Virisky, Nurul (2013) Penerapan pembelajaran kontekstual untuk menumbuhkan karakter jujur, kerja keras, dan toleransi pada mata pelajaran IPS Terpadu di Kelas VII SMPN 2 Purwosari, Pasuruan. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
09130005.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Seiring dengan perkembangan zaman dan era globalisasi manusia tidak lepas dari dunia pendidikan karena pada hakekatnya pendidikan adalah usaha untuk mengembangkan kepribadian dan kemampuan. Dengan tercapainya tujuan dan kualitas pembelajaran, serta karakter budaya yang diharapkan maka dikatakan bahwa guru telah berhasil dalam mengajar. Keberhasilan kegiatan belajar mengajar tentu saja diketahui setelah diadakan evalusi dengan berbagai faktor yang sesuai dengan rumusan beberapa tujuan pembelajaran.
Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui perencanaan strategi pembelajaran kontekstual pada mata pelajaran IPS terpadu dapat menumbuhkan karakter jujur, kerja keras, dan toleransi di kelas VII SMPN 2 Purwosari, 2) Mengungkap gambaran pelaksanaan pembelajaran kontekstual terhadap pengembangan karakter jujur, kerja keras, dan toleransi pada mata pelajaran IPS Terpadu kelas VII di SMPN 2 Purwosari, 3) Untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas VII yang diajar menggunakan pembelajaran kontekstual dapat menumbuhkan karakter jujur, kerja keras, dan toleransi. Untuk mencapai tujuan tersebut, digunakan rancangan penelitian tindakan kelas yang melibatkan data kualitatif. Penelitian yang dilakukan oleh penulis adalah penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif. Dalam pengumpulan data, penelitian menggunakan beberapa metode, yaitu metode observasi, metode wawancara serta metodedokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran kontekstual dapat menumbuhkan karakter jujur, kerja keras, dan toleransi pada mata pelajaran IPS Terpadu di kelas VII SMPN 2 Purwosari, Pasuruan. Pada siklus I, II, dan ke III terjadi peningkatan dalam jumlah peserta didik yang sudah mulai tertanam karakter jujur, kerja keras, dan toleransi yang dapat dilihat pada tabel hasil observasi dan tabel nilai sebagai penunjang keberhasilan penerapan pembelajaran kontekstual di kelas VII SMPN 2 purwosari. Dari hasil siklus III sudah menunjukkan keberhasilan karena sudah lebih dari 50% siswa yang memiliki tiga karakter tersebut diantaranya yaitu jujur sebanyak 31 siswa atau 89% dari keseluruhan siswa, kerja keras sebanyak 32 atau 92% siswa, dan 31 atau 89% siswa yang sudah memiliki rasa toleransi/ saling menghargai antar teman dengan rata-rata 78.
ABSTRACT
Along with the times and the era of globalization, people cannot be separated from education because education is essentially an attempt to develop a good personality and skills. With the achievement of objectives and the quality of learning, and expected culture characteristic then it is said teachers have been successful in teaching. The success of teaching and learning of course is known after evaluation conducted by a variety of factors that fit to several formula of learning objectives.
The purposes of this study are: 1) To determine the strategic planning of contextual learning in integrated social studies can foster honest, hard work and tolerance characteristics in the classroom grade VII of SMPN 2 Purwosari, 2) Reveal the description of contextual learning implementation concerning character development of honest, hard work and tolerance in integrated social studies in VII grade of SMPN 2 Purwosari, 3) To find out grade VII students learning outcomes who are taught using contextual learning can foster honest, hard work and tolerance characteristics. To achieve these objectives, the study used detailed examination framework of the class action involving qualitative data.
Research conducted by the authors is an action research with a qualitative approach. In collecting data, the research used several methods, namely observation, interview and documentation methods.
The results showed that the application of contextual learning can foster honest, hard work and tolerance characteristics in integrated social studies lesson in grade VII of SMPN 2 Purwosari, Pasuruan. In the first, second, and third cycles, there is an increase number of students who have started embedded honest, hard work and tolerance characteristics which can be seen in the table of observation result and the table of score as supporting the successful implementation of contextual learning in grade VII of SMPN 2 Purwosari. From the results of the third cycle showed success because more than 50% of students have the three characteristics, namely the character of honest 31 students or 89% of the whole student, hard work as much as 32 or 92% of students, and 31 or 89% of students who already have tolerance / mutual respect among friends with an average score is 78.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Zainuddin, M | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | pembelajaran kontekstual; karakter jujur; kerja keras; dan toleransi; mata Pelajaran IPS Terpadu | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 23 Feb 2023 11:00 | ||||||
Last Modified: | 16 Jun 2023 13:48 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/47273 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |