Masrur, Fuad Abdul Baqie (2013) Strategi guru kewirausahaan untuk meningkatkan kreatifitas siswa dalam berwirausaha di SMK Negeri 2 Bondowoso. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
08130113.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Pendidikan yang berbasis kewirausahaan adalah pendidikan yang menerapkan prinsip-prinsip dan metodologi ke arah internalisasi nilai-nilai pada peserta didiknya melalui kurikulum yang terintegrasi dengan perkembangan yang terjadi baik di lingkungan sekolah maupun lingkungan masyarakatnya serta penggunaan model dan strategi pembelajaran yang relevan dengan tujuan pembelajaranyan itu sendiri. Keberhasilan program pendidikan dalam proses belajar mengajar sangat dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya strategi guru kewirausahaan untuk meningkatkan kretifitas siswa dalam berwirausaha dan perlu peningkatan terus menerus, sehingga dapat dijamin selalu terjadi KBM, strategi pembelajaran yang efektif dan efisien. Oleh karena itu perlu sekali adanya strategi pembelajaran yang tepat oleh guru kewirausahaan untuk menggerakkan dan melatih siswa berwirausaha. Namun realitanya masih terdapat kekurangan yang dihadapi oleh guru kewirausahaan, terutama dalam bentuk strategi dan faktor penghambat dalam menumbuhkan sikap wirausaha, termasuk di SMK Negeri 2 Bondowoso. Untuk mengatasi masalah tersebut tidak lepas dari bentuk strategi guru kewirausahaan dalam upayanya meningkatkan kreatifitas siswa dalam berwirausaha khususnya dilingkup SMK Negeri 2 Bondowoso.
Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana strategi guru kewirausahaan untuk meningkatkan kreatifitas siswa dalam berwirausaha di SMK Negeri 2 Bondowoso. 2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat untuk meningkatkan kreatifitas siswa dalam berwirausaha di SMK Negeri 2 Bondowoso. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan strategi guru kewirausahaan untuk meningkatkan kreatifitas siswa dalam berwirausaha di SMK Negeri 2 Bondowoso. (2) untuk menjelaskan faktor pendukung dan penghambat untuk meningkatkan kreatifitas siswa dalam berwirausaha di SMK Negeri 2 Bondowoso.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Pengumpulan data menggunakan beberapa metode yaitu observasi, interview dan dokumentasi. Sedangkan untuk menentukan keabsahan data teknik yang digunakan yaitu ketekunan pengamatan dan triangulasi.
Temuan penelitian mengungkapkan 1) Strategi yang dilakukan oleh guru kewirausahaan di SMK Negeri 2 Bondowoso untuk menumbuhkan sikap kreatifitas dalam berwirausaha siswanya adalah melalui kegiatan praktik berwirausaha di sekolah yang disusun sedemikian rupa oleh guru kewirausahaan dalam bentuk peta pembelajaran memanajemen usaha mandiri maupun kelompok dengan pemberian materi pemasaran, produktif, dan proposal usaha yang didukung dengan adanya fasilitas berupa sarana dan prasarana usaha kecil yang ada dalam lingkungan sekolah maupun instansi yang bekerjasama dengan pihak sekolah. 2) Faktor pendukung dapat berupa yakni fasilitas yang sangat memadai di sekolah ini sebagai tempat mengembangkan potensi wirausaha siswa dan kerjasama dengan pihak luar sekolah seperti dunia usaha/industri, instansi pemerintah dan LSM. Kemudian pengarahan dan bimbingan oleh guru kewirausahaan dalam hal ini di wujudkan dalam bentuk susunan strategi berwirausaha berupa peta pembelajaran. Faktor penghambat dalam mengembangkan kreatifitas siswa – siswi untuk berwirausaha khususnya di SMK Negeri 2 Bondowoso diantaranya adalah rasa malu, takut rugi, dan malas.
ABSTRACT
The education based entrepreneurship is education that applies the principles and methodologies to internalization of the values of the student participants through the curriculum of the integrated with developments within the school and the community in environment as well as and used of models and learning strategies that are relevant to the learning goals itself. The success of educational programs in the teaching learning process is influenced by several factors, one of them is teachers entrepreneurial strategies to improve students' creativity in entrepreneurship and have to increase continuously, so it can always guarantee to KBM, effective learning strategies and efficient. Therefore essential to the existence of appropriate learning strategies by teachers of entrepreneurship to propel and training students to entrepreneurship. But the reality is still a disadvantage faced by teachers of entrepreneurship, especially form strategies and inhibiting factors in growing entrepreneurial attitudes, including at SMKN 2 Bondowoso. To fix these problems not be separated from the form of strategy in a efforts to improve teachers' entrepreneurial creativity in entrepreneurship, especially among students of SMKN 2 Bondowoso.
The formulation of the problem in this study were 1) How teachers entrepreneurial strategies to improve students' creativity in entrepreneurship at SMKN 2 Bondowoso. 2) What are the supporting factors and resistor to improve the students' creativity in entrepreneurship at SMKN 2 Bondowoso. The purpose of this study was (1) to describe the teachers 'entrepreneurial strategies to improve the students' creativity in entrepreneurship at SMKN 2 Bondowoso. (2) to explain the supporting factors and resistor to improve the students' creativity in entrepreneurship at SMKN 2 Bondowoso.
This study uses a qualitative descriptive approach. Data collection is using several methods such as observation, interview and documentation. As for determining the validity of the data persistence techniques used were observation and triangulation.
Findings of the study revealed 1) Strategies was used by teachers of entrepreneurship at SMKN 2 Bondowoso to get the creativity in entrepreneurship students is through the practice of entrepreneurship in school activities are arranged in such a way by the teachers of entrepreneurship form a map of learning to manage their own business or group with the provision marketing materials , productive, and business proposals are supported by the infrastructure facilities of existing small businesses in the school as well as agencies that cooperate with the school. 2) The supporting factors may be sufficient of facilities in this school as a place to develop the entrepreneurial potential of students and partnership with external school such as business / industry, government agencies and LSM. Then direction and guidance by teachers of entrepreneurship in this case structure embodied in the form of a map of learning entrepreneurship strategy. Inhibiting factors in developing students' creativity - students for entrepreneurship especially in SMKN 2 Bondowoso such as shame, fear of loss, and lazy.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Bashith, Abdul | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | strategi guru kewirausahaan; kreatifitas siswa. | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 23 Feb 2023 09:22 | ||||||
Last Modified: | 23 Feb 2023 09:22 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/47220 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |