Amali, Ahsin (2013) Kompetensi guru ips terpadu bidang ekonomi dalam meningkatkan proses belajar mengajar di SMP Plus Nurul Hikmah Barurambat Kota Pamekasan. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
08130094.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Sesuai dengan dijelaskan dalam UUSPN No.2 Th. 2003, bahwa pendidikan Nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi Warga Negara yang demokrasi dan bertanggung jawab. Untuk menciptakan kompetensi pendidikan tersebut, salah satu cara yang bisa di tempuh melalui peningkatan kompetensi guru khususnya guru ips terpadu bidang ekonomi. Guru merupakan salah satu faktor yang memegang peranan penting dalam pendidikan, dimana guru bagi siswa sering dijadikan tokoh teladan bahkan menjadi tokoh identifikasi diri. Begitu juga dengan profesi guru, dia dituntut tidak hanya mampu menguasai ilmu pengajaran yang diajarkan dalam segi kognitif saja, akan tetapi juga harus mampu menampilkan keteladanan sebagai pengajar dan pendidik sekaligus nantinya ikut tanggung jawab dalam pembentukan pribadi anak didiknya. Oleh karena itu, seyogyanya guru harus memiliki perilaku serta kemampuan (kompetensi) yang tinggi dan memadai agar bisa mengembangkan siswanya secara utuh. Untuk mencapai tujuan tersebut salah satu cara yang dapat ditempuh ialah melihat kompetensi guru khususnya guru ips terpadu bidang ekonomi, karena guru merupakan salah satu faktor terpenting dalam proses belajar mengajar.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana kompetensi guru ips terpadu bidang ekonomi dalam meningkatkan proses belajar mengajar di SMP Plus Nurul Hikmah Pamekasan kota, dengan permasalahan diatas penelitiingin mengetahui kompetensi guru ips terpadu bidang ekonomi dalam meningkatkan PBM di SMP Plus Nurul Hikmah Pamekasan kota.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dan jenis penelitian kualitatif. Deskriptif yaitu suatu penelitian yang ditunjukkan untuk mendeskripsikan dan menganalisis suatu fenomena, ektifitas sosial, sikap, persepsi, pemikiran orang secara individual maupun kelompok. Beberapa deskripsi digunakan untuk menemukan penjelasan yang menuju pada kesimpulan. Kehadiran peneliti adalah sebagai pengamat. Metode pengumpulan datanya menggunakan metode interview, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Kemudian untuk pengecekan keabsahan data menggunakan observasi secara terus menerus, triangulasi, pengecekan anggota, pengecekan referensi.
Penelitian ini menghasilkan kesimpulan sebagai berikut :
kompetensi guru ips terpadu bidang ekonomi dalam meningkatkan PBM di SMP Plus Nurul Hikmah Pamekasan selain tanggung jawab kepala sekolah, para gurupun khususnya guru ips ekonomi juga dituntut untuk melakukan upaya meningkatkan kemampuan yang dimiliki oleh guru seperti mengikuti penataran, kursus, membaca media masa dan dengan belajar sendiri. Dengan adanya guru ips ekonomi yang berkompetensi maka pendidikan akan berjalan lancar sesuai dengan yang diprogramkan.
Berdasarkan kesimpulan di atas, saran yang dapat diajukan upaya kompetensi guru ips terpadu bidang ekonomi dalam meningkatkan proses belajar mengajar, maka guru ips terpadu bidang ekonomi diharapkan agar memiliki kualitas profesional dalam meningkatkan proses belajar mengajar. Dan siswa diharapkan lebih disiplin dan kreatif dalam meningkatkan proses belajar mengajar, agar kompetensi guru dapat tercapai dengan baik.
ABSTRACT
Accordance with UUSPN described in 2 Th. 2003, that the national education serves to develop skills and character development and civilization, aimed at developing the potential of students to become a man of faith and fear of God Almighty, noble, healthy, knowledgeable, skilled, creative, independent, and become citizens the state of democracy and responsible. To create the educational competence, one way that can be achieved by improving the competence of teachers especially social science teacher integrated economy. Teacher is one factor that plays an important role in education, where the teacher for students is often used as a role model even figures of self-identification. So also with the teaching profession, she required not only to master the teaching of science in terms of cognitive, but also must be able to display exemplary as a teacher and educator and will participate in the formation of personal responsibility for their students. Therefore, teachers should have to have the behavior and abilities (competencies) are high and adequate in order to develop students as a whole. To achieve these objectives one way that can be taken is to look at the competence of teachers especially social science integrated economics teacher, because the teacher is one of the most important factors in the learning process.
The purpose of this study is to describe how the competence of teachers ips integrated economy in improving teaching and learning in SMP Plus Nurul Hikmah Pamekasan city, with the above problems ips penelitiingin determine the competence of teachers in improving the economics of integrated PBM at SMP Plus Nurul Hikmah Pamekasan city.
This study used a descriptive approach and qualitative research. A descriptive study was shown to describe and analyze a phenomenon, social ektifitas, attitudes, perceptions, thoughts of people individually or in groups. Some descriptions are used to find an explanation that leads to the conclusion. The presence of the researcher is an observer. The data collection method using interview method, observation, and documentation. This study uses descriptive qualitative analysis techniques. Then to check the validity of the data using continuous observation, triangulation, member checking, checking references.
This research resulted in the following conclusions:
Teacher competence in the field social science integrated PBM increase in SMP Plus Nurul Hikmah Pamekasan besides the principal responsibility, the economy social science teacher especially teachers are also required to make efforts to improve the capabilities of the teacher as follow refresher courses, courses, reading the mass media and by learning itself. With the economy social science competent teachers then education will run smoothly in accordance with the programmed.
Based on the conclusion, suggestions are proposed teacher competency efforts ips integrated economy in improving teaching and learning, the social science teacher integrated economy is expected to have professionals in improving the quality of teaching and learning. And students are expected to be more disciplined and creative in enhancing teaching and learning, so that competence can be achieved with good teachers.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Sahlan, Asmaun | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Kompetensi Guru Ekonomi; Proses Belajar Mengajar | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 23 Feb 2023 09:25 | ||||||
Last Modified: | 23 Feb 2023 09:25 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/47206 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |