Responsive Banner

Pengaruh Rasa Percaya Diri dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI Di MA Al-Ittihad Belung Poncokusumo

Sundusia, Ita (2013) Pengaruh Rasa Percaya Diri dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI Di MA Al-Ittihad Belung Poncokusumo. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img] Text (fulltext)
09130095.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK

Pendidikan adalah suatu proses dalam rangka memengaruhi siswa agar dapat menyesuaikan diri sebaik mungkin. Terkait dengan dunia pendidikan, untuk menciptakan manusia yang berkualitas dan berprestasi tinggi maka siswa harus memiliki prestasi belajar yang baik. Prestasi belajar merupakan hasil dari apa yang telah dicapai oleh siswa setelah melakukan proses belajar selama waktu yang telah ditentukan bersama.Prestasi juga akan mempengaruhi oleh rasa percaya diri dan motivasi belajar, dari sini prestasi belajar akan meningkat.

Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh rasa percaya diri terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran ekonomi kelas XI di MA Al-Ittihad Belung Poncokusumo Malang. (2) Untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran ekonomi kelas XI di MA Al-Ittihad Belung Poncokusumo Malang. (3) Untuk mengetahui pengaruh rasa percaya diri dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran ekonomi kelas XI di MA Al-Ittihad Belung Poncokusumo Malang.

Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatifdengan jenis penelitian korelasional, yaitu penelitian yang dituntut menggunakan angka mulai pengambilan data hingga penampilan dari hasilnya dan bertujuan untuk menemukan ada tidaknya pengaruh antara variabel yang diteliti. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner/angket yang digunakan untuk mengetahui rasa percaya diri dan motivasi belajar siswa. Instrumen yang juga digunakan adalah dokumen, yaitu untuk mengetahui prestasi belajar siswa. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda.

Hasil regresi linier berganda menunjukkan besarnya pengaruh sebagai berikut; (1) Pengaruh variabel rasa percaya diri terhadap prestasi belajar menunjukkan adanya pengaruh yang positif signifikan yang ditunjukkan oleh besarnya ݐ௛௜௧௨௡௚ (3,412) >ݐ௧௔௕௘௟ (1,997). (2) pengaruh variabel motivasi belajar terhadap prestasi belajar menunjukkan adanya pengaruh yang positif signifikan yang ditunjukkan oleh besarnya ݐ௛௜௧௨௡௚ (3,589) >ݐ௧௔௕௘௟ (1,997). (3) pengaruh varibel rasa percaya diri dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar sebagai veriabel terikat secara serentak menunjukkan adanya pengaruh positif signifikan yangt ditunjukkan oleh besarnya nilai ܨ௛௜௧௨௡௚ (31,301) >ܨ௧௔௕௘௟ (3,990).

ABSTRACT

Education is a process to persuade students for better self-adaptation. In the education world, human with high quality and achievement can be created if students have good learning achievement. Learning achievement represents a result of what has been achieved by students after doing a process of learning during the learning schedule. The achievement will be also persuaded by self-confidence and learning motivation, and thus, learning achievement is increased.

The objectives of research are (1) to understand the influence of self- confidence on learning achievement in economic lesson of Grade XI at MA Al- Ittihad Belung Poncokusumo Malang, (2) to acknowledge the influence of learning motivation on learning achievement in economic lesson of Grade XI at MA Al-Ittihad Belung Poncokusumo Malang, and (3) to figure out the influence of self-confidence and learning motivation on learning achievement in economic lesson of Grade XI at MA Al-Ittihad Belung Poncokusumo Malang.

The approach used in this research is quantitative approach, while type of research is correlation. Such research uses numbers in whole processes starting from data collection until the presentation of result. The use of numbers is aimed to ensure whether there is influence between variables observed. Some instruments of research are used. Questionnaire is employed to understand self-confidence and learning motivation of students. Document is used to acknowledge learning achievement of student. The analysis tool in this research is multiple linear regression analysis.

Result of multiple linear regression indicates that (1) the influence of self- confidence on learning achievement is significantly positive with tcount (3.412) > ttable (1.997); (2) the influence of learning motivation on learning achievement is also significantly positive with tcount (3.589) > ttable (1.997); and (3) the simultaneous influence of self-confidence and learning motivation on learning achievement as the dependent variables is significantly positive as shown by Fcount (31.301) > Ftable (3.990).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Bashith, Abdul
Contributors:
ContributionNameEmail
UNSPECIFIEDBashith, AbdulUNSPECIFIED
Keywords: Rasa Percaya Diri; Motivasi Belajar; dan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Self-Confidence; Learning Motivation; and Learning Achievement for Economic Lesson
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Fadlli Syahmi
Date Deposited: 23 Feb 2023 11:03
Last Modified: 23 Feb 2023 11:03
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/47257

Downloads

Downloads per month over past year

Actions (login required)

View Item View Item