Hasanah, Anis Uswatun (2013) Pengembangan Kompetensi Pedagogik dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran ekonomi di SMA Jenderal Sudirman Kalipare Kabupaten Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
09130001.pdf - Submitted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Keberhasilan guru dalam melaksanakan proses pembelajaran ditentukan oleh kompetensi yang dimiliki guru dan kemampuan yang dimiliki peserta didik. Kompetensi guru yang berkaitan dalam pengelolaaan pembelajaran di kelas adalah kompetensi Pedagogik, karena kompetensi pedagogik merupakan kompetensi pertama yang harus dikuasai dan dipraktikkan guru dalam proses belajar mengajar. Selain harus memiliki kompetensi Pedagogik, guru juga harus membangkitkan motivasi belajar siswanya dalam pembelajaran, hal ini penting karena Motivasi belajar merupakan, daya pendorong, atau alat pembangun kesediaan dan keinginan yang kuat dalam diri peserta didik untuk melakukan belajar.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Jenderal Sudirman Kalipare Kabupaten Malang, dengan objek Penelitian siswa Kelas XI IPS 1. Adapun tujuan yang yang ingin dicapai dalam penelitian ini secara umum adalah 1) Pengembangan kompetensi pedagogik guru ekonomi dalam meningkatkan Motivasi belajar siswa Kelas XI di SMA Jenderal Sudirman Kalipare Kabupaten Malang, 2) Problematika yang dihadapi Guru Ekonomi dalam mengembangkan Kompetensi Pedagogik di SMA Jenderal Sudirman Kalipare Kabupaten Malang 3) Upaya guru Ekonomi dalam meningkatkan Motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi Kelas XI di SMA Jenderal Sudirman Kalipare Kabupaten Malang.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pendekatan Deskriptif Kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. dan analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini adalah bahwa guru ekonomi di SMA Jenderal Sudirman Kalipare ini sudah mampu mengembangkan kompetensi Pedagogik dalam meningkatkan motivasi belajar siswanya, Hal ini dapat di buktikan dari cara sudah mampu mengemas materi pelajaran kepada siswa, memahami karakteristik siswa, membuat silabus dan RPP diawal masuk semester, membuat siswa aktif dengan dalam pembelajaran, mengadakan evaluasi tsetiap akhir pembelajaran, dan mengembangkan potensi siswa. Problematika yang di hadapi guru ekonomi adalah di setiap kelas masih belum tersedianya LCD, terdapat siswa yang mempunyai kondisi fisik yang secara khusus butuh perhatian, dan kurangnya perhatian orang tua yang kurang mendukung anaknya untuk belajar. Untuk itu Upaya yang dilakukan guru Ekonomi dalam meningkatkan motivasi belajar siswanya dengan cara Menjelaskan tujuan belajar pada pesert didik, memberikan Hadiah, menciptakan suasana untuk berkompetisi, Pujian, Hukuman, membantu kesulitan belajar, dan menggunakan media audio visual.
ABTRACT
The success of teacher in the learning process is determined by teacher competence and the ability of the educated participant. Teacher competence is always related to the learning management in the class, and therefore it is called as pedagogic competence. Pedagogic competence is a first competence that should be mastered and practiced by teacher in the learning-teaching process. In addition to pedagogic competence, teacher must also encourage students’ learning motivation. It is important because learning motivation is the driver or the builder of the willingness and interest within the educated participant to do the learning.
Research is conducted at SMA Jenderal Sudirman Kalipare of Malang District. The object of research is Students Grade XI of Social Science 1. The objectives of research are (1) to understand the pedagogic competence of the economic teacher in improving learning motivation of Students Grade XI at SMA Jenderal Sudirman Kalipare of Malang District, (2) to acknowledge the problems faced by the economic teacher in developing their pedagogic competence at SMA Jenderal Sudirman Kalipare of Malang District, and (3) to examine the effort of the economic teacher to improve learning motivation of students in economic lesson among Students Grade XI at SMA Jenderal Sudirman Kalipare of Malang District.
Research approach is qualitative descriptive. Data collection techniques are observation, interview, and documentation. Data analysis includes data reduction, data presentation, and conclusion.
Result of research indicates that economic teacher at SMA Jenderal Sudirman Kalipare has been able to develop their pedagogic competence to increase students’ learning motivation. It is proved by their ability in packaging the lesson material for students, in understanding students’ characteristic, in preparing the syllabus and RPP in the first semester, in stimulating the activity of students in the learning, in conducting evaluation after learning, and in developing students’ potential. Problems faced by economic teacher are that LCD is not available, students with specific physical demand are requiring specialized teaching, and less attention from parent may reduce learning motivation. Therefore, the economic teacher should improve learning motivation of students by explaining the learning goal, providing the gift, organizing the competition, giving the appreciation and punishment, helping the students with learning difficulty, and using the audio visual devices.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Ali, Nur | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Kompetensi Pedagogik; Motivasi Belajar | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 23 Feb 2023 11:03 | ||||||
Last Modified: | 23 Feb 2023 11:03 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/47261 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |