Sutiani, Sutiani (2013) Aplikasi Metode Simulasi untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dalam Pembelajaran IPS Terpadu Pada Siswa Kelas VIII B MTSN Malang 3. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
09130099.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Metode simulasi merupakan suatu cara untuk menjelaskan sesuatu atau materi pelajaran melalui perbuatan yang bersifat pura-pura atau bermain peran mengenai suatu tingkah laku yang dilakukan seolah-olah dalam keadaan yang sebenarnya. Simulasi merupakan alat pengajaran kelompok, dimana siswa dibagi dalam beberapa kelompok dan setiap kelompok mendapat kesempatan untuk melaksanakan simulasi yang sama maupun berbeda. Kelebihan simulasi ini dapat berkesan, tahan lama dalam ingatan, menarik bagi siswa, dan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran IPS Terpadu, terutama dalam mata pelajaran sejarah dan geografi.
Penelitian ini dilaksanakan di MTsN Malang 3, dengan objek penelitian siswa kelas VIII B. Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah; 1). Mendeskripsikan perencanaan pembelajaran melalui metode simulasi untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran IPS Terpadu pada siswa kelas VIII MTsN Malang 3; 2). Mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran melalui metode simulasi untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran IPS Terpadu pada siswa kelas VIII MTsN Malang 3; 3). Mendeskripsikan penilaian pembelajaran melalui metode simulasi untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran IPS Terpadu pada siswa kelas VIII MTsN Malang 3.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Tahapan penelitian ini dilakukan dengan 4 tahap, yaitu: 1). perencanaan, 2). pelaksanaan, 3). pengamatan, dan 4). refleksi. Sedangkan pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi yang dilakukan secara langsung di lapangan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode simulasi terbukti dapat meningkatkan motivasi belajar dalam pembelajaran IPS Terpadu pada siswa kelas VIII B MTsN Malang 3. Peningkatan motivasi siswa dapat dilihat dari hasil penilaian pada saat simulasi dan hasil post test pada setiap siklus. Prosentase peningkatan motivasi pada saat simulasi siklus I yaitu 56%, pada siklus II meningkat menjadi 70%, dan pada siklus III juga meningkat menjadi 81%. Dan pada saat pre test rata-rata kelas yaitu 64,16, pada saat post test siklus I mengalami peningkatan rata-rata kelas 68,44, siklus II 92,74, siklus III 92,96
ABSTRACT
Simulation method is a method to explain a something or a learning material through the pretending or the playing of a role of behavior that is usually acted in the actuality. The simulation is a collective teaching tool where students are assigned into groups. Each group is given a chance to do similar or different simulations. The advantage of simulation is that this method is impressive, strongly retained within memory, attractive to student, and increasing the learning motivation of students in learning Integrated Social Science, especially for the history and geography.
Research is conducted in MTsN Malang 3. The object of research is students of Grade VIII B. The objectives of research are: (1) to describe the planning of learning through the simulation method to increase the learning motivation of learning the Integrated Social Science of Grade VIII Students in MTsN Malang 3; (2) to describe the implementation of learning through the simulation method to increase the learning motivation of learning the Integrated Social Science of Grade VIII Students in MTsN Malang 3; and (3) to describe the assessment of learning through the simulation method to increase the learning motivation of learning the Integrated Social Science of Grade VIII Students in MTsN Malang 3.
Research approach is qualitative descriptive approach. Type of research is Classroom Action Research. Four stages of research are: (1) planning, (2) implementation, (3) observation, and (4) reflection. Data collection techniques are observation, interview and documentation which are directly carried out in the field.
Result of research indicates that learning using simulation method has been proved as increasing learning motivation of learning the Integrated Social Science of Grade VIII B students in MTsN Malang 3. The increase of motivation of students may be seen from the result of assessment of simulation and the result of posttest at every cycle. The percentage of the increased motivation at Cycle I
simulation is 56%, while at Cycle II, it is increased to 70 %, and while at Cycle III, it is increased to 81%. During pretest, class average is 64.16. During Cycle I posttest, class average is 68.44, while during Cycle II and III, both are 92.74 and 92.96.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Ali, Nur | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Metode Simulasi Motivasi; IPS Terpadu Simulation Method; Motivation; Integrated Social Science | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 23 Feb 2023 14:31 | ||||||
Last Modified: | 23 Feb 2023 14:31 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/47278 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |