Yudha, Intan Shofi (2013) Pengaruh lingkungan belajar dan kreatifitas guru terhadap prestasi belajar siswa Kelas VIII mata pelajaran IPS terpadu di SMPN 1 Durenan Kabupaten Trenggalek. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
09130007.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Prestasi Belajar merupakan hasil dari apa yang telah dicapai oleh siswa setelah melakukan serangkaian aktivitas belajar yang berupa perubahan tingkah laku baik berupa kognitif, psikomotorik maupun afektif. Tingkat keberhasilan siswa dapat dilihat dari nilai ulangan harian. Akan tetapi pada kenyataanya sering tidak sesuai dengan apa yang diharapkan, dimana hasil belajar siswa belum tentu dapat dicapai dengan baik. Hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor, baik yang datang dari dalam diri siswa sendiri maupun yang datang dari luar diri siswa. Bila ditinjau dari luar diri siswa (faktor eksternal) terdapat dua faktor yang menjadi variabel penelitian ini yaitu diantaranya lingkungan belajar dan kreatifitas guru dalam mengajar.
Tujuan pelitian ini adalah (1) Untuk menganalisis pengaruh lingkungan belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran IPS Terpadu siswa kelas VIII di SMPN 1 Durenan Kabupaten Trenggalek. (2) Untuk menganalisis pengaruh kreatifitas guru terhadap prestasi belajar mata pelajaran IPS Terpadu siswa kelas VIII di SMPN 1 Durenan Kabupaten Trenggalek. (3) Untuk menganalisis pengaruh lingkungan belajar dan Kreatifitas guru belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran IPS Terpadu siswa kelas VIII di SMPN 1 Durenan Kabupaten Trenggalek.
Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Dengan menggunakan jenis penelitian korelasional. Penelitian ini dirancang untuk menentukan besarnya pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner/angket yang digunakan untuk mengetahui lingkungan belajar siswa dan kreatifitas guru yang dipersepikan siswa. Intrumen yang juga digunakan adalah dokumen dan wawancara, yaitu untuk mengetahui prestasi belajar siswa dan memperkuan hasil temuan di lapangan. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda.
Hasil regresi linier berganda menunjukan besarnya pengaruh sebagai berikut; (1) Pengaruh variabel lingkungan belajar terhadapa prestasi belajar menunjukkan tidak adanya pengaruh positif signifikan yang ditunjukkan oleh besarnya nilai t hitung < t table 1,069 < 1,991 . (2) Pengaruh variabel kreatifitas guru terhadapa prestasi belajar menunjukkan tidak adanya pengaruh positif signifikan yang ditunjukkan oleh besarnya nilai thitung < ttabel 1.397 < 1,991. (3) Pengaruh variabel lingkungan belajar dan kreatifitas guru terhadapa prestasi belajar sebagai variabel terikat secara serentak menunjukkan adanya pengaruh positif signifikan yang ditunjukkan oleh besarnya nilai (0,044<0,05).
ABSTRACT
Learning achievement is the result of what has been achieved by students after doing a series of learning activities in the form of changes in the behaviour of either cognitive, psychomotor and affective. The success rate of students can be seen daily appreciate from Deuteronomy. But in fact often do not match what is expected, where student learning outcomes is not necessarily good. It is influenced by several factors, both coming from inside the students own or that come from outside the student. When are reviewed from outside the student (external factors) there are two factors that the study variables that include learning environment and the creativity of teachers in teaching.
The purpose of research it is (1) to analyse the influence of learning achievements learning environment subjects IPS Integrated students in the class viii smpn 1 durenan district trenggalek. (2) to analyse the influence of teacher's creativity in learning achievement IPS Integrated subjects students in the class viii smpn 1 durenan district trenggalek. (3) in order to analyze the influence of the environment of learning and creativity of teacher learning learning achievements against IPS Integrated subjects students in the class viii smpn 1 durenan district trenggalek.
The approach used is the quantitative approach. By using this type of research correlasional. The study was designed to determine the amount of influence the dependent variable to the independent variable. The instruments used in this study is a questionnaire/question form that is used to find the learning environment creative students and teacher students of percepption. The instruments used are the documents and interviews, That is to know the accomplishments of student learning and memperkuan findings in the field. The analysis used in this study is the analysis of multiple linear regression.
Multiple linear regression results showed the magnitude of the effect as follows; (1) the influence of environmental variables of learning terhadapa learning achievements demonstrate the absence of significant positive influence shown by the magnitude of the value t calculate the < t table 1,069 < 1,991. (2) the influence of variable terhadapa teacher learning achievements of students showed no significant positive influence shown by the magnitude of the value thitung < ttabel 1,134 < 1,991. (3) the influence of environmental variables of learning and creativity of teacher learning achievements as the terhadapa variable is bound simultaneously showed a significant positive influence shown by the magnitude of the value (0, 044 < 0.05).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Kusumadyahdewi, Kusumadyahdewi | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Lingkungan Belajar; Kreatifitas Guru dan Prestasi Belajar | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 23 Feb 2023 11:01 | ||||||
Last Modified: | 23 Feb 2023 11:01 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/47282 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |