Huda, Ihsanul (2013) Pengaruh Kompetensi Kepribadian dan Profesional Guru Terhadap Potensi dan Prestasi Siswa Di SMAI Almaarif Singosari Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (fulltext)
09130094.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRACT
Di dalam lembaga pendidikan ada tiga komponen yang tidak bisa dipisahkan yakni guru atau pendidik, siswa dan sarana prasarana atau fasilitas sebagai penunjang. Dari ketiga komponen tersebut guru lebih dominan pengaruhnya terhadap keberhasilan pembelajaran, karena guru mampu mentransformasikan ilmunya dengan sungguh dan berkualitas sesuai dengan kompetensinya. Guru adalah salah satu faktor yang menentukan berhasilnya proses belajar mengajar tersebut, oleh sebab itu guru harus memiliki kompetensi untuk mengorganisasikan ide-ide yang dikembangkan dikalangan peserta didiknya, baik itu kompetensi profesional, pedagogik, sosial, dan pribadi, dengan kemampuan yang dimiliki maka siswa akan termotivasi untuk belajar lebih baik dan bisa menunjukkan potensi yang dimilikinya, sehingga indikator pencapaian tujuan pendidikan berupa peningkatan prestasi siswa.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan (1) pengaruh kompetensi kepribadian guru terhadap potensi siswa, (2) pengaruh kompetensi profesional guru terhadap potensi siswa, (3) pengaruh kompetensi kepribadian guru terhadap prestasi siswa, (4) pengaruh kompetensi profesional guru terhadap prestasi siswa, (5) pengaruh potensi siswa terhadap prestasi siswa. Dan subyek penelitian adalah siswa kelas XI jurusan IPS di SMAI Almaarif Singosari Malang, sebagai responden untuk mengetahui kompetensi guru Ekonomi kelas XI di lembaga tersebut.
Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitiannya adalah Analisis Jalur (Path Analisis) yaitu penelitian untuk mengetahui pengaruh langsung dan tidak langsung dari variable eksogen terhadap variabel endogen. Adapun sumber data dari siswa kelas XI jurusan IPS di SMAI Almaarif Singosari Malang dengan dengan cara penyebaran instrumen angket untuk mengetahui pengaruh dari kompetensi kepribadian dan profesional guru terhadap potensi dan prestasi siswa.
Hasil penelitian yang diperoleh bahwasannya: (1) Ada pengaruh yang positif signifikan secara parsial dari kompetensi kepribadian guru terhadap potensi siswa dengan nilai 0,926 atau 93% dan sisanya, yakni 7% dipengaruhi faktor lain, (2) Dari pengaruh kompetensi profesional guru terhadap potensi siswa belum signifikan, karena hanya -31% pengaruhnya dan yang 131% dipengaruhi faktor lain. Hal ini menunjukkan bahwa ketika kepribadian seorang guru itu rendah, maka menghasilkan potensi siswa rendah, (3) belum ada pengaruh positif signifikan dari kompetensi kepribadian guru yang hanya -0.5% pengaruhnya terhadap prestasi siswa, dan yang 100.5% dipengaruhi oleh faktor dari luar model yang diteliti oelh peneliti. Sehingga menunjukkan bahwa ketika kepribadian guru rendah maka prestasi siswa juga akan rendah, (4) untuk kompetensi profesional guru juga belum berpengaruh signifikan, yang hanya 3.6% terhadap prestasi siswa, dan (5) Secara langsung pengaruh potensi siswa terhadap prestasi belajar juga belum signifikan dengan hasil 8.2% dan yang 91.8% dipengaruhi faktor lain. Dari penjelasan tersebut, dapat diambil kesimpulan bahwa semakin berkualitasnya kompetensi kepribadian dan profesional seorang guru bisa mewujudkan potensi siswa yang berkualitas. Sedangkan apabila potensi siswa rendah maka prestasi siswa juga akan ikut rendah. Sehingga diperlukannya guru berkualitas untuk memberikan motivasi dan pembelajaran berkualitas, yang nantinya bisa menghasilkan produk siswa yang berkualitas.
ABSTRACT
In educational institutions there are three components that can not be separated those are teachers or educators, students and infrastructure or facilities as a support. And teacher’s role is dominant to influence succes of learning due to teacher is able to transfer their knowledge with quality which is suitable with their competence. Teacher is one of the factors that determine the success of learning process, therefore teacher must have competence to organize the ideas that’s developed among learners, as well as professional competence, pedagogic, social, and personal, with teacher’s capabilities, so students will be motivated to learn better and could demonstrate its potential, so that educational achievement indicators is the increasing student’s achievement.
The purpose of this research to describe (1) the influence of personal competence of teachers toward students 'potential, (2) the influence of professional competence of teachers toward students' potential, (3) the influence of personal competence of teachers toward student achievement, (4) the influence of professional competence of teachers toward student achievement, (5) the impact of student’s potential toward student’s achievement. The subjects of this research is social student class XI in Islamic Senior Hight School Almaarif Singosari of Malang, and the respondents to assess the competence of Economic
teacher.
The approach of this research is a quantitative analysis with the type is Path Analysis, wich has meaning is the research to look at the direct and indirect effect of an exogenous and endogenous variable. The data source of class XI social students of Islamic Senior Hight School Almaarif Singosari of Malang. Throught distributing a questionnaire to determine the effect of personality and professional competence of teachers toward potential and achievement of students.
The research is results obtained that: (1) There is a significant positive effect partially of teacher personality competence toward student potential with percentage 0.926 or 9.3% and the rest is 7% influenced by other factor. (2) The influences of teacher professional competence toward students potential is not significant, because the influences is just -31% and 131% is influences by other factors. This shows that when a teachers personality is low, so students potential is low. (3) There is no significant positive effect of teacher personality competence that just -0.5% impact toward student achieve and 100.5% are influence by out of model factors that is researched. So it shows that when the teachers personality is low than student achievement will be low. (4) For teacher professional competence doesn’t also give significant effect, which is only 3.6% toward student achievement. (5) On the directly the influence of student’s potential toward student’s achievement also not significant with the results 8.2% and 91.8% is influenced by other factors. From these explanations, it can be concluded that if the quality of personality and professional competence teacher is increased. So it will create the quality of student’s potential. And if the student’s potential is low, so the student’s achievement will be lower. There for it needs the qualified teacher to provide hight motivation and quality learning in order to creat potential and quality learning.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Wahidmurni, Wahidmurni | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Kompetensi Kepribadian; Profesional Guru; Potensi; dan Prestasi Siswa Personal Competence; Professional Of Teacher; Potential; And Student Achievement | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 23 Feb 2023 09:23 | ||||||
Last Modified: | 23 Feb 2023 09:23 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/47246 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |