulai dengan penyajian materi oleh guru, kemudian guru membagikan lembar Crossword Puzzle pada setiap kelompok, salah satu perwakilan kelompok mempresentasikan di depan kelas, lalu kelompok yang lain menyimak sambil mengoreksi.
Tujuan dilaksanakan penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan perencanaan pembelajaran cooperative learning melalui metode crossword puzzle dalam meningkatkan hasil belajar IPS Siswa kelas VII SMP Negeri 4 Ampelgading Satu Atap Malang, (2) untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran cooperative learning melalui metode crossword puzzle dalam meningkatkan hasil belajar IPS Siswa kelas VII SMP Negeri 4 Ampelgading Satu Atap Malang, (3) untuk mendeskripsikan hasil penilaian pembelajaran cooperative learning melalui metode crossword puzzle dalam meningkatkan hasil belajar IPS Siswa kelas VII SMP Negeri 4 Ampelgading Satu Atap Malang.
Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dapat diartikan sebagai upaya atau tindakan yang dilakukan oleh guru atau peneliti untuk memecahkan masalah pembelajaran melalui kegiatan penelitian. Dalam pengumpulan data, yang digunakan pada penelitin ini adalah hasil tes dan kegiatan siswa selama mengikuti kegiatan pembelajaran.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penerapan Cooperative Learning metode Crossword Puzzle dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPS siswa kelas VII SMP Negeri 4 Ampegading Satu Atap Malang (1) pada perencanaan metode mengacu pada RPP yang telah dirancang; (2) pada pelaksanaan berkolaborasi dengan Ibu Ruma’kiyah, S.Pd selaku guru IPS kelas VII, dapat berjalan dengan lancar; (3) pada penilaian hasil belajar dapat dilihat pada penilaian pre test dan post test setiap akhir siklus. Sebelum tindakan nilai rata-rata kelas adalah 66,6, pada siklus I adalah 73,1, dan pada siklus II adalah 83,6. Persentase ketercapaian hasil belajar pada siklus I mencapai 9,7% dan pada siklus II mencapai 14,3%. Selain itu, metode ini mampu meningkatkan hasil belajar siswa, dan dapat mempererat hubungan kerjasama antar siswa.
ABSTRACT
Students encourage studying more diligent after knowing learning result. Moreover, when the result has a good progress, students try to hold onto it even increase the intensity of their study to get the better achievement in the next semester. This research focuses on how does the learning result after applying Crossword Puzzle method in Cooperative Learning strategy of the Social Science lesson in grade VII SMP Negeri 4 Ampelgading Satu Atap Malang. Crossword Puzzle method in Cooperative Learning strategy is done by dividing the students into groups. Each group consists of 5-6 students. It begins with teacher presentation before dividing Crossword Puzzle to each group. Next, while one of the groups presents in front of the class, other groups are listening and correcting.
The goals of this research are : (1) to describe the planning of Cooperative Learning strategy through the Crossword Puzzle method in increasing social science’s learning result of VII grade students in SMP Negeri 4 Ampelgading Satu Atap Malang, (2) to describe the process of Cooperative Learning strategy through the Crossword Puzzle method in Cooperative Learning strategy to increasing result social science of VII grade student in SMP Negeri 4 Ampelgading Satu Atap Malang, (3) to describe the result of Cooperative Learning strategy through the Crossword Puzzle method in Cooperative Learning strategy to increasing result social science of VII grade student in SMP Negeri 4 Ampelgading Satu Atap Malang.
This research is included in Classroom Action Research (C.A.R). It can be defined as the effort or actions which are done by teacher or observer to solve learning problem through the research activity. In collecting the data, this research uses test result and students’ activity during learning process in the class.
The result of this research shows that by applying Crossword Puzzle method in Cooperative Learning strategy can increase the learning result of social science subject in grade VII SMP Negeri 4 Ampelgading Satu Atap Malang. The result are (1) the method planning focuses on arranging RPP (2) the collaboration process with Mrs. Ruma’kiyah, S.Pd as the social science’s teacher in grade VII ran well (3) the assessment of learning result can be seen in the pre test and post test every preceding cycle. Finally, before the classroom action research, the average score is 66,6, in cycle I is 73,1 and in cycle II is 83,6. The percentage gain of learning result in cycle I achieve 9,7% and in cycle II achieve 14,3%. Besides, this method also can increase students’ learning result and make the cooperate relation among student tighter.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Kawakip, Akhmad Nurul | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Cooperative Learning; Crossword Puzzle; dan Hasil Belajar | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 23 Feb 2023 14:32 | ||||||
Last Modified: | 23 Jun 2023 11:06 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/47297 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |